sign up SIGN UP

Ini Mindset yang Perlu Kamu Terapkan, untuk Bebas dari Kebiasaan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Aulia Septia Wati | Beautynesia
Rabu, 22 Jun 2022 22:15 WIB
Ini Mindset yang Perlu Kamu Terapkan, untuk Bebas dari Kebiasaan Membandingkan Diri dengan Orang Lain
Membandingkan pencapaian/Pexels/Artem podrez

Meskipun berat untuk mengakuinya, kita sering kesulitan untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain. Terlebih dengan adanya sosial media yang memudahkan orang untuk membagikan hal-hal dalam hidupnya kepada orang lain.

Beauties, bukan kamu saja kok yang terkadang merasa iri dengan hidup orang lain dengan melihat postingan mereka. Entah soal penampilan fisik, materi, sampai pencapaian.

Seperti dilansir dari Fast Company, proses membandingkan diri dengan orang lain bisa disebut social comparison. Ada dua jenis social comparison,  yaitu upward comparison dan downward comparison.

Upward comparison adalah ketika kamu membandingkan diri dengan orang yang lebih baik dari kamu. Sebaliknya, downward comparison adalah membandingkan dengan orang yang lebih buruk daripada kamu.

Terbebas dari membandingkan diri
Membagikan kehidupan lewat media sosial/Pexels/Cottonbro

 Apapun bentuknya, membandingkan diri dengan orang lain, diyakini tidak baik untuk diri kita. Selain sia-sia, perilaku ini bisa membawa dampak negatif, seperti:

  • Menciptakan perasaan negatif dan kecemasan yang mengganggu;
  • Terobsesi dengan pencapaian tertentu dan memandang rendah pencapaian lainnya;
  • Membuatmu terlibat dalam kompetisi yang membuang waktu;
  • Perilaku insecure, overthinking, sampai self-blaming.

Beauties, tentunya kita semua tidak ingin mengalami hal-hal demikian. Lantas, bagaimana mindset yang bisa kita terapkan agar bisa terbebas dari kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain?

1. Mengenali Dirimu Sendiri Lebih dari Apapun

Terbebas dari membandingkan diri
Berusaha mengenali diri sendiri/Pexels/Andrea Piacquadio

Hal yang paling dasar untuk dilakukan adalah mengenali diri sendiri. Mengenali diri sendiri berarti bisa memahami dengan baik, di mana letak kelebihan, kekurangan, dan tujuan diri kita masing-masing. Hal ini sangat penting dilakukan agar kita tidak terpaut pada standar acak yang justru membuat diri kita tampak buruk.

2. Fokus pada Kekuatan Diri Lebih Worth It

Setelah mengerti kekuatan diri kamu, selanjutnya kamu perlu fokus pada hal-hal tersebut. Hanya itu saja. Hindari mengaitkannya dengan kekuatan orang lain, karena itu urusan mereka sendiri. dengan fokus pada kekuatanmu, kamu bisa menjadi hebat dalam bidang tersebut sesuai dengan keinginan.

3. Tidak Ada Salahnya Ikut Merayakan Pencapaian Orang Lain

Terbebas dari membandingkan diri
Memberikan ucapan selamat kepada orang lain/Pexels/Andrea Piacquadio

Membandingkan diri sendiri biasanya datang dari perasaan iri setelah melihat pencapaian orang lain. Daripada berjalan demikian, alangkah baiknya jika kamu mengubah cara pandangmu terhadap orang lain.

Beauties, tidak ada salahnya kok ikut memberi selamat dengan tulus ketika melihat temanmu meraih sesuatu yang hebat. Selain ia merasa senang, kamu juga akan merasa lega karena telah melawan perasaan iri yang bisa saja datang.

4. Hidup Bukan Perlombaan Antara Kamu dan Orang Lain 

Terbebas dari membandingkan diri
Perlombaan/Pexels/Mateuz Dach

Percaya atau tidak, hidup bukan sebuah kompetisi antar manusia. Setiap manusia memiliki takdirnya masing-masing, dan tidak ada garis untuk mengukur seseorang telah berhasil atau tidak dalam hidupnya.

Sebuah kutipan dari buku Zen Shin Talks karya Sensei Ogui menyebutkan, “A flower does not think of competing to the flower next to it.  It just blooms”. Jadi, tidak usah memaksa diri kamu untuk bersaing dengan orang lain dalam kompetisi yang sebenarnya tidak ada ya, Beauties. Karena hal itu malah akan membuatmu kelelahan tanpa arti.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id