STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kiat untuk Penuhi Resolusi Memanajemen Stres yang Baik, biar Nggak Gampang Marah di Tahun yang Baru

Siti Mukaromah | Beautynesia
Rabu, 19 Jan 2022 22:15 WIB
Kiat untuk Penuhi Resolusi Memanajemen Stres yang Baik, biar Nggak Gampang Marah di Tahun yang Baru

Di tahun yang baru, kebanyakan dari kamu tentunya memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik dan mencapai goals yang sudah ditargetkan. Namun, beberapa orang justru merasa stres di tengah jalan saat mereka ingin mencapai tujuan.

Bukan buru-buru 'resign' dari mencapai goals, tapi sepertinya, kamu butuh manajemen stres, Beauties. Dilansir dari laman Very Well Mind, kamu bisa melakukan 5 strategi ini yang bisa dilakukan. Check this out!

Manajemen Pengeluaran agar Bisa Jajan Sekaligus Menabung

stres, strategi
Menabung/pexels.com/cottonbro

Beauties, kamu mungkin pernah mengalami kondisi ketika merasa harus menabung, tetapi tetap ingin beli ini-itu. Namun ketika orang-orang di sekelilingmu nggak begitu, kamu mungkin akan berpikir “Kenapa aku harus menabung, dia saja tidak menabung tetap bisa menjalani hidupnya dengan baik.”

Hingga akhirnya kamu merasa dilema dan tertekan apakah ingin tetap disiplin menabung mulai tahun ini atau tidak. Untuk itu ada baiknya untuk memanajemen pengeluaran dengan baik.

Sehingga kamu akan tetap bisa membeli barang kebutuhan dan keinginanmu dan menabung untuk kebutuhan masa depan. Tentunya menabung untuk masa depan yang lebih baik, bukan berarti menyiksa diri, kan?

Lakukan Olahraga Secara Bertahap

stres, strategi
Olahraga/unspalsh.com/Fitsum Admasu

Kebanyakan orang berbondong-bondong membuat resolusi di tahun baru, salah satu yang paling umum yang bisa kamu temui adalah menjadikan badan lebih bugar dan bentuk yang ideal. Jika kamu ingin mulai mencoba datang ke tempat gym, cobalah datang dengan temanmu yang sudah memiliki intensitas yang cukup tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa melakukannya dengan menyewa jasa pelatih di pusat kebugaran. Dengan begitu, kamu jadi punya dorongan untuk berolahraga.

Mungkin akan lain cerita jika kamu melakukannya sendiri. Kamu, bisa jadi salah melakukan gerakan atau salah menggunakan alat kebugaran sebagaimana mestinya. Selain itu, motivasimu untuk menjadi bugar juga mungkin juga tidak akan bertahan lama.

Oh ya, lakukan juga secara bertahap, alias tidak perlu langsung menargetkan untuk olahraga setiap hari, tapi bisa dimulai dengan bertahap 3x seminggu dulu, Beauties.

Gunakan Strategi Pola Makan Sehat

stres, strategi
Stratega makan sehat/freepik.com/timolina

Kamu mungkin sudah pernah dengar, jika merasa tekanan itu dapat mempengaruhi pola makanmu. Bisanya kamu akan lebih banyak atau justru berkurang. Bahkan, kamu bisa menjadi tertekan karena mencoba makan dengan sehat.

Nah untuk mengatasinya, jangan langsung ubah semua menu makanmu menjadi organik dalam semalam! Kamu bisa memulainya secara perlahan dan teratur, untuk mengurangi gorengan misalnya, diganti dengan rebusan. Kemudian mengganti camilan, menjadi camilan yang sehat daripada yang instan.

Perfeksionisme Resolusi

stres, strategi
Perfect/unsplash.com/Brett Jordan

Tidak peduli seberapa spesifik keinginan yang ingin kamu capai. Resolusi tahun baru bisa membuatmu stres jika ditangani dengan menetapkan tujuan setinggi mungkin dan berusaha menggapainya dengan cara yang terburu-buru.

Misalnya begini “Oke, besok aku akan mulai olahraga secara rutin selama satu jam agar tubuhku bagus dan sehat.”. Hal inilah yang justru akan membuatmu lebih berpotensi untuk gagal, Beauties. Karena, orang akan cenderung malas atau menyerah jika sudah melakukan kegagalan di awal.

Nah, untuk mewujudkan tanpa harus mengalami tekanan, kamu perlu memulai dengan perubahan kecil tapi dilakukan secara konsisten. Misalnya, memulai mengubah pola hidup dengan bangun pagi setiap hari, kemudian jika sudah konsisten kamu bisa melanjutkannya dengan olahraga setiap pagi, mengatur pola makan dan lain sebagainya.

Menghentikan Kebiasaan yang Tidak Menyehatkan

stres, strategi
Merokok/unsplash.com/Andres Siimon

Dalam hal ini misalnya kamu yang ingin berhenti merokok. Para perokok aktif paham betul jika apa yang dia lakukan bukanlah hal yang sehat. Di sisi lain, kamu mungkin ingin berhenti merokok dan memulai pola hidup sehat, namun merasa kesulitan.

Hal ini dikarenakan para perokok aktif ini biasanya kerap melampiaskan tekanan yang ia lalui dengan menggunakan rokok. Jadi, ketika kamu ingin berhenti merokok namun merasa kesulitan, kamu justru akan merasa stres dan kembali merokok. Begitu seterusnya.

Untuk itu, akan lebih membantu jika kamu berkonsultasi pada dokter untuk mendapat beberapa terapi dalam mengatasi ketidaknyamanan pada hari-hari awal berhenti merokok.

Beauties, siapa pun ingin tujuannya tercapai. Namun, jika dalam perjalanannya kamu mengalami putus asa dan stres, jangan dulu menyerah. Karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menggapai tujuan.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE