sign up SIGN UP

Mengenal Tradisi Ngabuburit di 5 Negara Asia, Ada Bazar Makanan sampai Perang Telur Rebus!

ivanacete | Beautynesia
Jumat, 08 Apr 2022 10:00 WIB
Mengenal Tradisi Ngabuburit di 5 Negara Asia, Ada Bazar Makanan sampai Perang Telur Rebus!
caption

Minggu pertama Ramadan sudah mau selesai nih Beauties. Apa kabar puasa kamu? Semoga selalu dikuatkan ya Beauties.

Ngomongin soal Ramadan, kalau di Indonesia kan ada tradisi ngabuburit. Nah, kalau di negara Asia lainnya gimana ya Beauties? Apakah mereka ngabuburit sambil bikin kolak pisang juga?

Coba kita cek yuk Beauties, negara Asia lainnya ngapain aja ya kalau menjelang jam buka puasa? Check them out!

1. Singapura

Bazaar Ramadan di Singapura/Foto : travel.detik.com/Agus
Bazaar Ramadan di Singapura/Foto : travel.detik.com/Agus

Belum lengkap membicarakan negara Asia jika tidak membahas Singapura. Biarpun di negara ini minoritas Muslim, tapi Ramadan tetap punya vibes tersendiri.

Dilansir dari detikTravel, Bazar Ramadan jadi acara tahunan yang selalu ditunggu dan jadi tempat ngabuburit favorit. Kabar gembiranya, Bazar Ramadan diadakan kembali setelah dua tahun bertutur-turut ditiadakan karena Covid-19.

Tahun ini Bazar Ramadan diadakan di Geylang Serai. Uniknya, Bazar Ramadan punya peraturan kalau barang/makanan tradisional khas Ramadan harus lebih banyak gerainya daripada barang/makanan kontemporer.

2. Jepang

Masjid Tokyo CamiiMasjid Tokyo Camii/ Foto: detikcom

Seiring berkembangnya Islam di Jepang, ada beberapa tempat yang sudah berasa banget suasana Ramadannya nih, Beauties.

Beberapa tempat itu seperti Japan Islamic Center, Masjid Shibuya Ward, dan Masjid Tokyo Camii. Mengutip Japan Times, dua masjid besar itu selalu mengadakan iftar bersama untuk 200 pengunjung.

Tradisi ngabuburit umat Muslim di sana dengan cara gotong royong mempersiapkan kebutuhan iftar dan tarawih.  Mulai dari sup kacang hingga sup daging disediakan untuk kegiatan iftar bersama di masjid.

Di Japan Islamic Center sendiri selalu ada kegiatan majelis taklim, dialog keagamaan, tarawih bersama, hingga proyek menerbitkan buku.

3. Thailand

Mesjid Khon Kaen di Thailand/Foto : news.detik.com/Nurhadi Eko Firmansyah
Mesjid Khon Kaen di Thailand/Foto : news.detik.com/Nurhadi Eko Firmansyah

Umat Muslim memang hanya berjumlah 5 – 10%, tapi ternyata ada beberapa tradisi unik saat Ramadan loh Beauties. Bahkan, ada tradisi Ramadan yang unik seperti mengurbankan hewan.

Di hari puasa pertama, setiap keluarga akan mengurbankan kepala hewan ternak. Yang tidak mampu boleh mengurbankan burung.

Bahkan, ada suasana Ramadan juga ikut dimeriahkan dari daerah pedalaman Thailand seperti Khon Kaen. Dikutip dari detikNews, Masjid Khon Kaen juga mengadakan buka puasa bersama setiap bulan Ramadan.

Nasi dengan daging sapi berkuah kari dimakan dalam satu wadah besar untuk 4 orang. Tradisi ini dijalankan untuk meningkatkan rasa solidaritas sesama umat muslim.

4. Pakistan

Beauties Mau Coba Tradisi Melempar Telur Rebus?/Foto : detik.news.com/detikNews
Beauties Mau Coba Tradisi Melempar Telur Rebus?/Foto : detik.news.com/detikNews

Pakistan punya cukup banyak tradisi dan tempat unik saat Ramadan. Mulai dari Pasar Khajoor yang khusus menjual kurma dan kebutuhan Ramadan, buka puasa bersama di area jalanan Karachi, hingga tradisi unik permainan melempar telur rebus.

Dikutip dari Arab News, permainan ini mengharuskan para pria memegang telur rebus masing-masing dan mengetukkannya ke telur rebus lawan. Duel menang kalau telur rebus lawan sudah hancur.

Setiap pemilik telur rebus juga wajib menjaga telur rebus miliknya agar tidak retak. Permainan ini sudah dilakukan berabad-abad dan turun-menurun.

5. Korea Selatan

Masjid Central Seoul di Itaewon/Foto : travel.detik.com/Afif Farhan
Masjid Central Seoul di Itaewon/Foto : travel.detik.com/Afif Farhan

Hampir sama seperti di Jepang, Islam di Korea Selatan juga semakin berkembang. Momen Ramadan semakin dikenal dan dirayakan oleh umat Muslim di sana.

Kalau mau merasakan vibes Ramadan yang kental, orang-orang akan ke kota Seoul, tepatnya di distrik Itaewon yang menjadi pusat kegiatan Islam. Ada Masjid Central Seoul yang terbuka untuk semua orang selama 24 jam, berbagai kuliner halal, dan organisasi Korean Muslim Federation.

Organisasi ini punya tradisi unik saat Ramadan, yaitu mengadakan Sayembara Pembacaan Alquran setiap hari Jumat. Kegiatan ini tentu untuk mempererat silaturahmi antar umat Muslim di Korea Selatan.

Dikutip dari detikTravel, di sepanjang jalan Itaewon ada berbagai macam gerai makanan halal. Beberapa di antaranya seperti jajanan khas Timur Tengah seperti kebab, jajanan khas Asia Tenggara, dan jajanan Korea yang sudah dimodifikasi agar halal. Dijamin pasti halal, Beauties!

Wah ternyata biarpun ngabuburitnya nggak bikin kolak pisang, momen Ramadan di negara Asia lainnya pada seru juga ya Beauties. Kalau dikasih kesempatan, kamu mau nyobain tradisi ngabuburit di negara apa?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id