sign up SIGN UP

Menurut Data, Negara Ini Punya Menu McDonald's Paling Nggak Sehat Sedunia! Wow!

Febriyani Frisca Rahmania | Beautynesia
Jumat, 01 Jul 2022 08:45 WIB
Menurut Data, Negara Ini Punya Menu McDonald's Paling Nggak Sehat Sedunia! Wow!
caption
Jakarta -

Hingga pertengahan 2022, McDonald's memiliki sekitar 37 ribu outlet yang tersebar di 120 negara di dunia. Dari seluruh negara, McDondald's diketahui memiliki variasi menu yang signifikan. Biasanya, disesuaikan dengan kultur masyarakatnya.

Dengan demikian, satu menu populer di sebuah negara belum tentu ada di negara tetangga. Namun, dari sekian banyak varian menu di seluruh dunia, ternyata McDonald's memiliki panel nutrisi yang berbeda pula di setiap negara, terutama pada menu klasik mereka, seperti Big Mac, French Fries, dan Chicken Nuggets.

Ilustrasi kentang goreng dan saus tomat/Pexels.com/Alena ShekhovtcovaIlustrasi kentang goreng. (Foto: Pexels.com/Alena Shekhovtcova) / Foto: Dians Marfuah

Melibatkan Menu di 33 Negara

Fakta ini berasal dari NiceRx, sebuah perusahaan perawatan kesehatan online. Mereka mengutip informasi nutrisi yang tersedia di website McDonald's untuk menentukan negara dengan produk McDonald's "paling tidak sehat".

Ilustrasi burger McDonald's.Ilustrasi burger McDonald's./ Foto: Getty Images/StefaNikolic

Dikutip dari Eat This, analisis ini melibatkan menu di 33 negara untuk kemudian dibandingkan dan diberi peringkat dalam hal jumlah kalori, kandungan garam, dan kandungan lemak jenuh.

3 Negara Ini Punya Menu McDonald's Paling Nggak Sehat

Dari 33 negara yang dilibatkan, rupanya Jepang diklaim sebagai negara dengan menu McDonald's paling berkalori di dunia, yaitu 989 kalori untuk Big Mac, kentang goreng ukuran sedang, dan satu Chicken McNugget yang digabung.

Data menunjukkan fakta menarik. Big Mac Jepang, yang diketahui memiliki ukuran paling besar dari dua menu lainnya, rupanya memiliki kalori lebih kecil dari kentang goreng. Ya, dalam hal ini, kentang goreng ukuran sedang memiliki 410 kalori dan McNugget berkalori dengan 54 kalori per pop.

Ilustrasi burger/Pexels.com/Photo by Daniel RecheIlustrasi burger / Pexels.com/Photo by Daniel Rechel

Fakta menarik lainnya, kentang goreng ukuran sedang McDonald's Jepang memiliki kalori lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara lain. Di urutan kedua, ada Kanada dengan 962 kalori, dan Korea Selatan ada di urutan ketiga dengan 958 kalori.

Lemak Jenuh dan Garam Menu McDonald's

Jika Jepang memiliki menu McDonald's dengan kalori tertinggi, Turki menduduki peringkat nomor satu untuk urusan lemak jenuh tertinggi. Dikutip dari Eat This, keseluruhan lemak jenuh untuk ketiga menu yang sama berjumlah 22,2 gram. Kemudian disusul Meksiko dengan 14,02 gram, dan Selandia Baru dengan 13,48 gram.

Kentang gorengKentang goreng. (Foto: Freepik.com/jcomp) 

Selain itu, Turki juga terpantau memiliki makanan McDonald's yang "paling tidak sehat" soal kandungan garam, dengan jumlah keseluruhan 4,5 gram untuk ketiga menu tersebut. Kandungan garam menu McDonald's Turki lebih besar dari menu McDonad's Jepang yang hanya 3,66 gram dan Selandia Baru sejumlah 3,54 gram.

Negara dengan Menu McDonald's 'Tersehat'

Perbandingan menu klasik McDonald's dari 33 negara juga menghasilkan menu 'paling sehat' di dunia, dan kamu bisa menemukannya di McDonald's Israel. Menu-menu di McDonald's Israel menempati peringkat terendah, baik dari jumlah kalori, kandungan garam, maupun lemak jenuh. 

Tertarik coba menu McDonald's 'paling sehat'? Mari ke Israel! :D

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id