STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Peringati Hari Guru Nasional: Ini 5 Momen Berharga yang Kerap Dirasakan Setiap Guru

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Jumat, 25 Nov 2022 06:30 WIB
Peringati Hari Guru Nasional: Ini 5 Momen Berharga yang Kerap Dirasakan Setiap Guru
5 momen berharga yang dirasakan setiap guru/ Foto: Freepik.com/pressfoto

Setiap 25 November diperingati sebagai ‘Hari Guru Nasional’. Tepat pada 2022 ini, peringatan Hari Guru Nasional sudah memasuki usia 77 tahun. Peringatan Hari Guru Nasional ini merupakan momentum yang pas untuk menelusuri kembali arti penting peran guru dalam kemajuan suatu bangsa, Beauties. Bagaimana tidak, didikan dari para guru merupakan salah satu bekal berharga dalam mempersiapkan generasi masa depan yang cerdas.

Masih terkait dengan hal itu, poin yang tidak bisa dilupakan adalah bagaimana proses dalam mendidik itu berlangsung. Guru sebagai sosok yang bersentuhan langsung dengan siswa di kelas umumnya memiliki serangkaian momen berharga yang dapat dirasakan. Dikutip dari laman Point to Point Education, berikut adalah beberapa momen berharga yang dirasakan setiap guru.

Sekilas tentang Profesi Guru

Ilustrasi guru baik/ Foto: Freepik.com/pressfoto
Ilustrasi guru/ Foto: Freepik.com/pressfoto

Menjadi guru adalah profesi yang mulia. Seorang guru secara umum akan selalu berusaha membantu anak-anak didiknya, tidak hanya melalui keterampilan pendidikan berupa keahlian matematika, membaca dan sains. Lebih dari itu, guru juga turut membantu dalam mengupayakan pembangunan karakter anak meliputi rasa tanggung jawab, keterampilan analitis dan membangun kepercayaan diri.

Tidak ada yang membuat seorang guru lebih bangga daripada melihat siswa-siswinya berhasil. Oleh karenanya, tidak jarang kita temui sosok-sosok guru yang begitu menikmati karir mengajar mereka. Mereka memahami bahwa profesi yang sedang dijalani adalah bentuk estafet keilmuwan yang akan berguna sampai kapan pun.

Berikut adalah beberapa momen berharga yang dirasakan setiap guru.

1. Bekerja dalam Suasana Kreatif dan Menyenangkan

Ilustrasi guru menyenangkan/ Foto: Freepik.com/bell_ka_pang
Ilustrasi guru menyenangkan/ Foto: Freepik.com/bell_ka_pang

 Menjadi seorang guru juga berarti bahwa ada sisi kreativitas yang harus dibawa di ruang kelas. Mengapa demikian? Karena guru dituntut dapat menciptakan ruang kelas yang menyenangkan dan melahirkan semangat anak-anak untuk belajar.

Oleh karena itulah, pikiran guru akan selalu diselimuti ide-ide kreatif. Guru juga memiliki keleluasaan dalam menciptakan suasana belajar menyenangkan, baik itu dengan penggunaan media, model, bahan ajar dan lainnya.

2. Setiap Hari Berbeda dan Menyenangkan

Ilustrasi mengajari siswa/ Foto: Freepik.com/pressfoto
Ilustrasi mengajari siswa/ Foto: Freepik.com/pressfoto

Guru yang melakoni aktivitas mengajar bisa merasakan bahwa hampir tidak ada hari yang sama. Ya, artinya di sini adalah bahwa setiap hal yang diajarkan dari hari demi hari dapat terus berubah. Demikian pula dengan desain pembelajarannya.

Guru akan dihadapkan dengan hari berbeda, saat mereka harus menilai tugas dengan materi berbeda, mengajar dengan materi berbeda, mendesain pembelajaran dengan cara berbeda dan mengikuti serta mengevaluasi perkembangan siswa terus menerus. 

3. Membuat Proses Belajar yang Menyenangkan

Ilustrasi guru mengajar/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Ilustrasi guru mengajar/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

 Guru paham bahwa siswa-siswi yang datang ke kelas membutuhkan proses belajar menyenangkan agar sekolah benar-benar bisa dimaknai sebagai rumah kedua. Untuk itulah, guru biasanya akan selalu berupaya menghadirkan proses belajar yang menyenangkan.

Tidak ada yang lebih baik bagi seorang guru daripada melihat siswa-siswinya bersemangat untuk belajar. Dalam upaya menghadirkan pembelajaran menyenangkan itu, biasanya guru akan memilih metode dan model tertentu yang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan.

4. Ikut Andil dalam Masa Depan

Ilustrasi guru senang/ Foto: Freepik.com/benzoix
Ilustrasi guru senang/ Foto: Freepik.com/benzoix

Sebagai seorang guru, kamu akan turut andil dalam masa depan anak-anak didikmu. Ya, terutama masa depan anak-anak didik yang diajar. Hal itu terjadi lewat proses pembelajaran yang membekalkan anak-anak keterampilan yang mereka butuhkan untuk terjun ke dunia luar.

Tidak peduli pada tingkatan apa kamu mengajar dan topik apa yang kamu ajarkan. Semua itu akan berguna sebab tidak ada ilmu yang sia-sia. Akumulasi bekal keilmuwan yang diajarkan guru akan membentuk anak lebih siap menghadapi masa depannya.

5. Membantu Siswa Membangun Kepercayaan Diri

Ilustrasi guru dan anak didik/ Foto: Freepik.com/tirachard
Ilustrasi guru dan anak didik/ Foto: Freepik.com/tirachard

Guru tidak hanya bertugas mengajar. Lebih dari itu, guru memiliki peran strategis untuk memberikan motivasi maupun dorongan kepada anak-anak didiknya. Guru memahami bahwa setiap siswa memiliki sisi unik, kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Saat siswa mengalami kesulitan di satu materi atau pelajaran, maka di saat itulah guru siap membantu untuk memberi pemahaman. Hal ini dapat membantu siswa untuk mendapatkan kepercayaan diri yang lebih baik.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE