STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ini Alasan Mengapa Seseorang Bertahan dengan Pasangan yang Selingkuh, Salah Satunya Takut Kesepian!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Jumat, 20 May 2022 22:00 WIB
Ini Alasan Mengapa Seseorang Bertahan dengan Pasangan yang Selingkuh, Salah Satunya Takut Kesepian!

Setiap hubungan tentu memiliki masalahnya masing-masing. Mulai dari karakter pasangan, sifat, kurangnya komunikasi hingga perbedaan, sering kali menjadi penyebab masalah dalam hubungan. Salah satu masalah yang sering dijumpai dalam sebuah hubungan adalah orang ketiga atau perselingkuhan.

Sebuah perselingkuhan tentu saja memberikan dampak bagi korban. Melansir dari CNN Indonesia, reaksi akan temuan perselingkuhan bisa memunculkan reaksi emosi seperti menangis, menyalahkan diri, hingga mengarah pada depresi. Selain itu, muncul juga reaksi agresi berupa penyerangan secara fisik maupun verbal. Adanya dampak dari perselingkuhan juga bisa memunculkan trust issue.

Mengetahui pasangan telah berselingkuh memberikan damak bagi kondisi psikologis. Lalu mengapa masih ada yang mau bertahan?
Ilustrasi Diselingkuhi/foto: pexels.com/Ron Lach

Dari dampak yang dihasilkan oleh perselingkuhan, lalu mengapa masih saja ada orang yang bertahan dalam hubungannya meskipun sudah mengetahui pasangannya selingkuh?

Ternyata ada beberapa alasan mengapa seorang perempuan tetap bertahan dengan pasangannya meskipun pasangannya telah berselingkuh. Berdasarkan hasil survey dari Wolipop melalui media sosial, berikut ini alasannya!

Takut Sendiri

Perasaan kesepian sering kali memberikan dampak yang menakutkan bagi sebagian orang. Apalagi jika kamu sudah terbiasa untuk menjalankan hari-hari bersama dia. Akan ada beberapa aktivitas yang berbeda yang biasanya dilakukan berdua.

Hal inilah yang sering kali menjadi dasar mengapa seorang perempuan tidak ingin meninggalkan pasangannya meskipun telah berselingkuh. Umumnya, perempuan yang merasa demikian memiliki kepercayaan diri yang rendah serta memiliki kelekatan yang sudah terlalu kuat hingga merasa terlalu bergantung dengan pasangan.

Percaya Dengan Permintaan Maaf

Permintaan maaf bukan berasal dari penyesalan, tapi karena ketahuan telah berselingkuh
Ilustrasi pasangan berselingkuh/foto: pexels.com/Rodnae Production

Sebagai makhluk yang lebih mengedepankan perasaan di beberapa situasi, sebagian perempuan akan mudah luluh jika mendengar permintaan maaf dari pasanganya yang telah ketahuan berselingkuh. Padahal, pria bisa saja meminta maaf hanya karena ketahuan telah berselingkuh, bukan karena menyesali perbuatannya.

Selain itu, jika pasanganmu adalah orang yang manipulatif maka dia akan bisa dengan mudahnya memutarbalikkan keadaan hingga merasa bahwa perselingkuhan itu terjadi karena kesalahanmu, sehingga kamu mudah untuk memaafkan.

Adanya Perasaan Harga Diri yang Rendah

Melansir dari Youniverse Therapy, salah satu alasan mengapa seseorang bertahan dalam hubungan yang tidak sehat karena adanya harga diri yang rendah. Orang dengan harga diri yang rendah cenderung masuk ke dalam sebuah hubungan yang tidak sehat.

Jika kamu tidak bisa menghargai diri sendiri, maka kamu akan dengan mudahnya terlibat dengan seseorang yang membuatmu merasa bahwa kamu tidak bisa menjadi lebih baik lagi, terutama jika tanpa dia. Bahkan, hingga menormalisasi suatu hal yang tidak baik dengan memberikan pembanding seperti, “setidaknya sikap dia sudah berubah menjadi lebih manis sekarang”.

Investasi

Semakin seseorang telah menginvestasikan hidupnya ke dalam suatu hubungan, maka akan sulit untuk melepaskan. Investasi di sini dapat berupa waktu, tenaga, dan energi dalam mempertahankan sebuah hubungan.

Adanya perasaan sudah memperjuangkan dan menganggap bahwa akan sia-sia jika harus diakhiri menjadikan seseorang akhirnya memilih untuk melanjutkan hubungannya. Kemungkinan besar hubungan tersebut akan bertahan meskipun kamu sudah tau pasanganmu telah berselingkuh dan mengkhianatimu.

Jadi, bertahan atau melepaskan?
Ilustrasi Memergoki Pasangan Berselingkuh/foto: pexels.com/Ron Lach

Sebuah hubungan, apabila sudah ada salah satu pihak yang berselingkuh, akan menjadi red flag atau pertanda bahaya. Namun, penting untuk memahami prinsip hubungan terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah.

Bagi kamu yang masih dalam tahap hubungan pacaran atau berkomitmen, ini adalah saat yang tepat untuk mempertimbangkan apakah hubunganmu layak untuk dilanjutkan atau tidak. Tetapi, berbeda halnya jika kamu berada dalam sebuah hubungan pernikahan. Mungkin lebih banyak pertimbangan yang harus kamu ambil.

Melanjutkan hubungan bersama pasangan yang pernah ketahuan berselingkuh hanya akan membuatmu merasa tidak percaya kepada pasanganmu setiap saat. Selalu merasa curiga, overthinking, insecure bahkan merasa tidak layak bahagia.

Tidak jarang, hal tersebut juga malah memberikan beban dan rasa tidak nyaman pada pasanganmu yang berselingkuh. Yang terjadi kemudian adalah pasanganmu semakin menyudutkanmu dan berkata bahwa perselingkuhan itu terjadi karena perilakumu. Untuk itulah, kamu perlu mempertimbangkan baik-baik apakah memang hubunganmu layak untuk dilanjutkan dengan segala risiko yang akan menyertainya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE