sign up SIGN UP

Gawat! IPCC Keluarkan 'Kode Merah' Perubahan Iklim, Inilah yang Bisa Kita Lakukan Sekarang

Dimitrie Hardjo | Kamis, 19 Aug 2021 08:15 WIB
Gawat! IPCC Keluarkan 'Kode Merah' Perubahan Iklim, Inilah yang Bisa Kita Lakukan Sekarang
caption

Apakah kamu merasakan udara di bumi semakin panas? Beauties, itu adalah salah satu dari sekian banyak tanda-tanda iklim di bumi mengalami perubahan akibat dari global warming atau pemanasan global.

Saat ini, banyak berita yang mengabarkan kebakaran hutan, banjir, bahkan gelombang panas yang melanda beberapa negara di dunia. Kabar buruk ini memberikan peringatan bagi seluruh warga dunia bahwa bumi sudah berada di titik genting dalam menghadapi perubahan iklim global.

Ditambah lagi, Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) mengeluarkan Kode Merah untuk perubahan iklim ini. Yuk baca selengkapnya di sini, Beauties!

Apa Itu Kode Merah dari IPCC?

Mengenal bahaya global warming/
Perubahan iklim yang diakibatkan manusia/ Foto: pexels.com/pixabay

IPCC merupakan badan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyelidiki sains perubahan iklim. Belum lama ini, IPCC mengeluarkan laporan terbaru lengkap tentang kondisi iklim dunia yang sangat mengkhawatirkan.

Dalam laporannya tersebut, dinyatakan bahwa kondisi iklim global tidak dapat diperbaiki seutuhnya seperti sediakala dan hal ini disebabkan oleh aktivitas manusia. Melansir Earth Rise, IPCC mencatat beberapa hal berikut ini:

  1. 5 tahun terakhir merupakan tahun terpanas sejak 1850,
  2. Temperatur global naik 1.09 derajat  selama 2011-2020 dibandingkan tahun 1850-1900,
  3. Diperkirakan temperatur akan terus naik melebihi 1.5 derajat celcius melebihi level pra-industrial di tahun 2040,
  4. Ketinggian air laut meningkat 3 kali lipat dibandingkan tahun 1901-1971.

Mengapa Ini Menjadi Penting?

Jika tidak segera diatasi, maka di masa depan, es di daerah kutub akan terus mencair, level air laut semakin meningkat dan banjir akan lebih sering terjadi, udara akan semakin panas, hingga yang terparah, makhluk hidup di bumi tidak dapat bertahan hidup untuk jangka waktu yang lama.

Walaupun begitu, kita semua dapat mencegah suhu udara naik mencapai 1.5 derajat celcius dan dampak buruk dari perubahan iklim ini bisa diundur jika aksi signifikan dan serentak dari setiap manusia dilakukan mulai sekarang.  

Mengutip UN News, Co-Chair IPCC Working Group I, Panmao Zhai, menjelaskan bahwa kita dapat menstabilkan iklim ini dengan cara mengurangi emisi gas rumah kaca secara kuat, cepat, dan berkepanjangan, serta mencapai 0 emisi CO2.

“Membatasi emisi gas berbahaya lain dan polusi, terutama metana, akan memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan iklim”, tambahnya.

Apa yang Bisa Kita Lakukan Sekarang untuk Mengatasinya?

Cara mengatasi perubahan iklim/
Cara mengatasi perubahan iklim/ Foto: pexels.com/markusspiske

Penyebab perubahan iklim adalah aktivitas manusia sehingga kita perlu melakukan perubahan. Terdapat banyak sekali cara mengatasi perubahan iklim yang bisa dilakukan. Nah, berikut ini beberapa diantaranya.

1. Mengedukasi Diri tentang Perubahan Iklim

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengedukasi diri lebih dalam tentang perubahan iklim, mulai dari penyebab, dampaknya, dan cara yang bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan. Dengan mencari informasi lebih banyak akan hal ini, kita menjadi sadar akan aktivitas sehari-hari yang kita lakukan yang dapat semakin merusak bumi.

2. Plant-based Diet

Mengurangi konsumsi daging sapi dan kambing bisa menurunkan emisi karbon dari makanan yang relatif tinggi. Konsumsi makanan berbahan dasar tumbuhan akan sangat membantu mengurangi emisi karbon tersebut. Melansir Earth Rise, mengurangi konsumsi makanan yang berbahan dasar daging dan beralih sepenuhnya menjadi vegan dapat mengurangi emisi gas hingga 49%.

3. Berbelanja Lokal

Kita dapat menekan penggunaan kendaraan dengan berbelanja lokal demi menekan emisi karbon dari segi transportasi. Jarak distribusi yang dekat akan mengurangi CO2 yang dikeluarkan alat transportasi yang digunakan. Semakin dekat tempat produksi ke pasar, semakin sedikit emisi yang dikeluarkan. Begitu juga dengan jarak kamu mengendarai kendaraan ke tempat pembelian.

4. Mengikuti Komunitas Melawan Global Warming

Mengikuti komunitas dan gerakan melawan global warming/
Mengikuti komunitas dan gerakan melawan global warming/ Foto: instagram.com/gretathunberg

Saat ini banyak sekali gerakan bermunculan untuk mendesak pemerintah melakukan aksi nyata demi memerangi global warming karena bagaimanapun, aksi nyata dan tegas dari pemerintah akan memberikan dampak yang besar, seperti mengatur kebijakan beralih menjadi energi terbarukan secara besar-besaran, kewajiban melakukan daur ulang untuk setiap rumah tangga, dan lain sebagainya.

Dengan bergabung dalam komunitas dan mengikuti gerakkan ini, kamu telah berupaya untuk mendukung perubahan. Selain itu, bergaul bersama teman-teman komunitasmu akan semakin membuatmu semangat untuk mengurangi emisi gas dalam aktivitas sehari-hari.

5. Hemat Energi di Rumah 

Presiden RI Joko Widodo telah menetapkan tidak akan ada lagi pembangunan PLTU baru untuk periode 2021-2030 seperti yang dilansir CNBC Indonesia dan fokus pada pembangunan energi terbarukan demi mencapai target energi bersih tahun 2060. Walaupun begitu, selama PLTU masih dipergunakan saat ini, hemat energi di rumah tetap perlu dilakukan, seperti mematikan lampu dan listrik lain yang tidak dipakai, ya Beauties. Selain itu, kamu juga bisa mulai mengganti peralatan elektronik di rumahmu dengan yang hemat energi.

6. Menanam Tanaman dan Merawatnya

Menanam dan merawat tanaman/
Menanam dan merawat tanaman/ Foto: pexels.com/cottonbro

Satu tanaman akan menghasilkan oksigen dan menyerap CO2 di udara. Dengan begitu, CO2 di udara akan semakin berkurang dengan kontribusimu untuk menanam tanaman ini, Beauties. Jangan lupa untuk merawatnya dengan tepat sehingga tanamanmu juga tumbuh tunas baru ya!

7. Beralih Menggunakan Kereta Dibandingkan Pesawat

Jika melakukan perjalanan jauh yang bisa diakses dengan kereta, maka menggunakan kereta menjadi pilihan terbaik dibandingkan pesawat. Pesawat menjadi salah satu alat yang menyumbang emisi gas terbesar, karena itu mengurangi bepergian dengan pesawat bisa menjadi kontribusimu untuk menyelamatkan bumi.

8. Melakukan dan Membeli Barang Daur Ulang

Melakukan dan membeli barang daur ulang/
Melakukan dan membeli barang daur ulang/ Foto: pexels.com/sarahchai

Baik kamu melakukan daur ulang maupun membuka bisnis daur ulang, kamu sudah berupaya untuk membantu menyelamatkan bumi dengan cara mengurangi limbah dan emisi gas yang dihasilkannya. Mari ajak orang-orang di sekitar kita untuk merawat bumi mulai dengan mengajak mereka untuk melakukan daur ulang sampah ini, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id