Ouch! Ada Rekan Kerja 'Bermuka Dua' di Kantor? Tahan Dulu Emosi, Begini Tips Menghadapinya

Debby Diah Ekawati Erawan | Beautynesia
Selasa, 06 Dec 2022 07:45 WIB
Ouch! Ada Rekan Kerja 'Bermuka Dua' di Kantor? Tahan Dulu Emosi, Begini Tips Menghadapinya
Ilustrasi perempuan pekerja/Foto: Freepik/Freepik

Sulit untuk dihindari, seringkali di mana pun kantornya akan selalu ada sesuatu yang membuat kita tidak nyaman dan biasanya disebabkan oleh 'politik kantor'. Politik kantor ini juga biasanya disebabkan oleh rekan kerja yang ingin selalu terlihat paling menonjol di hadapan atasan.

Tak jarang hal ini membuat kita merasa jengkel. Tidak hanya jengkel, biasanya juga sampai membuat dilema, kalau diladeni hanya buang-buang energi, tapi, kalau dibiarkan malah akan jadi kebiasaan.

Jadi, bagaimana cara tepat untuk menghadapi rekan kerja yang bermuka dua saat di kantor?

1. 6 Tipe “Politisi Kantor” 

Enam Tipe Politisi Kantor/Foto: Freepik/cookie_studio
Enam Tipe 'Politisi Kantor'/Foto: Freepik/cookie_studio

Dilansir dari Business News Daily, ada 6 tipe “politisi kantor” yang mungkin kita temui:

Pemburu gosip: tipe orang yang tahu segalanya tentang hal yang terjadi di sekitar kantor dan senang berbagi setiap detail dengan siapa pun, baik secara langsung maupun di media sosial. Mereka cenderung mengabaikan etika di kantor.

Pencuri pujian: ada juga tipe orang yang akan melakukan apa saja untuk terlihat menonjol di kantor meskipun berarti mengambil pujian atas ide atau pekerjaan orang lain.

Penyanjung: kalau yang ini suka memberi pujian kepada siapa saja, tetapi sulit untuk mengetahui apakah pujian tersebut tulus ataukah hanya basa-basi belaka.

Penyabot: biasanya hanya bekerja untuk menguntungkan dirinya sendiri. Secara terang-terangan mengkritik orang lain dan tidak ragu untuk menjatuhkan rekan kerjanya.

Pelobi: tipe yang berjuang keras untuk bisa mempunyai reputasi untuk menggerakan pendapat demi keuntungan mereka. 

Penasihat: sering kali orang yang dipercaya pemimpin dan dimintai bantuan. 

Dari keenam tipe di atas, tipe apa yang ada di kantormu, Beauties? Lalu, bagaimana cara kita untuk menghadapi rekan kerja bermuka dua agar tidak terjebak dalam drama? Lanjutkan baca di halaman berikutnya, yuk.

Tips Hadapi Rekan Kerja Bermuka Dua di Kantor

Cara mengetahui orang yang diam-diam iri padamu/Foto: Freepik/@Racool_studio

Tips Hadapi Rekan Kerja Bermuka Dua di Kantor/Foto: Freepik/@Racool_studio

2. Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Bermuka Dua

Meski tidak dapat dimungkiri jika menghadapi rekan kerja yang bermuka dua rasanya ingin membalasnya, ya, Beauties. Eits, tapi ada cara yang lebih aman plus bijaksana untuk menghadapi rekan kerja bermuka dua dan tidak merugikan pihak lain. Apa saja tipsnya?

1. Kembangkan Keterampilan Baru

Masih dari Business News Daily, mengembangkan keterampilan baru merupakan ide yang bagus dan tidak pernah ketinggalan zaman. Justru, dengan memiliki berbagai keterampilan akan meminimalisir kita untuk menjadi korban politik kantor. Karena kita dipercaya oleh atasan ya karena tiada lain kemampuan yang kita miliki.

2. Bisa Diandalkan

Menjadi orang yang bisa diandalkan bisa menjadi tameng untuk mencegah kita terjebak dalam “drama kantor”. Tetap usahakan yang terbaik dan biarkan kinerjamu yang berbicara. Mungkin akan ada saja saatnya orang lain mencoba memanfaatkan situasi dan menyalahkan kita, untuk itulah bekerja sesuai pekerjaanmu dan melakukannya dengan semaksimal mungkin akan mengurangi kesalahan yang mungkin akan timbul.

 

Tips Hadapi Rekan Kerja yang Bermuka Dua/Foto: Freepik/freepikTips Hadapi Rekan Kerja yang Bermuka Dua/Foto: Freepik/freepik

3. Membangun Hubungan Kerja yang Positif

Melansir dari Butter Up, memiliki hubungan kerja yang positif juga sangat dibutuhkan, mengapa? Karena jika ada suatu permasalahan, loyalitas dan hubungan baik yang kita miliki dengan rekan kerja akan “menyelamatkan” kita.

4. Tetap Profesional

Bersikap ramah dan menghormati rekan kerja memang harus, tetapi ada garis tipis antara bersosialisasi dan berbagi secara berlebihan. Terlalu menginformasikan diri bisa menjadi bumerang untukmu di kemudian hari. Adanya batasan bisa membuat kita terhindar dari drama yang muncul dan mencegah kita dimanfaatkan oleh rekan kerja, Beauties.

5. Bersikap Berani

Memang cukup sulit untuk menjadi berani dan secara lantang mengemukakan pendapat yang dimiliki agar didengar. Namun, mengetahui kapan dan bagaimana cara untuk membela diri sendiri merupakan keterampilan yang harus dimiliki. Saat kita mampu dengan tegas melawan hal yang tidak benar atau tidak adil akan menunjukkan kekuatan kita dan mengurangi kecenderungan rekan kerja mengganggu kita.

Kita mungkin tidak bisa selalu menghindar dari kemungkinan adanya rekan kerja yang justru akan banyak membuat kita terjebak di tengah drama. Oleh karena itu, kita perlu memiliki kemampuan untuk menghadapinya secara bijaksana. Semoga tips ini bisa membantumu, ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE