BILLBOARD
970x250

Hindari 7 Kebiasaan yang Bisa Memicu Stres di Tempat Kerja, Cek Kamu Suka Lakukan?

Natasha Riyandani | Beautynesia
Rabu, 22 Feb 2023 06:45 WIB
Hindari 7 Kebiasaan yang Bisa Memicu Stres di Tempat Kerja, Cek Kamu Suka Lakukan?

Mencintai pekerjaan yang Beauties tekuni bukan berarti bisa terhindar dari stres saat di tempat kerja, lho. Banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang merasa tertekan dan stres saat bekerja. Lingkungan yang kurang nyaman ataupun kebiasaan yang biasa dilakukan kerap menjadi alasan seseorang merasa stres.

Nah, agar tidak semakin stres saat bekerja di kantor, Beauties perlu menghindari beberapa kebiasaan berikut. Seperti yang dilansir dari CNN Indonesia, kebiasaan berikut ini kerap dilakukan dan rentan menimbulkan stres. Apa saja, simak!

1. Begadang

Begadang dapat meningkatkan rasa stres karena kurang tidur
Begadang/ Foto: Freepik.com/author/jofreepik

Kebiasaan yang sering kali dilakukan adalah begadang. Tidur larut malam sama saja memotong waktu tidur yang seharusnya 7-9 jam menjadi kurang dari waktu tersebut.

Kurang waktu tidur dapat menjadi pemicu stres saat bekerja. Hal ini karena tubuh saat kekurangan waktu tidur bisa berpengaruh pada area otak yang berhubungan dengan kecemasan, gelisah, lelah, dan kesal.

2. Bermain Gadget di Waktu Tidur

Bermain gadget sebelum tidur dapat meningkatkan stres di esok hari saat bekerja
Bermain Gadget di Waktu Tidur/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Masih banyak orang yang mengabaikan dampak bermain gadget sebelum tidur. Selain berpengaruh buruk terhadap kesehatan mata akibat paparan sinar biru dari ponsel, hal ini juga bisa berdampak pada kesehatan mental saat bekerja.

Beauties bisa lebih gampang merasa stres dan mengalami kecemasan. Hal ini karena gadget menerima segala pesan, email, telepon, dan berita lainnya yang dapat mengganggu dan memengaruhi waktu istirahatmu.

3. Mudah Khawatir

Bersikap terlalu khawatir terhadap suatu hal ternyata juga bisa membuat stres itu muncul, lho. Rasa khawatir dapat meningkatkan ketegangan di kepala.

Agar tidak mudah merasa stres di tempat kerja, Beauties perlu bersikap santai dan rileks ketika menghadapi sesuatu.

7 Kebiasaan yang Bisa Memicu Stres di Tempat Kerja, Kamu Suka Lakukan?

4. Telat Makan

Sering telat makan bisa memicu stres saat bekerja
Telat Makan/ Foto: Freepik.com/author/pvproductions

Saking banyaknya pekerjaan yang perlu diselesaikan, tak jarang sampai melupakan waktu makan. Mengabaikan waktu makan ternyata dapat meningkatkan rasa stres saat bekerja, lho. Selain itu, Beauties mudah merasa cemas, sakit kepala, pusing, bahkan mual.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Beauties perlu mendapatkan asupan makanan yang cukup dan juga teratur untuk menjaga daya tahan tubuh dan kestabilan mental.

5. Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan sama saja dengan menumpuk pekerjaan sehingga makin banyak
Pekerjaan Menumpuk/ Foto: Freepik.com/author/parinyabinsuk

Berhenti menunda pekerjaan, sebelum itu semua semakin membuatmu stres saat bekerja. Menumpuk pekerjaan hanya akan menambah beban kerja.

Kamu akan merasa muak dan terlalu banyak mengerjakan tugas tersebut di waktu yang sedikit. Maka, ada baiknya segera menyelesaikan pekerjaan untuk menghindari stres.

6. Lingkungan Kerja Toxic

Lingkungan kerja toxic dapat meningkatkan rasa stres saat bekerja
Ilustrasi Lingkungan Kerja Toxic/ Foto: Freepik.com/author/master1305

Berada di lingkungan kerja yang toxic tentu saja sangat menguras tenaga dan menjadi penyebab stres itu sendiri, lho. Banyak hal yang membuat lingkungan kerja menjadi toxic, misalnya, atasan menyalahgunakan kekuasaan, rekan kerja yang bersaing, ataupun beban kerja yang tidak seimbang.

Hal-hal tersebut bisa meningkatkan stres di tempat kerja. Maka, ada baiknya untuk menghindari tempat kerja dengan lingkungan seperti itu ya, Beauties!

7. Beban Pekerjaan

Tak jarang, beban kerja yang terlalu banyak membuat kamu lebih mudah stres. Beban kerja yang terlalu banyak tersebut membuat seseorang membutuhkan waktu lebih atau lembur untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tentu saja, hal seperti inilah yang menjadi pemicu stres saat berada di kantor. Bahkan bisa menjadi alasan mengapa pekerjaan kurang optimal dan fokus.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE