STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Ingin Tinggal di Korea Selatan? 6 Fakta Kehidupan di Korea Selatan Ini Wajib Kamu Tahu!

Retno Anggraini | Beautynesia
Rabu, 02 Feb 2022 09:00 WIB
Ingin Tinggal di Korea Selatan? 6 Fakta Kehidupan di Korea Selatan Ini Wajib Kamu Tahu!

Pesona kehidupan masyarakat Korea Selatan yang disuguhkan dalam drama tidak sedikit membuat penikmatnya berangan-angan untuk merasakan hidup di sana. Maka dari itu, Korea Selatan menjadi salah satu destinasi wisata paling dinikmati sejak demam Korea melanda dunia.

Banyak orang penasaran, seperti apa, sih, kehidupan di sana? Apakah seindah di drama-drama yang sering kita tonton?

Tapi, liburan dan tinggal menetap itu berbeda ya, Beauties. Kamu harus tahu dulu bagaimana budaya negara setempat. Sebelum memutuskan pindah, yuk cari tahu fakta seputar kehidupan di Korea Selatan berikut ini!

Sesuaikan Dana Tempat Tinggal

Sesuaikan tempat tinggal
Sesuaikan tempat tinggal/Foto: Pexels.com/Thgusstavo Santana

Di Korea Selatan sendiri ada banyak jenis tempat tinggal. Mulai dari apartemen, share house, hingga goshiwon. Di Korea Selatan jarang sekali ada perumahan karena harga rumah relatif lebih tinggi.

Tempat tinggal paling murah di Korea Selatan adalah goshiwon, sebuah kos-kosan satu petak yang bisa dibilang tempat tinggal paling kumuh. Dalam satu ruangan sudah meliputi tempat tidur, kamar mandi, dan dapur yang mana membuat kamar terlihat lebih sumpek.

Untuk mahasiswa luar Korea, biasanya mereka tinggal di share house. Share house sendiri merupakan sebuah rumah dengan banyak kamar yang disewakan. Mereka memilih tinggal di sini karena lebih nyaman dibandingkan tinggal di goshiwon.

Siapkan Dana Deposit

Dana deposit tempat tinggal
Dana deposit tempat tinggal/Foto: Pexels.com/Alexander Miles

Di Indonesia sendiri, penyewa rumah atau apartemen biasanya akan membayar biaya sewa setiap bulan atau setiap tahun. Nah, berbeda di Korea Selatan. Sebelum kamu masuk ke dalam tempat yang akan kamu tinggali, kamu harus membayar deposit dulu. Dana deposit sendiri bisa mencapai puluhan juta rupiah, tergantung jenis tempat tinggal yang kamu pilih.

Tapi tenang saja, dana deposit akan dikembalikan lagi ke penyewa setelah kontrak berakhir. Selain itu, akan dikembalikan penuh jika tidak ada barang-barang yang rusak.

Taat Peraturan

Tidak berbicara di dalam bus
Tidak berbicara di dalam bus/Foto: Pinterest.com/Dramabeans

Masyarakat Korea sangat menaati peraturan. Bahkan ketika naik bus pun, mereka naik bergiliran. Jadi, jangan heran jika kamu melihat antrean panjang di halte bus, ya. Tidak hanya itu, di dalam bus pun kamu tidak boleh berbicara. Setidaknya harus berbisik jika memang diharuskan berbicara. Jika berbicara keras, bisa-bisa kamu dilaporkan ke polisi, lho!

Sulitnya Bekerja Paruh Waktu

Sulit bekerja paruh waktu
Sulit bekerja paruh waktu/Foto: Pexels.com/cottonbro

Banyak mahasiswa luar Korea yang merasa kesulitan mendapatkan pekerjaan paruh waktu. Mengapa? Terkadang ada beberapa kualifikasi spesifik, seperti warga Korea asli hingga berkulit putih. Sekalipun ada, lokasi kerja biasanya jauh dari universitas atau tempat tinggal mereka.

Buang Sampah Berdasarkan Jenisnya

Sampah berdasarkan jenis
Sampah berdasarkan jenis/Foto: Pexels.com/Vladislav Vasnetsov

Kalau di Indonesia, tempat sampah dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Di Korea, sampah anorganiknya masih dibedakan lagi. Jangan heran kalau kamu akan menemukan banyak tempat sampah di dekat tempat tinggal nanti, kamu juga harus menyortirnya sendiri.

Jenis sampah anorganik, seperti styrofoam dan kertas, kaleng, vinil atau plastik, gelas PET, dan botol kaca dibuang secara terpisah. Bahkan, di Korea juga ada tempat sampah untuk membuang barang bekas, seperti baju dan sepatu.

Wajib Bisa Bahasa Korea

Kuasai Bahasa Korea dasar
Kuasai Bahasa Korea dasar/Foto: Instagram.com/allthingsann

Bisa bukan berarti harus fasih ya, Beauties. Setidaknya, kamu bisa berbahasa Korea untuk perkenalan diri, menanyakan jalan atau alamat, dan kalimat dasar lainnya. Hal ini dikarenakan tidak semua orang Korea bisa bahasa Inggris.

Bahkan, beberapa restoran di Korea sudah menggunakan mesin untuk memilih menu. Meskipun bisa diterjemahkan ke bahasa Inggris, namun tidak berlaku untuk semua kalimat. Jika kamu bisa bahasa Korea, peluang kamu untuk mendapatkan beasiswa atau pekerjaan di sana juga lebih besar.

Itu dia enam fakta seputar kehidupan di Korea Selatan. Tertarik ingin tinggal di Korea Selatan, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE