STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Nggak Harus Selalu Dihindari, Ini 3 Manfaat Rasa Takut yang Perlu Kamu Ketahui

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Senin, 07 Mar 2022 23:30 WIB
Nggak Harus Selalu Dihindari, Ini 3 Manfaat Rasa Takut yang Perlu Kamu Ketahui

Beauties, setuju nggak kalau semua orang pasti memiliki rasa takut? Misalnya, takut saat terjebak dalam situasi bahaya, takut ketinggian, takut berbicara di depan umum, takut gagal dalam ujian sekolah, takut menghadapi sidang skripsi, takut nonton film horor, dan lainnya. 

Sebagai salah satu jenis emosi manusia, rasa takut adalah hal paling dasar dan kuat. Emosi ini berperan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Namun, kebanyakan orang memandang rasa takut berdampak negatif sehingga harus dihindari. Faktanya, ketakutan juga memiliki berbagai manfaat, lho, Beauties.

Nah, apa saja, sih, manfaat rasa takut? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya. Yuk, simak!

Membantu Konsentrasi Agar Lebih Fokus

Ilustrasi seseorang yang sedang fokus bekerja/Foto: Freepik.com/lookstudio
Ilustrasi seseorang yang sedang fokus bekerja/Foto: Freepik.com/lookstudio

Saat memikirkan masa depan, kamu pasti akan merasa enggan dan takut. Cemas karena belum bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru, takut karena selalu demam panggung saat berbicara di depan umum, atau khawatir karena belum menemukan pasangan yang diharapkan. Jika perasaan tersebut mengganggumu, kamu dapat memanfaatkan rasa takut itu untuk fokus pada pekerjaan atau perencanaan yang perlu dilakukan.

Melansir dari Thriveyard, hal itu dikarenakan respon stres di otak akan dimulai saat kamu merasa takut. Kemudian, aliran adrenalin akan membanjiri otot dengan oksigen, sehingga memberikan kamu banyak stamina dan kekuatan di bawah tekanan. Yang berarti, kamu akan lebih fokus dan waspada terhadap situasi yang dianggap bahaya, serta kamu akan segera mempersiapkan diri untuk menghadapinya.  

Memotivasi Diri

Ilustrasi seseorang yang sedang memotivasi diri beradaptasi dengan lingkunang kerja yang baru/Foto: Pexels.com/Fauxels
Ilustrasi seseorang yang sedang memotivasi diri beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru/Foto: Pexels.com/Fauxels

Tidak hanya hormon adrenalin yang dilepaskan saat kamu merasa takut, hormon serotonin juga membantu otak bekerja lebih efisien sehingga ketakutan berubah menghasilkan energi.

Contohnya, jika kamu seorang pekerja kantoran dan menjalankan aktivitas bekerja yang sama setiap hari di dalam ruangan, kamu akan cepat terbiasa. Namun, ketika kamu ditempatkan sebagai pekerja lapangan, mungkin kamu cenderung akan merasa canggung dan takut sebab belum terbiasa. Maka, otak akan mulai merespon dan bekerja untuk memotivasi diri menghadapi tantangan baru.

Mengelola Stres dengan Baik

Ilustrasi seseorang yang  merasa tenang/Foto: Freepik.com/lifeforstock
Ilustrasi seseorang yang merasa tenang/Foto: Freepik.com/lifeforstock

Dikutip dari Adventure Collection, rasa takut dapat membantu mengelola stres dan membuat kamu merasa rileks. Secara umum, stres didasarkan pada rasa takut. Kamu akan khawatir ketika segala sesuatu tidak berjalan dengan benar atau seperti yang diinginkan dan diharapkan.

Saat fisik kita berada di bawah tekanan, tubuh dan otak akan membuat tingkat adrenalin dan dopamin lebih tinggi, yang akan mempercepat detak jantung dan tekanan darah. Selanjutnya, hal ini akan dipahami otak sebagai respon waspada, dan tubuh bersikap siaga. Kamu akan merasa tenang setelah menghadapi dan mengatasi ketakutan tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat rasa takut yang wajib kamu tahu ya, Beauties. Jika ternyata rasa takut yang kamu miliki berlebihan, kamu bisa segera berkonsultasi dengan para ahli atau psikolog untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE