sign up SIGN UP

Tips Hidup dengan Penghasilan Harian Agar Tidak Seret dan Tetap Sejahtera

Dian Aprilia | Jumat, 29 Jan 2021 18:00 WIB
Tips Hidup dengan Penghasilan Harian Agar Tidak Seret dan Tetap Sejahtera
caption
Jakarta -

Apakah kamu termasuk orang dengan penghasilan harian? Jika kamu mengalaminya, tak perlu risau. Meski mendapatkan penghasilan harian, kamu tetap bisa mengatur penghasilanmu sebaik mereka yang mendapatkan gaji bulanan.

Salah satu tantangan berat bagi mereka yang berpenghasilan harian adalah ada kalanya saat-saat tak memiliki uang, saat perlu membayar tagihan atau biaya mendadak tertentu. Namun tenang saja, hal ini bisa diatasi jika kamu menerapkan langkah-langkah yang benar untuk mengatur penghasilanmu.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 cara atur keuangan untuk penghasilan harian:

Hitung Pemasukan Per Bulan

Gaji
Gaji/pexels.com

Berapa rata-rata gaji harian yang kamu dapatkan? Berapa kali kamu mendapatkan gaji harian per minggu? Nah dari data tersebut kamu bisa mengetahui total gaji yang kamu dapatkan dalam satu bulan. Setelah itu, coba kurangi dengan berbagai biaya pasti yang dikeluarkan per bulan.

Jika melalui perhitungan tersebut diketahui hasilnya minus atau kurang, maka solusi satu-satunya yang perlu dilakukan agar keuangan tetap lancar adalah mencari sumber penghasilan lain. Namun jika jumlah penghasilanmu mencukupi seluruh pengeluaran pasti bahkan berlebih, maka kamu bisa melangkah ke step selanjutnya.

Buat Rencana Pengeluaran

Rencana pengeluaran
Rencana pengeluaran/pexels.com

Setelah perkiraan di atas, maka langkah selanjutnya adalah membuat detail rencana pengeluaran per bulan. Mulai dari biaya makan, transportasi, pulsa, kebutuhan rutin sehari-hari, biaya listrik, air dan lainnya. Setelah semua pengeluaran pasti dan penting dibuat, maka selanjutnya kamu bisa memasukkan pengeluaran tambahan seperti, biaya untuk jalan-jalan, belanja keinginan, memberi hadiah dan lain-lain.

Pastikan tidak menghabiskan seluruh penghasilan untuk pengeluaran ya, sebab kita tidak akan tahu ke depan apakah ada kebutuhan mendadak yang tak diduga ataupun biaya-biaya mendesak lainnya.

Menabung

Menabung
Menabung/pexels.com

Nah, salah satu penyelamat bagi pekerja dengan penghasilan harian adalah tabungan. Tabungan memiliki peran yang sangat penting dan wajib dimiliki utamanya bagi pekerja dengan penghasilan harian. Sebab tabungan ini bisa menjadi dana talangan untuk memenuhi biaya-biaya tak terduga dan mendesak.

Nah kamu bisa menabung secara harian, sisihkan minimal 10% dari tabungan untuk dana darurat. Dana ini tentu tidak boleh dipakai sama sekali, kecuali alasan darurat seperti biaya kecelakaan, atau sebagai simpanan jika tiba-tiba di PHK dari perkerjaan dan yang lainnya.

Jangan konsumtif dan boros

Konsumtif
Konsumtif/pexels.com

Tips terakhir adalah jangan jadi konsumtif atau boros. Godaan paling besar orang yang berpenghasilan harian adalah mudah gelap mata dan membeli barang yang tidak begitu penting karena ada uang di tangan. Oleh sebab itu, kontrol diri dan disiplin memegang peranan penting agar kamu tidak konsumtif dan tetap pada track keuangan yang sehat.

Penghasilan harian tidak sepenuhnya buruk bagi cashflow keuangan, asalkan kamu cerdas mengelolanya dan memiliki kedisiplinan yang tinggi. Selamat mencoba semua tipsnya ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id