sign up SIGN UP

Kian Marak Terjadi, Lakukan 4 Hal Ini saat Melihat Aksi Pelecehan Seksual di Transportasi Publik!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Kamis, 14 Jul 2022 22:00 WIB
Kian Marak Terjadi, Lakukan 4 Hal Ini saat Melihat Aksi Pelecehan Seksual di Transportasi Publik!
caption

Pelecehan seksual di ruang publik sampai saat ini masih menjadi ketakutan dan mimpi buruk bagi banyak orang, khususnya kaum perempuan yang sering menjadi korban dan pihak yang dirugikan. Salah satu dampak besar yang dirasakan korban pelecehan seksual yakni gangguan psikologis, misalnya trauma sampai depresi.

Beberapa waktu lalu kasus pelecehan seksual di ruang publik yang ramai disorot adalah di transportasi publik. Misalnya, tindakan pelecehan seksual di kereta api yang membuat pelakunya di blacklist sebagai penumpang oleh pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan tak lagi dapat menggunakan moda transportasi tersebut. Atau baru-baru ini, pelecehan seksual di angkutan kota (angkot) di mana seorang karyawan perempuan menjadi korbannya.

Dengan masih banyak kasus pelecehan seksual yang terjadi di transportasi publik tersebut, lantas apa yang harus dilakukan saat melihat aksi pelecehan seksual untuk membantu korban? Yuk, simak jawabannya yang dikutip dari WebMd berikut ini!

Tunjukkan Bahwa Kamu Melihatnya

menunjukkan sikap telah melihat kemungkinan tindakan pelecehan seksual dapat mencegah dan membantu korban dari tindakan pelecehan seksual
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/Benzoix

Saat berada dalam situasi akan terjadinya aksi pelecehan di sekitar, hal pertama yang dapat dilakukan untuk terjadinya hal tersebut adalah menunjukkan bahwa kamu melihatnya, Beauties. Saat melihat pelaku pelecehan, kamu dapat memberikan kontak mata dengan memberikan pandangan yang melotot.

Tak hanya itu, saat kamu merasa situasinya rumit, kamu dapat berteriak agar orang lain yang ada di sekitar kejadian dapat mengetahui dan turut membantu. Selain itu juga kamu dapat bertindak langsung dengan menghamipiri orang yang akan atau telah dilecehkan.

Dokumentasikan Situasi

Mendokumentasikan tindakan pelecehan seksual dapat membantu korban melaporkan pelaku
Dokumentasikan Tindakan Pelecehan Seksual/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Salah satu hal penting yang dapat digunakan untuk melaporkan aksi pelecehan seksual adalah barang bukti agar tidak menjadi sebuah fitnah belaka. Maka saat kamu berada dalam situasi menyaksikan tindakan pelecehan seksual di hadapanmu secara langsung, kamu dapat mendokumentasikan kejadian tersebut. Hal ini juga telah membuatmu membantu korban dapat melaporkan kejadian yang dialaminya.

Laporkan Kejadian

Hal selanjutnya yang harus dilakukan saat melihat tindakan pelecehan seksual di ruang publik adalah melaporkan kejadian tersebut dengan pihak keamanan, humas, hingga media sosial. Dokumentasi peristiwa pelecehan seksual yang  disaksikan dapat kamu serahkan agar menjadi bukti kuat kejadian tersebut untuk dapat diproses selanjutnya ke pihak yang berwajib.

Melansir dari detik.com, seperti kejadian tindakan pelecehan seksual yang terjadi di kereta api, kamu dapat melaporkannya dengan menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

Respon Korban

Dukungan untuk Korban Kekerasan Seksual/Foto: Pexels.com/SHVETS productionIlustrasi korban/Foto: Pexels.com/SHVETS production

Hal lainya yang tak kalah penting saat melihat tindakan pelecehan seksual adalah merespon dan memberikan pertolongan kepada korban, baik fisik maupun psikis. Melansir dari detikHealth, menurut Bunga Astiti, direktur Yayasan Samahita Bandung, komunitas yang menyuarakan perlawanan pada kekerasan seksual, penting untuk memastikan apakah korban dalam kondisi terluka atau tidak jika ia mendapat tindakan kekerasan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui korban aman atau tidak.

Sebab, terkadang saat ingin melawan pelaku pelecehan seksual orang-orang lupa untuk memastikan korbannya berada dalam situasi yang aman. Sehingga saat kamu melihat tindakan pelecehan seksual juga diperlukan kepekaan saat akan mengintervensi tindakan pelecehan seksual yang terjadi di sekitarmu, Beauties.

Nah, itu tadi 4 hal penting yang harus dilakukan saat melihat tindakan pelecehan seksual di ruang publik. Semoga bermanfaat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id