
Ini Etika Mengirim Pesan WhatsApp ke Atasan yang Sopan, Jangan Asal ya!

Bekerja sebagai karyawan atau bawahan di sebuah perkantoran, tentu memiliki beberapa etika penting yang perlu dipahami dan dilaksanakan. Salah satunya ialah etika dalam mengirim pesan kepada atasan.
Nah, salah satu media yang sering digunakan dalam mengirim pesan saat ini ialah WhatsApp. Dalam mengirim pesan WhatsApp ke atasan, tentu juga memiliki etika-etika. Berikut etika kirim WhatsApp ke atasan yang harus kamu perhatikan, Beauties!
1. Lihat Waktu Mengirim
![]() Lihat Waktu Mengirim/ Foto: pexels.com/Ivan Samkov |
Yups! Salah satu poin paling penting saat mengirim pesan WhatsApp ke atasan adalah dengan melihat waktu terlebih dahulu. Hindari mengirim pesan di luar jam kerja, Beauties.
Apalagi sampai mengirim pesan saat jam tidur, tentu ini akan sangat mengganggu waktu istirahat atasanmu. Tentunya kamu tidak mau bukan jika sampai dinilai tidak sopan oleh atasan?
2. Gunakan Bahasa yang Sopan
![]() Gunakan Bahasa yang Sopan/ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio |
Selanjutnya, jangan lupa menggunakan bahasa yang sopan saat mengirimkan pesan kepada atasan. Sebagai bawahan yang tahu sopan santun, gunakanlah bahasa yang formal.
Dahulukan dengan mengucapkan salam, ucapan selamat pagi atau siang. Setelah itu, kamu juga jangan lupa mengucapkan ucapan terima kasih di akhir pesan. Meski kamu sudah begitu kenal dan akrab dengan atasanmu, tetapi tetap perhatikan etika-etika tersebut ya Beauties!
3. Tempatkan Tanda Baca pada Tempatnya
![]() Tempatkan Tanda Baca pada Tempatnya/ Foto: pexels.com/Tim Samuel |
Nah! Satu hal penting lagi yang tidak boleh dianggap remeh, yaitu menempatkan tanda baca pada tempatnya. Gunakan tanda koma dan titik pada tempatnya, agar isi pesan dapat dimengerti dengan jelas.
Karena menempatkan tanda baca tidak pada tempatnya hanya akan membuat atasan menjadi tidak bisa memahami isi pesan dengan baik. Bisa-bisa atasan jadi malas membalas pesanmu!
4. Gunakan Emoji Seperlunya
![]() Gunakan Emoji Seperlunya/ Foto: pexels.com/Anton |
Jika ingin menggunakan emoji dalam isi pesanmu, sebaiknya gunakan seperlunya saja. Pilih emoji yang sesuai, tidak berlebihan, dan juga tidak nyeleneh ya Beauties! Karena hal ini juga merupakan salah satu etika dalam berkirim pesan kepada atasan.
5. Pesan yang Singkat dan Jelas
![]() Pesan yang Singkat dan Jelas/ Foto: pexels.com/Ron Lach |
Seperti yang dikutip dari Wolipop, sebaiknya kamu menghindari mengirim pesan dengan paragraf panjang. Sampaikan pesan secara singkat, jelas, dan to the point. Jangan sampai atasan jadi bingung dengan isi pesanmu yang berbelit-belit. Jika kamu memang ingin menyampaikan maksud yang panjang, sebaiknya pilih cara menelepon saja Beauties!
Itu dia etika berkirim pesan dengan atasan, mudah ya Beauties? Jangan lupa untuk diterapkan!
_________
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!