Kamu akan Susah Sukses Jika Masih Sering Melakukan 4 Kebiasaan yang Menurunkan Produktivitas Ini! Duh, Apa Saja?
Manusia adalah makhluk unik dan kompleks yang tidak hanya punya sifat berbeda, tetapi juga kebiasaan baik dan buruknya masing-masing. Kebiasaan baik, tentu, bukanlah hal yang perlu dipusingkan, tetapi kebiasaan negatif atau buruk adalah sesuatu yang harus segera diatasi.
Kebiasaan buruk akan berpengaruh dalam kehidupan personal maupun profesional sehingga menjadi hambatan untuk sukses. Dilansir dari Hubspot, inilah beberapa kebiasaan buruk yang dipercaya bisa menurunkan produktivitas!
Terburu-buru di Pagi Hari
Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/nakaridore |
Kebiasaan buruk untuk melakukan segala hal dengan terburu-buru di pagi hari bisa memberikan konsekuensi negatif pada perasaanmu serta menurunkan produktivitas. Hal ini karena otak tidak bisa bersantai, memulihkan diri, dan bersiap untuk sisa hari.
Jika kamu merasa kekurangan waktu dan ruang untuk bernapas, cobalah untuk bangun 10 hingga 30 menit lebih awal dan memulai hari dengan sesi meditasi singkat. Kamu bisa mencoba mencari tutorial meditasi itu dari aplikasi gratis di App Store atau Google Play Store yang ada di ponselmu.
Melewatkan Sarapan
Ilustrasi sarapan/Foto: Freepik.com/tirachardz |
Ada banyak alasan yang membuat seseorang melewatkan sarapan, mulai dari terburu-buru hingga tidak merasa lapar. Padahal, orang selalu terbangun dari tidur dengan kondisi gula darah rendah karena berpuasa selama tidur.
Gula darah yang rendah akan membuatmu lelah, apatis, dan bahkan merasakan suasana hati buruk yang tidak akan bisa diatasi dengan secangkir kopi. Alih-alih mencari asupan kafein, mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral akan memberimu energi yang menjadi kunci untuk meningkatkan produktivitas.
Kamu akan Susah Sukses Jika Masih Sering Melakukan 4 Kebiasaan yang Menurunkan Produktivitas Ini!
Kamu akan Susah Sukses Jika Masih Sering Melakukan 4 Kebiasaan yang Menurunkan Produktivitas Ini! Duh, Apa Saja?/Foto: Freepik.com/Pressfoto
Mendahulukan Tugas yang Mudah
![]() Ilustrasi/Foto: Unsplash/Paige Cody |
Ketakutan untuk membuang waktu dan tak menyelesaikan apa pun karena mengerjakan tugas sulit kerap menjadi alasan yang membuat seseorang cenderung mendahulukan tugas mudah. Bagaimana pun semua orang tidak mau dianggap tidak produktif karena tidak berhasil menyelesaikan satu tugas pun, bukan?
Sayangnya, penelitian menunjukkan bahwa semangat adalah sumber daya terbatas yang akan menurun seiring dengan berjalannya hari, sehingga lebih baik kamu menyelesaikan tugas berat dalam kondisi paling fokus. Untuk memperjelas tugas mana yang harusnya diprioritaskan, kamu bisa membuat daftar tugas.
Berada di Dekat Ponsel Saat Bekerja
![]() Ilustrasi/Foto: Unsplash/Magnet.me |
Hampir tidak ada orang yang bisa menjalani hari dengan tenang tanpa keberadaan ponsel di dekatnya. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa ponsel pintar adalah berada di urutan teratas dalam daftar pengalih perhatian di muka bumi.
Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance menemukan bahwa seseorang yang sedang mengerjakan tugas yang membutuhkan fokus akan cenderung memberikan jawaban salah dan keputusan instan ketika mendengar notifikasi dari ponselnya. Membisukan notifikasi ketika sedang bekerja adalah salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi kebiasaan buruk satu ini.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/nakaridore
Ilustrasi sarapan/Foto: Freepik.com/tirachardz

