Bagi sebagian orang, dikejar deadline pekerjaan akan membuat hati dan pikiran menjadi kacau, panik, hingga stres. Tak jarang perasaan demikian muncul karena rasa takut terhadap pekerjaan tersebut tidak selesai dan malah menimbulkan masalah baru. Bahkan beberapa orang yang mengalami kondisi seperti ini merasa tertekan sehingga akan menangis dan marah tak karuan untuk melepaskan kepanikannya terlebih dahulu.
Beauties, buat kamu yang sering dilanda rasa panik dan kacau saat dikejar deadline, berikut cara menenangkan hati dan pikiran saat dikejar deadline pekerjaan yang dapat kamu coba. Yuk, simak cara-caranya yang telah Beautynesia himpun berikut ini!
Rileks dan Tetap Tenang
Bersikap Rileks dan Tenang/Foto: Pexels.com/ |
Dilansir dari Forbes, langkah utama untuk menenangkan hati dan pikiran saat menghadapi deadline pekerjaan adalah bersikap rileks dan tetap tenang. Sebab, dengan begitu, kamu dapat mengelola serta mengendalikan diri dari kepanikan. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat rileks dan tetap tenang adalah dengan mengatur pernapasan, minum air putih, mendengarkan musik, atau pergi sebentar ke toilet untuk sekedar menenangkan diri.
Selain itu kamu juga dapat melakukan meditasi singkat untuk tetap dapat rileks dan tenang. Dilansir dari Indeed, meditasi dapat membantumu kembali fokus dan mengingatkanmu tentang situasi saat ini daripada terus-menerus memikirkan tenggat waktu dan stres lainnya.
Ubah Cara Berpikir Tentang Stres
Ilustrasi/Foto: Pexels.com/Jopwell |
Sebagian orang merasa jika tenggat waktu pekerjaan menjadi suatu hal yang memberatkan dan menyebabkan stres. Dilansir dari Forbes, kamu dapat menjadikan deadline pekerjaan sebagai sebuah tantangan yang menarik.
Jadikanlah deadline pekerjaan sebagai hal yang mendorongmu untuk membuat daftar, mengatur, serta memeriksa kalender dan menyusun strategi langkah demi langkah untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sehingga hal demikian dapat membuat tugas-tugas jauh lebih mudah dan lebih memuaskan.
Membuat Deadline Palsu
Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk menenangkan hati dan pikiran saat dikejar deadline pekerjaan adalah membuat deadline palsu. Misalnya deadline pekerjaan harus selesai di hari Jumat, maka kamu harus menyelesaikan di hari Rabu atau Kamis.
Dilansir dari Forbes, hal ini bermanfaat untuk memeriksa serta memperbaiki kembali jika ada kesalahan pada pekerjaan yang telah selesai dikerjakan. Selain itu, cara ini juga dapat membuatmu berhenti menunda-nunda pekerjaan.
Membuat Prioritas
Ilustrasi/Foto: Pexels.com/ |
Jika kamu dihadapi dengan beberapa deadline pekerjaan, maka membuat prioritas menjadi solusinya. Yup, cara ini akan membantumu memetakan deadline pekerjaan dari yang paling penting untuk diselesaikan lebih dulu.
Dilansir dari Indeed, dengan membuat prioritas dapat membantumu menganalisis berbagai tenggat waktu dan memutuskan mana prioritas paling penting untuk dipenuhi. Hal ini juga berlaku untuk mengatur prioritas pikiranmu terhadap masalah lainnya yang sedang kamu miliki. Maka saat dikejar deadline, kamu perlu memprioritaskan fokusmu pada pekerjaan yang haus diselesaikan dan menyampingkan sementara masalah lainnya yang menjadi beban pikiranmu.
Mengatur Ruang kerja
Ilustrasi Ruang Kerja yang Rapi/Foto: Pexels.com/Deep B Iyer |
Dilansir dari Indeed, mengatur ruang kerja dapat membantu seseorang terhindari dari gangguan dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Hal ini dapat memastikanmu memiliki alat, file, serta hal lainnya yang dibutuhkan dengan mudah untuk menunjang pekerjaan.
Coba bayangkan Beauties, saat melihat meja kerja yang berantakan dan dipenuhi dengan tumpukan sampah makanan atau kertas tentu akan menjadi pemicu stres baru, sementara meja yang rapi dan bersih dapat membantumu untuk fokus serta hati dan pikiran pun menjadi tenang.
Meminta Bantuan
Ilustrasi/Foto: Pexels.com/mentatdgt |
Last but not least, meminta bantu dengan rekan kerja dan atasan juga bisa menjadi langkah terakhir untuk membantumu dalam menenangkan hati dan pikiran saat dikejar deadline pekerjaan. Apalagi saat kamu dihadapkan pada pekerjaan yang kurang kamu pahami nih, Beauties. Dilansir dari Indeed, meminta bantuan juga dapat menunjukkan kemampuanmu untuk memahami kebutuhan tugas yang berbeda dan komitmenmu dalam memenuhi batas waktu kerja yang dimiliki.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!