sign up SIGN UP

Jarang Orang Tahu, Ini 4 Fakta Menarik Puasa Syawal, Salah Satunya Setara Puasa Setahun Penuh

Aulia Septia Wati | Beautynesia
Jumat, 13 May 2022 19:00 WIB
Jarang Orang Tahu, Ini 4 Fakta Menarik Puasa Syawal, Salah Satunya Setara Puasa Setahun Penuh
Ilustrasi puasa/Foto: Freepik
Jakarta -

Beauties, bagaimana momen Idulfitri kamu kemarin? Setelah berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan kemarin, kini tiba waktunya bulan Syawal, di mana kita tidak lagi diwajibkan untuk menjalakan puasa maupun ibadah-ibadah Ramadan lainnya.

Namun di bulan ini, ada anjuran untuk melaksanakan salah satu ibadah, yaitu puasa Syawal, Beauties. Puasa Syawal merupakan puasa sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW pada bulan Syawal.

Fakta menarik puasa syawal
Momen solat Id/Foto: Pexels/Chattrapal Singh

Puasa ini dilakukan selama 6 hari, baik secara berurutan maupun terpisah. Dilansir dari detikEdu, menurut perhitungan kalender puasa Syawal di tahun 2022 ini bisa dilakukan sejak 4 Mei 2022 sampai 31 Mei 2022.

Puasa Syawal mempunyai banyak manfaatnya, lho, Beauties. Nah, berikut ini 4 fakta menarik puasa Syawal yang harus kamu ketahui. Yuk, simak!

1. Berpuasa Syawal Sama dengan Berpuasa Setahun Penuh

Beauties, salah satu keutamaan puasa Syawal adalah karena balasan pahalanya yang besar. Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis riwayat Muslim pernah bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

Yang perlu diperhatikan, untuk mendapatkan keutamaan puasa Syawal ini haruslah dipenuhi puasa Ramadan secara utuh. 

2. Puasa Syawal merupakan Penyempurna Bulan Ramadan 

Fakta menarik puasa syawal
Ibadan ramadan/pexels/Alena Darmel

Menurut Muhammad Abduh Tuasik dalam bukunya Fikih Bulan Syawal, mengamalkan puasa Syawal akan menyempurnakan ibadah seseorang selama bulan Ramadan. Sebagai manusia, kita tentu tidak bisa sempurna baik dalam wujud maupun perbuatan, termasuk dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Oleh karena itu, kita diberikan kesempatan untuk menyempurnakan kekurangan kita melalui puasa Syawal.

3. Puasa Syawal Sebagai Wujud Keberlanjutan Ibadah

Sebaik-baiknya ibadah adalah ibadah yang berkelanjutan, tidak dikhususkan hanya untuk satu waktu saja. Hal ini telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari, bahwa Aisyah menuturkan tentang Nabi yang selalu kontinu (ajeg) dalam melakukan amalan.

Begitupun dengan amalan atau ibadah selama bulan Ramadan, jangan sampai hanya berhenti setelah Idulfitri saja. Alangkah baiknya jika kita terus konsisten dalam beribadah setelahnya, yaitu diawali dengan melaksanakan puasa Syawal.

4. Puasa Syawal Sekaligus Mengganti Utang Puasa Ramadan

Meskipun kita tahu bahwa puasa Ramadan hukumnya wajib bagi umat Islam, namun ada beberapa kondisi di mana seseorang tidak boleh berpuasa atau boleh untuk tidak berpuasa. Kondisi ini misalnya perempuan yang sedang menstruasi, orang sakit, dan orang yang sedang dalam perjalanan jauh. 

Fakta menarik puasa syawal
Mengganti puasa Ramadan/pexels/Thirdman

Karena beberapa orang tidak berpuasa Ramadan secara penuh, Islam membolehkan untuk mengganti puasa tersebut di luar bulan Ramadan. Salah satu waktu terbaik untuk mengganti puasa Ramadan yaitu di bulan Syawal.

Dalam buku Fikih Bulan Syawal, ada beberapa ulama yang berpendapat boleh saja mengganti utang puasa Ramadan berbarengan dengan puasa Syawal, dalam artian menggabungkan dua niat sekaligus. Yang berpuasa dengan cara ini akan mendapat pahala puasa wajib dan puasa Syawalnya.

Namun demikian, lebih banyak ulama yang menganjurkan mengganti utang puasa secara terpisah dengan puasa Syawal. Yaitu dengan menuntaskan seluruh utang puasa Ramadan, barulah kemudian melaksanakan puasa Syawal.

Gimana Beauties, sudah ada gambaran, kan, tentang fakta menarik dari puasa Syawal ini? Jika kamu tertarik untuk berpuasa Syawal, kamu bila melakukannya mulai dari sekarang ya, Beauties, mumpung masih ada waktu!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id