STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Menjadi Korban Bullying? 4 Tindakan Ini Tidak Boleh Kamu Lakukan!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Kamis, 01 Dec 2022 17:00 WIB
Menjadi Korban Bullying? 4 Tindakan Ini Tidak Boleh Kamu Lakukan!

Penelitian yang dilakukan oleh Ditch The Label menunjukkan bahwa hampir separuh dari penduduk bumi pernah mengalami tindakan perundungan atau bullying dalam satu titik di hidupnya. Saat berada di posisi korban, kamu mungkin akan merasa kesulitan untuk menentukan sikap atau tindakan yang tepat untuk mengatasi situasi ini.

Berangkat dari hal ini, Ditch The Label memulai komitmen untuk membantu para korban untuk mengatasi situasi perundungan yang dialaminya, salah satunya adalah dengan merumuskan beberapa hal yang bisa kamu hindari apabila menjadi korban bullying!

Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan jika kamu menjadi korban bullying, yuk simak!

Menyimpannya Sendiri

Ilustrasi bullying (Foto: Pexels/Yan Krukov)
Ilustrasi bullying (Foto: Pexels/Yan Krukov)

Ketika kamu mengalami situasi yang sulit atau membuat stres, kamu mungkin kesulitan untuk melihat sesuatu dengan gambaran yang jelas. Penelitian menunjukkan angka yang mengkhawatirkan mengenai 45 persenĀ korban perundungan yang tidak berani melaporkan tindakan yang terjadi padanya karena rasa malu, takut, hingga tidak yakin akan mendapat dukungan.

Meskipun begitu, kamu harus tetap menceritakan kejadian yang menimpamu ini kepada orang lain atau melalui saluran yang tepat agar bisa mendapatkan nasihat dan dukungan dari penasihat yang menangani saluran tersebut.

Melalui semua pengalaman mengerikan ini sendirian hanya akan membuat stres dan kelelahan secara emosional. Pada akhirnya, kondisi ini akan mempengaruhi kesehatan mental, kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, performa di sekolah, harga diri, serta kepercayaan dirimu.

Menyalahkan Diri Sendiri

Kamu harus selalu ingat bahwa orang yang merundungmulah yang bermasalah, bukannya dirimu. Orang tidak akan mengalami perundungan karena jenis kelamin, ras, penampilan, kekurangan fisik, atau berbagai faktor unik lainnya.

Ilustrasi bullying (Foto: Pexels/Mikhail Nilov)
Ilustrasi bullying (Foto: Pexels/Mikhail Nilov)

Satu-satunya faktor yang menjadi penyebab perundungan adalah tingkah laku seseorang dan tingkah laku yang bermasalah jelas ditunjukkan oleh pihak pelaku perundungan alih-alih korbannya. Selain tingkah laku tersebut, tidak ada hal lain yang bisa diubah untuk menghentikan tindak perundungan.

Mengisolasi Diri

Ilustrasi bullying (Foto: Pexels/cottonbro studio)
Ilustrasi bullying (Foto: Pexels/cottonbro studio)

Menjauhkan dirimu dari berbagai bentuk dukungan dan pertemanan tidak akan membantumu mendapatkan penyelesaian untuk masalahmu. Meskipun kelihatannya ini adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan, tetapi ini hanya akan membuat segalanya memburuk di masa depan karena akan makin membungkammu dan mengurangi harga dirimu.

Alih-alih mengisolasi dan menutup diri, cobalah untuk menjalani kehidupan sosialmu yang biasa dan lakukan aktivitas yang kamu sukai. Pengalihan ini akan membantumu kembali bersemangat dan mengingatkanmu pada hal-hal positif lainnya yang ada pada hidupmu.

Menganggap Dirimu sebagai Korban

Ilustrasi bullying (Foto: Pexels/RODNAE Productions)
Ilustrasi bullying (Foto: Pexels/RODNAE Productions)

Meskipun kamu adalah pihak yang tersakiti dalam kasus perundungan, melabeli dirimu sendiri sebagai korban bisa memengaruhi pola pikirmu sendiri. Hal ini akan membuatmu merasa tidak berdaya dan akhirnya membiarkan para perundung menentukan nasibmu. Yang bisa kamu lakukan adalah berupaya mengambil alih kendali atas hidupmu serta memulihkan rasa percaya diri dan harga dirimu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE