sign up SIGN UP

Saat Mulai Overthinking Hingga Susah Tidur, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Perlu Segera Kamu Lakukan!

Rani Mutiara | Jumat, 22 Oct 2021 23:00 WIB
Saat Mulai Overthinking Hingga Susah Tidur, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Perlu Segera Kamu Lakukan!
caption

Bisa tidur dengan nyenyak merupakan suatu hal yang menyenangkan untuk banyak orang. Terutama saat sudah mulai dewasa, biasanya berbagai macam masalah, hingga overthinking menyebabkan sulit tidur.

Berbagai cara pun telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur, mulai dari pewangi ruangan untuk membuat tubuh lebih rileks, mengisi kamar agar lebih membuat kita nyenyak tidur, sampai menyetel musik sekalipun. Namun, saat hal-hal ini tidak bekerja padamu, ada baiknya untukmu mencoba 5 kebiasaan sederhana ini sebelum tidur, Beauties!

5 Kebiasaan Sederhana Ini Jarang Disadari, Padahal Sangat Membantu Tidur Lebih Nyenyak!

Beauties, inilah dia 5 hal gampang alias sederhana yang bisa kamu lakukan sebelum tidur supaya lebih nyenyak dan mudah terlelap.

1. Mandi Sebelum Tidur

Mandi bisa membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas | Foto: freepik.com/gpointstudio
Mandi bisa membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas | Foto: freepik.com/gpointstudio

Biasanya sehabis sibuk seharian, banyak dari kita yang memilih untuk langsung tidur tanpa membersihkan badan terlebih dahulu. Kebiasaan ini tentu saja membuat kita merasa nggak nyaman karena badan terasa lengket.

Padahal mandi sebelum tidur itu bisa membuat tidur kita jadi lebih berkualitas, lho. Karena setelah mandi, badan kita jadi lebih bersih dan rileks sehingga tidur jadi lebih nyenyak. Jadi, jangan sampai kamu nggak mandi lagi ya, sebelum tidur.

2. Stretching atau Peregangan

Peregangan sebelum tidur bisa membuat otot lebih rileks dan tidur lebih nyaman | Foto: freepik.com/cookie_studio
Peregangan sebelum tidur bisa membuat otot lebih rileks dan tidur lebih nyaman | Foto: freepik.com/cookie_studio

Bekerja seharian seringkali membuat beberapa otot dan sendi kita terasa pegal bahkan kaku. Akhirnya kita jadi sulit mencari posisi yang nyaman ketika tidur karena badan yang terasa lelah tadi.

Kalau sudah begini, itu tandanya kamu wajib mulai melalukan peregangan atau stretching sebelum tidur. Selain tidur lebih nyenyak, peregangan ini juga banyak manfaatnya, mulai dari merilekskan otot, melenturkan, mengurangi nyeri sendi dan juga mengatasi pegal.

3. Membersihkan dan Merapikan Kamar

Kamar yang bersih dan rapi membuat tidur lebih nyenyak | Foto: unsplash.com/volha-flaxeco
Kamar yang bersih dan rapi membuat tidur lebih nyenyak | Foto: unsplash.com/volha-flaxeco

Sadar nggak sadar, kondisi kamar juga bisa mempengaruhi kualitas tidur, lho. Kamar itu sendiri pada dasarnya adalah tempat istirahat, jadi kalau berantakan dan kotor tentu saja akan membuat kita merasa kurang nyaman beristirahat di kamar.

Kalau kamu punya gangguan susah tidur, kamu juga bisa membiasakan diri untuk membereskan kamar sebelum tidur. Karena hal ini dapat membuat otak lebih rileks dan tubuh menjadi lelah sehingga kamu bisa lebih mudah terlelap. Jadi, jangan lupa kamarnya dibersihkan dan dirapikan terlebih dahulu ya!  

4. Membaca Buku

Membaca buku membuat mata lelah dan jadi lebih mudah tidur | Foto: unsplash.com/fa-barboza
Membaca buku membuat mata lelah dan jadi lebih mudah tidur | Foto: unsplash.com/fa-barboza

Banyak dari kita yang lebih memilih menatap layar handphone ataupun komputer sebelum tidur. Meskipun membaca buku dan menatap layar sama-sama membuat mata kita lelah, tapi bermain handphone sebelum tidur justru membuat kita jadi menunda waktu tidur.

Hal ini dikarenakan handphone memiliki banyak hiburan seperti sosial media, internet dan games yang akhirnya membuat kita jadi lupa waktu. Berbeda dengan membaca buku, ketika mata kita mulai lelah membaca, pastinya yang kita lakukan adalah menutup buku dan mulai tidur, bukan malah membaca buku lain. Jadi, kalau kamu merasa susah tidur karena bermain handphone, coba deh, mulai dari sekarang handphone-nya diganti sama buku.

5. Menulis

Menulis dapat meringankan beban pikiran sehingga tidur jadi lebih nyenyak | Foto: unsplash.com/lilartsy
Menulis dapat meringankan beban pikiran sehingga tidur jadi lebih nyenyak | Foto: unsplash.com/lilartsy

Biasanya, semakin dewasa kita akan semakin banyak pikiran dan akhirnya inilah yang membuat kita susah tidur di malam hari. Nah, salah satu untuk mengurangi beban pikiran ini yaitu dengan menulis.

Ambillah pulpen dan buku atau kertas, kemudian tuliskan satu-persatu isi pikiranmu. Entah itu berkaitan dengan pekerjaan yang belum selesai, rencana, masalah keluarga, ketakutan dan lain-lain. Dengan memindahkan isi pikiran ke dalam tulisan, otak kita akan terasa lebih ringan dan akhirnya bisa lebih mudah tidur. Yuk, kurangi overthinking sebelum tidur!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id