sign up SIGN UP

Sahabat Tiba-tiba Menjauh Tanpa Alasan? Jangan Panik, Lakukan 4 Hal Ini!

Nadya Quamila | Minggu, 07 Nov 2021 17:45 WIB
Sahabat Tiba-tiba Menjauh Tanpa Alasan? Jangan Panik, Lakukan 4 Hal Ini!
Sahabat Menjauh Tanpa Alasan? Jangan Panik, Yuk Coba Lakukan Hal Ini!/Foto: Freepik
Jakarta -

Beauties, apakah kamu pernah mengalami momen ketika sahabat tiba-tiba menjauh tanpa alasan? Selain membuat kamu bertanya-tanya, pasti terselip perasaan sedih, kecewa, bahkan mungkin amarah.

Situasi ini merupakan hal di luar kontrol kamu dan bisa saja terjadi dalam hidup. Singkatnya, tak terhindarkan. Lantas, hal apa yang harus kamu lakukan jika tiba-tiba sahabat menjauh?

Jangan panik, yuk coba lakukan tips di bawah ini!

Terima Segala Bentuk Emosi

Kebanyakan orang terlalu fokus untuk menjadi bahagia. Sehingga terkadang, mereka enggak menerima perasaan sedih maupun rasa ketidaknyamanan.Sedih ketika sahabat menjauh tanpa alasan/Foto: Freepik



Saat sahabat menjauh tanpa alasan, akan ada banyak sekali emosi kompleks yang berkecamuk di dalam hati. Mulai dari kesal, sedih, bingung, atau amarah. Namun, emosi tersebut normal dan valid.

Cobalah untuk menerima semua emosi yang muncul. Meluangkan waktu untuk membongkar perasaan tersebut dapat membantu kamu untuk memutuskan langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Kamu bisa menelaah emosi dengan berbagai cara, seperti membuat jurnal, melakukan hal yang disenangi, atau berjalan-jalan.


Mencari Tahu tanpa Berburuk Sangka

Jangan dulu memberi saran pada temanmu yang curhat, sebelum ia meminta.Cari tahu mengapa sahabat tiba-tiba menjauh/Foto: Unsplash.com/Liza Summer



Ketika dijauhi sahabat tanpa alasan, tak terhindarkan berbagai pikiran negatif dan prasangka buruk bisa saja muncul. Pola pikir ini memang sering terjadi, tapi tidak akan membantu mengatasi masalah. Malah, hal ini cenderung akan membuat kamu semakin cemas dan sulit untuk berpikir rasional.

Maka pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang dan berusaha berpikir positif. Cari tahu mengapa sahabat tiba-tiba menjauh dan cobalah berkomunikasi dengan pikiran yang rasional tanpa terbawa emosi.


Komunikasikan Perasaan

sekarang adalah saatnya untuk bertemu dan bersandarlah ke sahabat dan keluraga kamu untuk mendapatkan dukungan ekstra.Sahabat menjauh tanpa alasan/Foto: Freepik


Bicara dari hati ke hati adalah salah satu cara yang efektif untuk menyelesaikan suatu masalah. Coba tanyakan alasan mengapa sahabat menjauh; apakah kamu telah berbuat salah, atau sahabat mungkin saja sedang mengalami masalah yang membuatnya menghilang begitu saja.

Terima penjelasan sahabat tanpa menghakimi. Apabila memang ternyata kamu telah membuat suatu kesalahan, maka segeralah meminta maaf dan tanya apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hubungan kalian.

Namun jika memang sahabat sedang memiliki masalah hingga menjauh, berilah ia waktu sendiri agar dapat memahami perasaannya. Tunjukkan dukungan dan tunggu hingga hubungan persahabatan kamu bisa kembali seperti semula.


Terima Kemungkinan Terburuk

Gak Perlu Galau, Ini 5 Tips Buat Kamu untuk Move On dari Gebetan yang Gagal jadi Pacar!Terima kemungkinan terburuk/ Foto: beautynesia



Jika ternyata sahabat memang sudah tidak ingin melanjutkan hubungan persahabatan kalian, cobalah menerima dan menghormati keputusan mereka. Memang rasanya sulit dan berat, tapi tentu kamu tidak bisa terus-terusan memperjuangkan hubungan secara sepihak kan, Beauties?

Fokuslah pada kebahagiaan diri dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai dan membantu kamu untuk 'healing' setelah kehilangan teman. Perlahan-lahan, cobalah untuk mencari teman baru yang satu frekuensi dan bisa menerima kamu apa adanya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id