STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jangan Cuma Sok Sibuk, Lakukan 4 Langkah Ini Agar Kegiatanmu Juga Produktif!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Rabu, 07 Dec 2022 07:30 WIB
Jangan Cuma Sok Sibuk, Lakukan 4 Langkah Ini Agar Kegiatanmu Juga Produktif!

Ada perbedaan yang cukup besar antara bekerja dengan sibuk dan bekerja dengan produktif. Istilah pertama hanya mengacu pada banyaknya waktu yang seorang habiskan untuk berkutat dengan pekerjaannya, sedangkan kata kedua lebih fokus pada hasil yang diperoleh dari semua kegiatan yang dilakukan.

Sayangnya, hal yang pertama ini lebih sering terjadi pada seseorang yang menghabiskan waktunya untuk berkutat dengan banyak tugas atau tugas yang cukup berat. Untungnya, dilansir dari All Bright, kamu bisa mengganti kebiasaan "sibuk tanpa hasil" menjadi kebiasaan yang "lebih produktif" jika menggunakan langkah berikut!

Buat Daftar Tugas

Ilustrasi bekerja (Foto: Unsplash/Thomas Bormans)
Ilustrasi bekerja (Foto: Unsplash/Thomas Bormans)

Beberapa orang dapat bekerja dengan lebih optimal setelah mencurahkan segala hal di pikirannya ke dalam kertas bertuliskan daftar kegiatan yang harus dilakukan dalam periode waktu tertentu.

Melihat semua tugas dipaparkan di depan mata akan membuatmu bisa mengurutkan mereka ke dalam skala prioritas. Membuat daftar ini akan amat membantu karena mengingat banyak tugas akan sama menguras energinya dengan mengeksekusi semua tugas tersebut.

Berhenti Melakukan Banyak Hal Sekaligus

Penelitian menegaskan bahwa sebenarnya tidak ada yang dinamakan multitasking. Yang dilakukan oleh seseorang yang melakukan banyak tugas sekaligus hanyalah berpindah atau melakukan penyesuaian dengan cepat antara tugas yang satu dan tugas yang lain secara bergantian. 

Ilustrasi bekerja (Foto: Unsplash/Kelly Sikkema)
Ilustrasi bekerja (Foto: Unsplash/Kelly Sikkema)

Banyak peneliti yang sepakat bahwa metode ini jauh dari kata produktif. Oleh karena itu, sebaiknya posisikan dirimu untuk menyelesaikan satu tugas dalam satu waktu dan berikan fokus sepenuhnya hingga tugas itu selesai sebelum berpindah ke tugas yang lainnya.

Meminimalisir Gangguan

Hormon dopamin yang meningkat akibat sebuah like di Instagram atau pesan singkat dari orang tersayang akan menjadi sesuatu yang membuat kamu kecanduan sekaligus terganggu. Kamu bisa memulai memblokir gangguan dengan cara memakai penyuara jemala atau perangkat telinga untuk menghindar dari kebiasaan mengecek notifikasi yang berbunyi. 

Ilustrasi bekerja (Foto: Unsplash/bruce mars)
Ilustrasi bekerja (Foto: Unsplash/bruce mars)

Kamu juga bisa menyembunyikan ponsel sejauh mungkin dari jangkauan selama periode yang kamu seharusnya kamu habiskan untuk bekerja. Jangan lupa untuk beristirahat di sela kesibukan karena kamu akan menjadi lebih jeli dan lebih produktif ketika beristirahat dengan baik dan cukup. 

Berhenti Menghabiskan Waktu untuk Memeriksa Email

Membalas dan mengorganisir kotak masukmu, tanpa kamu sadari, adalah suatu kegiatan yang sangat menghabiskan waktumu yang sudah terbatas. Meskipun begitu, kamu mungkin tidak bisa mengabaikan email karena bisa jadi ini adalah cara klien untuk terus memberi informasi penting mengenai pekerjaan kepadamu.

Ilustrasi bekerja (Foto: Unsplash/Daria Nepriakhina)
Ilustrasi bekerja (Foto: Unsplash/Daria Nepriakhina)

Trik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengatur balasan otomatis pada pesanmu untuk menginformasikan pada pengirim email bahwa kamu hanya memeriksa email beberapa kali per hari dan bahwa mereka bisa mengirim menghubungimu langsung jika hal yang harus dibicarakan cukup mendesak.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.