sign up SIGN UP

Putus Cinta? Lakukan 4 Terapi Ini untuk Mengatasi Rasa Cemas Pasca Putus Cinta

Intan Dwi | Kamis, 17 Dec 2020 19:00 WIB
Putus Cinta? Lakukan 4 Terapi Ini untuk Mengatasi Rasa Cemas Pasca Putus Cinta
caption
Jakarta -

Putus cinta memang bukanlah pengalaman yang menyenangkan bagi semua orang. Setelah mengakhiri suatu hubungan mereka juga tidak mudah untuk melupakan sang mantan. Selain itu, kenangan yang sudah dilewati bersama juga menjadi satu hal yang sulit dilupakan.

Meski sudah merasa yakin bahwa putus adalah langkah yang tepat, tetapi menyesuaikan kembali dengan perasaan normal yang baru tetap membutuhkan waktu.

Setelah mengalami perpisahan banyak orang yang kacau dan menjadi emosional, bahkan tingkat kecemasan bisa lebih tinggi dari biasanya. Berikut ini adalah tips terapi yang bisa kamu coba lakukan untuk mengatasi rasa cemas setelah putus cinta.

Mengenali Sumber Kecemasan

Karena kecemasan bukanlah satu ukuran untuk semua, penting untuk meluangkan waktu kamu untuk menganalisis dari segi mana proses pasca putus yang paling menyebabkan kamu tertekan.
Mengenali Sumber Kecemasan/freepik.com

Karena kecemasan bukanlah satu ukuran untuk semua, penting untuk meluangkan waktu kamu untuk menganalisis dari segi mana proses pasca putus yang paling menyebabkan kamu tertekan. Sangat mudah untuk merasakan kecemasan, tapi semakin spesifik kamu mengetahui tentang apa yang kamu cemaskan maka semakin mudah untuk mengatasi dan mengelola rasa cemas yang dialami.

Mengidentifikasi atau mengenali sumber kecemasan harus dilakukan sesegera mungkin, karena kalau membiarkan rasa cemas terlalu lama bisa membuatnya meresap ke area yang tidak terkait dalam hidup kamu.

Mulailah Awal yang Baru

. Padahal sebenarnya putus cinta juga bisa memberikan kesempatan untuk diri sendiri dengan memulai semuanya lagi.
Mulailah Awal yang Baru/freepik.com

Setelah memilih mengakhiri hubungan, memang kita biasanya terlalu fokus dengan kehilangan seseorang. Padahal sebenarnya putus cinta juga bisa memberikan kesempatan untuk diri sendiri dengan memulai semuanya lagi.

Merangkul realitas baru kamu dengan kebiasaan yang dapat membantu kamu merasa lebih baik selama masa yang tidak pasti ini adalah kuncinya. Coba pertimbangkan untuk membuat perubahan dalam hidup kamu untuk meningkatkan rasa tenang dan kesejahteraan.

Ciptakan ruang yang baru di tempat tinggal agar terlihat berbeda dan dirancang untuk fokus pada babak baru. Kamu bisa memilih ingin mendekorasi ulang atau membeli barang-barang baru untuk mendapatkan energi segar. Kamu jangan khawatir, karena ada begitu banyak cara untuk membuka lembaran baru.

Bersandar Pada Sahabat dan Keluarga untuk Dukungan

sekarang adalah saatnya untuk bertemu dan bersandarlah ke sahabat dan keluraga kamu untuk mendapatkan dukungan ekstra.
Bersandar Pada Sahabat dan Keluarga untuk Dukungan/freepik.com

Rasa kesepian yang tiba-tiba datang karena harus kembali beradaptasi ke kehidupan lajang bukanlah suatu hal yang mudah. Nah, sekarang adalah saatnya untuk bertemu dan bersandarlah ke sahabat dan keluraga kamu untuk mendapatkan dukungan ekstra.

Coba untuk menghabiskan waktu bersama sahabat dan keluarga, biarkan mereka tahu apa yang kamu alami dan biarkan hubungan sosial kamu saat bersama mereka mengurangi kecemasan kamu. Memang bergaul dengan sahabat tidak akan menyembuhkan segalanya, tetapi ini bisa menjadi cara baik untuk mengatasi masalah kecemasan kamu.

Beri Ruang dan Waktu untuk Merefleksikan Diri

Kesalahan terbesar yang dapat kamu lakukan setelah putus cinta adalah mengabaikan rasa cemas dan yang kamu rasakan.
Beri Ruang dan Waktu untuk Merefleksikan Diri/pexels.com

Ketika merasakan emosi yang kompleks setelah putus cinta, merefleksikan implikasi yang lebih dalam dari kecemasan kamu dan apa yang mungkin diungkapkannya tentang pola pikir kamu merupakan kuncinya. Kesalahan terbesar yang dapat kamu lakukan setelah putus cinta adalah mengabaikan rasa cemas dan yang kamu rasakan.

Kenyataannya adalah kecemasan memberikan kamu informasi mengenai bagaimana kamu melihat hubungan itu, mantan kamu, diri sendiri dan masa depan kamu. Meskipun melakukan hal ini bisa menyakitkan dan menakutkan, tapi dengan melalui langkah ini bisa mengurangi kecemasan di situasi seperti ini.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id