sign up SIGN UP

Perlahan, Warga Korea Tinggalkan KFC dan McDonald's! Ada Apa?

Tim Redaksi CNBC | Beautynesia
Sabtu, 02 Jul 2022 08:15 WIB
Perlahan, Warga Korea Tinggalkan KFC dan McDonald's! Ada Apa?
caption
Jakarta -

Warga Negeri Gingseng, Korea Selatan, perlahan mulai meninggalkan restoran siap saji seperti McDonald's, KFC, dan Burger King. Kondisi ini pun membuat banyak restoran siap saji sedang mengalami masa-masa sulitnya.

Dihimpun dari Korea Times, kondisi ini terjadi akibat pergeseran selera masyarakat. Pasalnya, kini Warga Korea cenderung menyukai makanan sehat. Ditambah populasi penduduk Korea Selatan semakin menurun secara signifikan dan bikin daya jual beli mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Fast foodIlustrasi fast food./ Foto: Getty Images/SolStock

Alasan ini pula yang membuat pengusaha enggan ambil alih hal menjalankan waralaba fast food. Pun kalau ada, menurut pakar industri mengatakan bahwa perusahaan mungkin akan kesulitan menawarkan harga lebih tinggi.

"Meningkatnya biaya bahan dan tenaga kerja adalah risiko besar, karena sulit bagi rantai makanan cepat saji untuk menaikkan harga demi mengimbangi kenaikan biaya mereka," kata seorang eksekutif perusahaan ekuitas swasta domestik (PEF), yang mengkhususkan diri dalam pembelian waralaba makanan dan minuman (F&B), dikutip dari CNBC Indonesia.

Waralaba Tidak Punya Pilihan

Imbas kondisi ini, menurut para analis, waralaba makanan cepat sahi di Korea kini tak punya pilihan selain menjual unit usahanya tahun ini untuk menghindari kondisi pasar yang lebih buruk, setidaknya di tahun depan.

Close up of a depressed Caucasian young woman sitting at home, reading some bad news on her smart phone, feeling sad and worriedIlustrasi sedih./ Foto: Getty Images/Ivan Pantic

"Saya mendengar bahwa KG Group telah menyesali akuisisi KFC Korea," katanya.

Penyesalan ini berasal dari kerugian yang dialami KG Group usai ambil alih operasi dari CVC Capital Partners. Kerugian yang dialami penurunan nilai modal pada 2020.

Nasib McDonald's

Untuk nasib McDonald's selanjutnya, bisa kamu BACA DI SINI, ya, Beauties. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id