STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

#MERDEKADARISTIGMA

Stop Katakan 'Percuma' Sekolah Tinggi, Ini Alasan Mengapa Perempuan Harus Berpendidikan!

Yemima Prasetya Christiana Putri | Beautynesia
Senin, 08 Aug 2022 08:30 WIB
Stop Katakan 'Percuma' Sekolah Tinggi, Ini Alasan Mengapa Perempuan Harus Berpendidikan!

Menjadi perempuan merupakan sebuah hal yang patut untuk disyukuri. Sebab, hanya melalui rahim perempuan setiap keturunan lahir dan yang akan menjadi penerus bangsa.

Saat seorang perempuan sudah menjadi ibu, perannya pun akan berlipat ganda, sebagai seorang menantu, istri, dan ibu untuk anaknya. Maka, hati dan pikiran yang bijaksana sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan peran tersebut.

Menjadi seorang ibu tidaklah sekedar melahirkan keturunan, memasak, serta melayani keluarga. Namun, ibu memiliki peran terbesar dalam mendidik anak dan ibu merupakan guru pertama bagi anaknya. Karena melalui ibu kita belajar berbicara, mengenal banyak hal baru, dan belajar bagaimana kita bertahan hidup.

Napoleon Bonaparte pada abad ke 18 pernah berkata “Beri saya ibu yang berpendidikan, saya akan menjanjikan lahirnya bangsa yang beradab dan berpendidikan.”

Kalimat ini memiliki arti yang sangat dalam, bahwa munculnya penerus bangsa yang hebat dimulai dari ibu yang berpendidikan. Tetapi, sering kali kita mendengar kalimat negatif yang menjatuhkan impian para perempuan seperti, “Untuk apa menempuh pendidikan tinggi jika ujung-ujungnya hanya mengurus rumah tangga saja,”.

Stigma negatif yang sering terdengar di tengah-tengah masyarakat tersebut membuat para perempuan merasa rendah diri dan tak berguna. Oleh karena itu, mari kita tekankan pada diri kita bahwa pendidikan sangatlah penting bagi para perempuan. Karena perempuanlah yang akan melahirkan penerus bangsa yang hebat.

Agar pikiran kita tidak terkecoh dengan stigma negatif tersebut, mari kita pahami alasan mengapa perempuan harus berpendidikan tinggi berikut ini. Simak yuk!

Pentingnya Peran Seorang Ibu sebagai Tenaga Pendidik

pentingnya peran seorang ibu dalam mendidik anak (Foto: freepik.com/Lifestylememory)
mendidik anak (freepik.com/Lifestylememory)

Mungkin kita merasa kurang beruntung karena tidak tinggal di negara maju, melainkan negara berkembang yang mana kualitas pendidikan masih jauh dari harapan anak. Namun, kita tidak boleh terlalu sempit dalam berpikir.

Jika kita tidak mampu sekolah tinggi dengan biaya yang mahal, datanglah ke perpustakaan setempat dan pelajari setiap ilmu melalui buku-buku yang merupakan jendela dunia. Selain itu, canggihnya teknologi masa kini tidak akan menjadi penghambat bagi setiap orang untuk belajar. Kita bisa mempelajari ilmu agama hingga tata surya jika mau menggunakan internet secara maksimal.

Ibu sangat berpengaruh dalam setiap fase kehidupan seorang anak. Di balik anak yang cerdas, entah dalam hal akademik dan non-akademik pasti ada seorang ibu yang hebat di belakangnya.

Seorang ibu yang cerdas pasti dapat mengajarkan ilmu agama hingga pelajaran berhitung dengan bijaksana. Tak jarang setiap anak yang dididik oleh ibu yang cerdas, akan selalu terngiang-ngiang metode pembelajaran yang diajarkan oleh sang ibu. Biasanya, apa yang dilakukan anak di luar rumah merupakan hasil dari pendidikan ibu dari rumah.

Pentingnya Pendidikan di Tahun-tahun Pendidikan Anak

seorang ibu memiliki peran yang penting dalam mendidikan anak (Foto: freepik.com/senivpetro)
mempelajari hal baru bersama ibu (freepik.com/senivpetro)

Setiap anak memiliki fase perkembangan setiap tahunnya. Peran seorang ibu sangatlah penting saat anak sedang melalui masa golden age (usia 0-5 tahun) yang merupakan tahapan terpenting dalam kehidupan, hingga masa remaja yang masih labil dalam menemukan jati diri. Pengetahuan tentang ilmu psikologi anak serta ilmu parenting sangatlah diperlukan untuk mendidik dan menentukan karakter anak di masa depan. Karenanya, banyak membaca buku dan tekun mempelajari ilmu baru sangatlah diperlukan oleh seorang ibu.

Anak merupakan seorang pengamat yang baik, maka ciptakanlah suasana rumah dengan sentuhan-sentuhan ilmu seperti mengajak anak membaca buku cerita, mengenalkan berbagai kesenian, dan saling bercerita tentang kehidupan sehari-hari. Sebuah studi di New York University menemukan bahwa ibu yang berpendidikan membantu anak-anak berhasil di sekolah, baik melalui prestasi, perilaku, dan hubungan sosialnya.

Ibu yang Berpendidikan adalah Jaminan Bagi Setiap Keturunannya

pentingnya mengajarkan budaya membaca pada anak (Foto: freepik.com/gpointstudio)
membaca bersama ibu (freepik.com/gpointstudio)

Seorang ibu yang berpendidikan tidak hanya memastikan apakah anaknya sekolah atau tidak, tapi juga akan memberikan lingkungan rumah yang mendukung dan memperkuat ilmu apa yang telah dipelajari anak di sekolah dari rumah. Sebaliknya, ibu yang tidak terlalu antusias dengan pentingnya pendidikan, akan terlihat masa bodoh saat anaknya pulang sekolah dan kurang mendukung anaknya untuk memperoleh pendidikan yang tinggi. Ibu yang kurang berpendidikan biasanya tidak terlalu antusias dengan cita-cita tinggi seorang anak karena lingkup pengetahuannya terbatas.

Sangat terlihat jelas bahwa ibu yang berpendidikan merupakan jaminan bagi kesuksesan anaknya di masa depan. Sebab, ibu yang berpendidikan akan mengajarkan anak tentang kemampuan berpikir, menyelesaikan masalah, serta mengembangkan kreativitas untuk mencapai masa depan yang penuh harapan. Dan saat anak beranjak dewasa nanti, hasil dari pendidikan ibu di rumah akan nampak saat anak mampu mengatasi setiap permasalahan yang menghadang.

Jadi, masihkah beranggapan bahwa pendidikan tidak penting bagi seorang ibu rumah tangga? Jauhkanlah pikiranmu dari stigma negatif di tengah kehidupan kita dan jangan biarkan hal tersebut merusak impian kita. Be smart and positive, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE