sign up SIGN UP

Mengenal Hustle Culture dan 4 Alasan Orang Kerap Melakukannya, Ada di Kamu?

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Selasa, 09 Aug 2022 13:00 WIB
Mengenal Hustle Culture dan 4 Alasan Orang Kerap Melakukannya, Ada di Kamu?
caption

Beauties, mungkin istilah hustle culture bukan lagi jadi sesuatu yang asing, atau bahkan mungkin kamu pun juga melakukannya. Dilansir dari Good House Keeping, hustle culture merupakan budaya kerja di mana orang-orang banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja dengan tidak wajar sehingga tidak punya waktu untuk menjalani hidup.

Seseorang yang menjalani budaya hustle culture akan memiliki hidup yang tidak seimbang, sebab ia kurang istirahat, bersosialisasi, memiliki pola waktu makan yang buruk, bahkan tak ada waktu untuk memanjakan diri.

Orang-orang yang menjalani kebiasaan ini sering kali disebut sebagai workaholic. Orang-orang yang menjalani hustle culture cenderung berasal dari kalangan anak muda yang ambisius untuk menggapai kesuksesan.

Selain mencintai pekerjaan dan ambisius ingin sukses, beberapa orang sebenarnya ada yang terpaksa menjalani budaya hustle culture. Lantas, apa saja, sih, yang menjadi alasan orang-orang menjalani hustle culture? Yuk, simak jawabannya berikut ini!

Faktor Ekonomi

ekonomi sering s=menjadi faktor utama orang menjalani hustle culture
Ekonomi/Foto: Pexels.com/robertlens

Faktor ekonomi sering menjadi alasan utama orang-orang memutuskan untuk menjalani budaya hustle culture. Pemasukan utama dari pekerjaannya sehari yang tak mencukupi, membuat orang berpikir untuk bisa mendapatkan pendapatan tambahan, dengan cara bekerja paruh waktu, menjadi freelancer, hingga berbisnis.

Para ahli dari World Health Organization (WHO) mengklaim bahwa peningkatan kerja berlebihan juga kemungkinan disebabkan oleh faktor kebangkitan ekonomi. Bahkan beberapa di antaranya juga terpaksa melakukan hustle culture karena harus menggantikan perang orangtuanya yang tak lagi bekerja atau yang kerap disebut sebagai generasi sandwich.

Mencintai Pekerjaan

Ilustrasi Perempuan Bekerja/Pexels/Mikhail NilovIlustrasi Perempuan Bekerja/Foto: Pexels/Mikhail Nilov

Melansir dari Good House Keeping, seseorang yang menjalani budaya hustle culture dan menjalani lembur terus-terusan sering kali disebabkan karena terlalu mencintai pekerjaannya. Bahkan beberapa di antaranya juga menjalani hal tersebut karena memiliki motivasi untuk mendapatkan apresiasi atas loyalitas kerja hingga promosi jabatan.

Erin Reid, seorang profesor di DeGroote School of McMaster University, menemukan di salah satu perusahaan konsultan strategi global bahwa beberapa karyawan berpura-pura bekerja 80 jam seminggu untuk dipuji sebagai "bintang" dan "pahlawan super" oleh manajemen tempatnya bekerja.

Tekanan Pekerjaan

hustle culture juga dapat dilatar belakangi akibat tekanan pekerjaan
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/tiarachardz

Beberapa orang juga terpaksa menjalani hustle culture dengan sering melakukan lembur akibat tekanan pekerjaan di tempatnya bekerja. Bisa jadi karyawan terpaksa mengatakan "iya" saat diberi tugas tambahan oleh atasan tempatnya bekerja dan takut untuk mencoba menolak dengan tegas. Sehingga hal ini dapat menjadi penyebab utama orang-orang mengalami burnout saat bekerja.

Gaya Hidup

Gaya hidup juga menjadi salah satu faktor penyebab hustle culture
Instagram/Foto: Freepik.com/freepik

Gaya hidup telah menjadi faktor utama bagi beberapa orang yang menjalani budaya hustle culture. Hal ini erat kaitannya dengan dampak dari media sosial yang digunakan. Berbagai kemewahan hingga kebiasaan travelling dan staycation  yang orang pamerkan di media sosial sering kali membuat seseorang membandingkan dirinya dengan kehidupan orang lain yang ia lihat pada media sosial, seperti Instagram dan Facebook. Sehingga ini juga sering menjadi motivasi seseorang untuk melakukan hustle culture agar lebih banyak mendapatkan uang demi mendukung gaya hidupnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id