STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Peduli Pada Anak, Ini 5 Negara dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Selasa, 02 Aug 2022 09:15 WIB
Peduli Pada Anak, Ini 5 Negara dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia

Setiap orangtua menginginkan anaknya bisa mengenyam pendidikan dengan kualitas terbaik. Melalui pendidikan, anak bisa menggapai mimpinya. Meskipun di setiap negara memiliki peraturan yang berbeda-beda tentang pendidikan, namun tujuannya tetap sama, yaitu memberikan kualitas kehidupan kepada anak untuk masa depannya yang lebih baik.

Mengingat adanya perbedaan tentang peraturan hingga sistem pendidikan di berbagai negara maka ada beberapa negara dengan kualitas pendidikan anak terbaik di dunia. Negara-negara tersebut tentunya merupakan negara yang sudah maju sehingga bisa memiliki sistem pendidikan yang baik dan profesional.

Nah, kira-kira negara mana saja ya, Beauties yang peduli pada pendidikan anak? Merangkum dari Smapse Education, berikut 5 negara yang peduli pada pendidikan anak dan memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia. Yuk, intip!

Norwegia

Ilustrasi pembelajaran di kelas
Ilustrasi pembelajaran di kelas/Foto: Pexels/RODNAE Productions

Tahukah kamu, Beauties? Norwegia menjadi negara yang memiliki sejumlah besar komunitas internasional ramah anak di dunia. Selain itu, Norwegia juga berada di posisi kesembilan dalam peringkat OECD (Organization for Economic Cooperation and Development in Education and Science) atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah sebuah Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan dalam Pendidikan dan Sains.

Jika dibandingkan dengan negara lain di Eropa, pada dasarnya Norwegia memiliki sistem pendidikan yang hampir sama. Namun, di Norwegia, anak menjadi pusat perhatian utama yang mana mereka difokuskan pada bakat dan minatnya.

Selain itu pemerintah di Norwegia memberikan dukungan penuh kepada rakyatnya, yang mana mereka tidak dibedakan dalam hal mengenyam pendidikan berdasarkan latar belakang sosial, budaya, maupun wilayahnya. Itulah mengapa sistem pendidikan di Norwegia setiap tahunnya selalu menempati posisi 10 besar di dunia.

Irlandia

Ilustrasi kegiatan belajar mengajar
Ilustrasi kegiatan belajar mengajar/Foto: Pexels/Thirdman

Masih di negara Eropa, kali ini datang dari negara Irlandia. Irlandia juga menjadi negara dengan kualitas pendidikan anak terbaik di dunia. Bahkan kabarnya, Irlandia telah masuk ke dalam peringkat 10 besar negara dengan pendidikan terbaik di dunia.

Irlandia telah menyediakan tunjangan khusus untuk para orangtua yang tinggal atau bekerja di sana agar bisa memberikan perawatan kepada anaknya hingga usia 18 tahun. Jika anak memasuki pendidikan penuh waktu sebelum usia dewasanya maka para orangtua berhak untuk meminta kompensasi atas biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan.

Selain itu, Irlandia telah mengembangkan Program Keselamatan Anak, khusus untuk membantu menghindari cedera tidak terduga hingga untuk melindungi anak-anak dari pelecehan.

Swiss

Ilustrasi guru yang sedang mengajarkan muridnya
Ilustrasi guru yang sedang mengajarkan muridnya/Foto: Pexels/Thirdman

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan negara Swiss? Negara yang dijuluki sebagai negara terbersih dan terindah di dunia itu ternyata juga memiliki sistem pendidikan anak terbaik di dunia lho, Beauties!

Saking terbaiknya, hanya 5 persen anak-anak yang bersekolah di sekolahan swasta. Sistem pendidikan di Swiss adalah memberikan pelajaran dasar yang sama hingga lulus dari Sekolah Dasar (SD). Barulah ketika memasuki sekolah menengah, anak-anak akan dikelompokkan berdasarkan minat dan bakat agar bisa lebih fokus belajar.

Islandia

Ilustrasi pembelajaran di kelas
Ilustrasi pembelajaran di kelas/Foto: Pexels/Yan Krukov

Menurut indeks OECD, Islandia memiliki 9,8 poin dari 10 dalam hal tingkat kondisi kehidupan yang menguntungkan dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Tercatat juga bahwa rata-rata populasi di Islandia adalah orang yang memiliki pendidikan menengah. Ini artinya Islandia memiliki kualitas pendidikan yang baik di dunia.

Untuk sistem pendidikannya, Islandia memberikan hak yang sama kepada rakyatnya, yang mana setiap orang harus memiliki kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan, terlepas dari jenis kelamin, status ekonomi, agama, latar belakang budaya atau sosial, dan wilayah tempat tinggalnya.

Finlandia

Ilustrasi pembelajaran di kelas
Ilustrasi pembelajaran di kelas/Foto: Pexels/Max Fischer

Sistem pendidikan di Finlandia menjadi sistem pendidikan terbaik di dunia. Saking terbaiknya, Finlandia berhasil menempati peringkat kedua di dunia menurut OECD. Menjadi negara dengan predikat pendidikan terbaik di dunia ternyata Finlandia memiliki rahasia dalam sistem pendidikannya. Nah, kira-kira apa ya rahasianya?

Sistem pendidikan di Finlandia adalah tidak memberlakukan pemeringkatan institusi pendidikan dan merupakan sistem inklusif. Semua pelajar memiliki hak yang sama dalam hal pendidikan. Melalui sistem tersebut maka tidak ada pembagian kelas menurut kompetensi akademis maupun bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus.

Untuk masa pembelajarannya dimulai pada bulan Agustus dan berakhir di bulan Juni dengan total 190 hari. Anak-anak hanya bersekolah selama lima hari dalam seminggu dengan jumlah pelajaran berkisar antara 19-30 per minggunya. Itu pun tergantung dari tingkat pembelajaran serta jumlah kelas pilihan yang diambil.

Nah, Beauties itulah tadi 5 negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Tertarik untuk mencoba?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE