Ini Cara Betah Kerja dan Tetap 'Waras' Saat Banyak Teman Toxic di Kantor
Teman yang toxic di tempat kerja membuat kita merasa tidak nyaman, bahkan menjerumuskan kamu terhadap hal yang buruk. Sifat toxic pada seseorang biasanya ditimbulkan akibat tekanan, stres, hingga trauma. Hal ini membuatnya cenderung egois dan menebarkan hal buruk kepada orang lain.
Berada satu kantor dengan orang yang toxic tentu akan membuat kamu merasa risih dan stres ya, Beauties. Kamu perlu mengetahui beberapa cara berikut ini, agar tetap betah kerja saat banyak teman toxic di kantor. Yuk simak!
1. Miliki Pola Pikir Positif
![]() Mengatasi teman toxic di kantor dengan selalu berpikir positif/ foto: pexels/ jopwell. |
Hal pertama yang harus kamu miliki agar tetap waras berada satu kantor dengan teman toxic adalah memiliki pola pikir yang positif. Jangan terlalu ambil pusing omongan orang lain, tetaplah positif.
Seorang psikolog Nicole Martinez, Psy.D., LCPC, yang dilansir dari Bustle, mengatakan gunakan hal sederhana untuk mengatasi stres kamu seperti meditasi. Yang lebih penting adalah menjauhlah dari orang toxic tersebut, tanamkan pikiran bahwa kamu ingin bekerja dengan damai.
2. Jangan Terlibat Gosip di Kantor
![]() Jangan ikut bergosip dikantor jika tidak mau stres/ foto: pexels/ tirachard kumtanom. |
Sebaiknya kita sedia payung sebelum hujan ya Beauties, lebih baik kamu menghindari ikut bergosip dari pada kamu akan ikut digosipkan juga jika menanggapi. Berbagi cerita dengan orang satu kantor memang penting, tapi harus ada batasannya.
Cara sederhana dan tidak menyinggung orang lain saat kamu tidak ingin ikut bergosip dengan memasang tanda. Seperti menggunakan sistem bendera kecil di meja kamu untuk pertanda kamu sedang sibuk fokus bekerja dan tidak ingin diganggu.
3. Berbicara Jujur
![]() Cobalah berbicraa jujur kepada teman kamu/ foto: pexels/ christina morillo |
Jika beberapa hal di atas tidak bisa mengatasi karakter toxic teman di kantor kamu, cobalah untuk berbicara jujur. Katakan hal apa yang tidak ingin kamu diganggu olehnya. Sering kali orang tidak menyadari kesalahan mereka jadi cobalah untuk jujur. Penelitian membuktikan kebanyakan dari kita kurang memiliki kesadaran diri, terutama di tempat kerja.
4. Melindungi Diri
![]() Lindungi diri kamu dari teman yang toxic di kantor/ foto: pexels/ fox |
Hal terakhir yang perlu kamu ingat adalah melindungi diri dari rekan kerja mu yang toxic. Jangan biarkan mereka menghancurkan karier kamu, Beauties. Dilansir dari Harvard Business Review, saat kamu sudah menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja, tapi tidak ada perubahan akan kelakuan buruknya terhadap kamu, sebaiknya kamu mencari penasehat seperti membicarakannya dengan SDM atau mentor terpercaya.
Jadi jangan mau karier kamu rusak karena teman di tempat kerja yang toxic ya, Beauties. Tetaplah berpikir positif dan berusaha tidak ikut dalam gosip di kantor. Tetap sayangi diri ya, jika kamu merasa stres segera cari hiburan untuk mengatasinya.
_______________
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!



