sign up SIGN UP

Merasa Bahagia Tapi Batin Belum Puas? Cobain 6 Cara Ini untuk Menemukan Kunci Kebahagiaan yang Sesungguhnya

Retno Anggraini | Beautynesia
Minggu, 08 May 2022 13:00 WIB
Merasa Bahagia Tapi Batin Belum Puas? Cobain 6 Cara Ini untuk Menemukan Kunci Kebahagiaan yang Sesungguhnya
caption
Jakarta -

Beauties, sudahkah kamu merasa bahagia hari ini? Pernahkah kamu merasa bahagia tapi ada hal yang mengganjal? Seakan perasaan bahagia yang kamu rasakan tidak memuaskan batin? Bisa jadi, kamu belum menemukan dan merasakan bahagia yang sesungguhnya.

Kebahagiaan yang sesungguhnya adalah kebahagiaan yang dapat memberikan perasaan damai pada batin, terlepas dari bagaimana kondisi di luar. Merangkum dari Live Bold and Bloom, berikut adalah 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan kebahagiaan sesungguhnya.

Dikelilingi Orang yang Bisa Bikin Bahagia

Dikelilingi orang yang membuat bahagia
Dikelilingi orang yang membuat bahagia/Foto: Unsplash.com/Antonio Visalli

Penelitian menunjukkan bahwa manusia paling merasa puas ketika berada di sekitar orang-orang yang bahagia. Tetaplah bersama orang-orang yang memancarkan kegembiraan dan biarkan perasaan itu menular pada diri kamu.

Cobalah untuk melepas diri dari orang-orang yang memiliki aura negatif dan tidak menyenangkan. Jika kamu tidak bisa membiarkan mereka pergi sepenuhnya, kamu bisa coba untuk meminimalkan waktu bersama mereka.

Berhenti Khawatir

Berhenti merasa khawatir
Berhenti merasa khawatir/Foto: Unsplash.com/Helena Lopes

Semua orang selalu mengkhawatirkan sesuatu, tapi sebagian besar kekhawatiran tersebut tidak membuahkan hasil. Orang selalu mengkhawatirkan bagaimana masa depan mereka, padahal masa depan tidak ada yang tahu.

Jangan buang waktu kamu untuk memikirkan hal-hal di luar kendali, fokus saja pada situasi yang sedang dihadapi saat ini. Tetap terbuka pada hal-hal yang terjadi dalam hidup kamu dan anggaplah hal yang menanti kamu merupakan hal yang positif.

Jangan Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Jangan bandingkan diri
Jangan bandingkan diri/Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Hidup di zaman seperti sekarang rasanya sangat sulit untuk tidak merasa iri pada keberhasilan orang lain melalui media sosial. Namun, iri pada orang lain dan membandingkan diri dengan mereka hanya akan membuat kamu tidak bahagia.

Kamu harus ingat bahwa situasi setiap orang beda-beda. Daripada merasa iri, lebih baik gunakan keberhasilan orang lain sebagai inspirasi dan motivasi agar kamu segera bangkit.

Lupakan Masa Lalu

Melupakan masa lalu
Melupakan masa lalu/Foto: Unsplash.com/Nine koepfer

Berhenti memikirkan hal-hal yang terjadi di masa lalu. Jangan terobsesi pada hal-hal yang tidak bisa kamu ubah. Jalani hidup dengan bergerak maju dan fokus pada bagaimana cara kamu memperbaiki kehidupan saat ini.

Jika kamu memiliki luka mendalam atau trauma akibat masa lalu, segera berkonsultasi dengan orang yang tepat. Jangan biarkan trauma masa lalu menjadi penghalang kehidupanmu saat ini.

Temukan Pekerjaan yang Kamu Suka

Menemukan pekerjaan yang disukai
Menemukan pekerjaan yang disukai/Foto: Freepik.com/tirachardz

Jika kamu menemukan pekerjaan yang kamu suka, kamu tidak hanya bekerja untuk mendapatkan uang, tapi juga mendapatkan kepuasan batin. Tetap berada dalam pekerjaan yang tidak kamu sukai tidak akan memberikan kepuasan batin. Jadi, temukan pekerjaan yang kamu suka dan pekerjaan yang membuat kamu merasa dihormati serta dihargai.

Dengarkan Isi Hati

Mendengarkan isi hati
Mendengarkan isi hati/Foto: Unsplash.com/Radu Florin

Satu-satunya orang yang tahu apa yang bisa membuat kamu bahagia adalah kamu sendiri. Jangan lakukan sesuatu karena orang lain menganggap itu bagus untuk kamu. Awalnya mungkin sulit untuk mengikuti kata hati. Tapi dengan mengikuti kata hati, akan membuat beberapa perubahan dalam hidup kamu.

Lagi-lagi, kebahagiaan bukan sepenuhnya soal uang atau ketenaran. Hidup sederhana pun jika dilalui dengan penuh rasa syukur akan membuat batin kamu turut merasa bahagia. Selamat mencoba, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id