sign up SIGN UP

Jarang Diketahui, Ini 5 Fakta Menarik Palung Mariana, Tempat Terdalam di Bumi yang Sulit Terjamah Manusia!

Cica Rahmania | Beautynesia
Jumat, 13 May 2022 08:45 WIB
Jarang Diketahui, Ini 5 Fakta Menarik Palung Mariana, Tempat Terdalam di Bumi yang Sulit Terjamah Manusia!
caption
Jakarta -

Ada banyak tempat di Bumi ini yang tidak terjamah bahkan tidak diketahui oleh banyak orang di dunia ini. Namun, berkat teknologi dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang, secara perlahan, satu persatu fakta terselubung yang ada di Bumi pun terungkap.

Salah satunya ialah keberadaan Palung Mariana yang disebut-sebut memiliki kedalaman lebih dalam dari menjulangnya Gunung Everest dari permukaan laut. Beda hal dengan Gunung Everest yang banyak dikunjungi pendaki, Palung Mariana hanya mendatangkan dua penyelam untuk turun ke titik terdalam dalam sebuah misi bernama Challenger Deep.

Palung Mariana sendiri pertama kali digali pada tahun 1875 oleh kapal Inggris H.M.S. Challenger. Penggalian ini sebagai bagian dari pelayaran oseanografi global pertama. Para ilmuwan Challenger mencatat kedalaman sekitar 8 meter menggunakan tali pemberat.

Laut MatiIlustrasi laut. (Foto: Unsplash.com/Konstantin Tretyak)

Kemudian, pada 1951, kapal Inggris H.M.S. Challenger II kembali ke lokasi dengan echo-sounder dan mengukur kedalaman yang ternyata bisa menembus hingga 11 kilometer. Kemudian, pada 1960, dua orang penyelam pertama bernama Jacques Piccard dan Letnan Angkatan Laut Don Walsh berhasil masuk ke kedalaman menggunakan kapal selam bernama Trieste.

Dari penyelaman ini muncul fakta-fakta baru mengenai Palung Mariana. Lantas, apa saja fakta-faktanya? Dihimpun dari website Deep Sea Challenge, berikut ulasannya.

Lebih Dalam dari Everest Jika Ditebalikkan ke Laut

Terletak di Pasifik barat timur Filipina dan sekitar 200 km timur Kepulauan Mariana, Palung Mariana memiliki bentuk bulan sabit yang panjangnya berukuran lebih dari 2.550 km. Sedangkan untuk lebar, Palung Mariana berukuran sekitar 69 km.

LautIlustrasi samudra. / Foto: freepik.com/wirestock

Jarak antara permukaan laut dan titik terdalam palung hampir 11 kilometer. Jika Gunung Everest ditebalikkan ke Palung Mariana, puncaknya masih menyisakan ruang lebih dari 1,6 km di bawah air. Konon, Palung Mariana terbentuk ketika dua lempeng tektonik bertabrakan. 

Dikunjungi Lagi 50 Tahun Kemudian

Setelah kunjungan Jacques Piccard dan Letnan Angkatan Laut Don Walsh pada 1960 silam, Palung Mariana tidak pernah dikunjungi lagi hingga pada 2012 lalu, pembuat film dan penggemar fiksi ilmiah James Cameron menyelam sendirian ke Challenger Deep dengan kapal selam yang ia rancang.

Zoona Naseem, penyelam wanita asal MaldivesIlustrasi penyelam. / Foto: (Moodhu Bulhaa Dive Center)

Ia menghabiskan tiga jam untuk merekam video dan mengambil banyak foto. Sayangnya, tekanan air yang begitu ekstrem berdampak pada peralatannya. Baterai terkuras, sonar mati, dan beberapa pendorong kapalnya tidak berfungsi. Hal ini membuatnya sulit bermanuver.

Bersuhu Panas dan Dingin

Jauh dari sinar matahari membuat suhu air di Palung Mariana menjadi rendah, yaitu sekitar 2,2-3,8 derajat Celcius. Namun, fakta mengejutkan lain adalah bahwa air di Palung Mariana juga ada yang panas.

Hal ini disebabkan oleh adanya ventilasi hidrotermal di seluruh parit. Nah, air yang keluar dari ventilasi itu akan sangat panas, yaitu sekitar 371 derajat Celcius.

Ada Kehidupan di Dalamnya

Memiliki kedalaman yang jaraknya berkilo-kilo meter, banyak orang meragukan adanya kehidupan di Palung Mariana. Namun, beberapa tahun terakhir, kapal keruk laut dalam dan kapal selam tak berawak telah melihat sekilas organisme eksotis di dalam sana.

LautIlustrasi kehidupan di Palung Mariana. / Foto: freepik.com/Laque Stock

Tampak ada seperti amfipod mirip udang, dan hewan aneh tembus pandang yang disebut holothurian. Namun, para ilmuwan mengatakan ada banyak spesies baru yang menunggu ditemukan. Ditambah lagi cara makhluk-makhluk tersebut bertahan hidup di kedalaman yang ekstem.

Dibuat Monumen oleh George W. Bush

Palung Mariana sekarang menjadi zona lindung Amerika Serikat. Untuk itu, mantan Presiden George W. Bush mendirikan Monumen Nasional Marinir Palung Mariana pada 2009. Izin untuk penelitian di monumen, termasuk di Sirena Deep, telah diamankan oleh U.S. Fish and Wildlife Service.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id