sign up SIGN UP

Ini Kata Bos Indomie Soal Ramainya Kabar Mi Instan Bakal Naik 3 Kali Lipat, Beneran Nih?

Rini Apriliani | Beautynesia
Kamis, 11 Aug 2022 15:30 WIB
Ini Kata Bos Indomie Soal Ramainya Kabar Mi Instan Bakal Naik 3 Kali Lipat, Beneran Nih?
caption
Jakarta -

Baru-baru ini, kabar soal mi instan yang akan naik harga 3 kali lipat ramai dibicarakan oleh masyarakat. Seperti yang kita tahu, mi instan ini menjadi makanan 'penyelamat' di berbagai kondisi.

Saat kamu ingin makan enak tapi murah-meriah, bisa hanya dengan meluangkan waktu sekitar tiga menit untuk menyiapkan mi instan. Selain itu, banyak orang yang kurang mampu, menjadikan mi instan sebagai lauk makan sehari-hari.

Tua muda, miskin kaya, perempuan laki-laki adalah penikmat mi instan. Bahkan Indonesia termasuk jajaran kedua sebagai Negara Pemakan Mi Instan Terbanyak di tahun 2021.

Tentu saja kenaikan harga yang dikabarkan sampai tiga kali lipat ini begitu menyorot perhatian. 

Penyebab Mi Instan Bakal Naik Harga

Ramen, Instant Noodle, Asian Cuisine.Ilustrasi Mi Instan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak

Beauties, ternyata penyebab kenaikan harga mi instan ini adalah salah satu dampak dari perang antara Rusia dan Ukraina. 

Dua negara ini merupakan penghasil gandum terbesar di dunia. Saat dalam situasi perang ini, gandum yang menjadi bahan baku mi instan menjadi langka karena pasokan terhambat. Harganya pun mendadak naik, yang berimbas pada Indonesia yang masih mengimpor gandum dari Rusia-Ukraina. 

Kenaikan harga mi instan ini disampaikan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

"Belum selesai dengan climate change, kita dihadapkan Perang Ukraina-Rusia, dimana ada 180 juta ton gandum nggak bisa keluar, jadi hati-hati yang makan mi banyak dari gandum, besok harganya (naik) 3x lipat,"katanya dalam webinar Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Senin (8/8), seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia.

"Saya bicara ekstrem aja, ada gandum tapi harganya mahal banget. Sementara kita impor terus," lanjutnya.

Ini Kata Bos Indomie Soal Mi Instan Naik 3x Lipat

10 Indomie Rasa Nusantara Ini Enaknya Tiada Dua, Mana Favoritmu?Indomie/ Foto: Twitter @txtracunbelanja

Mendadak ramai, Franky Welirang, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) membuka suara soal isu kenaikan harga mi instan ini. 

Kepada detikcom, ia menyampaikan jika kenaikan sampai tiga kali lipat itu berlebihan. Franky menjelaskan jika memang saat ini harga gandum sudah berada di level tertingginya. Namun, ia menilai jika harga gandum tak akan mengalami kenaikan lagi. 

"Saya kira itu berlebihan terkait hal itu (kenaikan harga mi instan 3 kali lipat). Lah harga gandum sudah tertinggi hari ini, harga terigu sudah tertinggi," ujar Franky, Senin (10/8).

Ia pun kembali menjelaskan jika harga mi instan di pasaran bisa saja mengalami kenaikan, tapi tidak akan sampai tiga kali lipat seperti yang tengah ramai dibicarakan. 

"Harga mi instan bisa saja naik, bisa saja. Tapi kalau ada pernyataan yang mengatakan bisa 3 kali lipat, itu berlebihan. Sangat-sangat berlebihan. Orang harga gandum saja tidak naik 100-300%," jelasnya. 

Penentuan Harga Mi Instan Bukan Hanya dari Nilai Gandum

Ilustrasi wanita makan mi instan depan laptopMi Instan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/PonyWang

Franky sebagai bos Indomie, yang merupakan merek mi instan populer di Indonesia mengatakan, jika penentuan harga mi instan bukan hanya berdasarkan dari nilai gandum saja. Tapi, ada komponen lain yang ikut memengaruhinya. 

"Dalam mi instan itu 40% packaging material, kan ada kantor, ada plastik, plastik di dalamnya. Waktu harga minyak goreng naik 100% ribut nggak? Kalau cabe naik 300% ribut nggak mie instan? nggak. Kok terigu naik nggak sampai 100% saja sudah ribut," jelasnya. 

Terakhir, ia pun meminta masyarakat tak perlu khawatir secara berlebih soal isu ini. Ia mengatakan jika industri terigu di Indonesia masih bisa mengantisipasinya. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id