sign up SIGN UP

Semangat Kuliah! 4 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Ini Tawarkan Gaji Selangit

Ersa Monica | Beautynesia
Sabtu, 04 Sep 2021 08:30 WIB
Semangat Kuliah! 4 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Ini Tawarkan Gaji Selangit
caption
Jakarta -

Jurusan kuliah yang ada di Indonesia amat beragam. Ada jurusan yang banyak diminati, ada pula jurusan yang sepi peminat. Biasanya, jurusan yang sepi peminat hanya ada di perguruan tinggi tertentu saja. Meskipun bisa dikatakan sepi peminat, beberapa jurusan justru menghasilkan lulusan dengan gaji yang menjanjikan.

Penasaran kan jurusan apa aja yang sepi peminat namun menghasilkan lulusan bergaji tinggi? Simak di bawah ini ya, Beauties!

Ilmu Perpustakaan

Ilmu Perpustakaan/Foto: freepik.com/jcomp
Ilmu Perpustakaan/Foto: freepik.com/jcomp

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan hanya mempelajari tentang buku-buku. Kenyataannya, di jurusan ini nggak melulu belajar tentang buku, lho. Banyak hal yang dipelajari di jurusan ini, di antaranya mereka akan belajar mengenai kearsipan, manajemen, hingga teknologi informasi. Prospek kerjanya pun cukup banyak, misalnya menjadi pustakawan, sekretaris, administrasi arsip, dan document controller.

Seorang pustakawan minimal akan mendapatkan gaji sebesar Upah Minimum Regional (UMR). Lulusan dari jurusan ini juga bisa untuk bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Berbagai instansi pusat maupun daerah membuka formasi untuk jurusan Ilmu Perpustakaan.

Astronomi

Astronomi/Foto: freepik.com/wirestock
Astronomi/Foto: freepik.com/wirestock

Jika kamu suka mengamati benda-benda langit dan ingin mempelajarinya lebih lanjut, jurusan ini pilihan tepat untuk dipilih. Di jurusan Astronomi kita akan belajar tentang planet, bintang, komet, hingga galaksi. Tapi jangan berpikir kalau astronomi mempelajari tentang ramalan zodiak ya, Beauties! Ilmu yang diperlukan di jurusan Astronomi umumnya seperti matematika,  fisika, dan mengenai tata surya.

Seperti yang sudah banyak diketahui, jurusan astronomi menghasilkan lulusan yang berprofesi sebagai astronom. Untuk di Indonesia sendiri, instansi LAPAN dan BMKG membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Lulusan dari jurusan astronomi juga tak menutup kemungkinan untuk bekerja di NASA dengan gaji yang fantastis.

Oseanografi

Oseanografi/Foto: freepik.com/pressfoto
Oseanografi/Foto: freepik.com/pressfoto

Dari namanya kita sudah bisa menebak jurusan ini mempelajari tentang apa. Yup, jurusan ini merupakan cabang dari ilmu kelautan. Lebih tepatnya, oseanografi ialah jurusan yang mempelajari tentang fenomena laut. Perikanan, lingkungan laut, hingga bencana laut akan dipelajari di jurusan ini. Peluang kerja dari jurusan Oseanografi diantaranya dapat menjadi oseanografer, peneliti, dan tenaga pendidik.

Lulusan jurusan Oseanografi banyak dibutuhkan oleh industri yang berkaitan dengan laut. Gaji seorang fresh graduate dari jurusan ini bisa mencapai Rp10 juta per bulannya. Nggak main-main, kan, besarnya gaji lulusan oseanografi?

Arkeologi

Arkeologi/Foto: freepik.com/tirachardz
Arkeologi/Foto: freepik.com/tirachardz

Arkeologi merupakan jurusan yang erat kaitannya dengan sejarah. Di jurusan Arkeologi kamu akan belajar mengenai kebudayaan manusia di masa lalu dengan kajian sistematis atas benda-benda-benda yang ditinggalkan. Bagi kamu yang suka wisata sejarah, jurusan ini sangat cocok untuk kamu ambil. Mahasiswa jurusan arkeologi akan sering studi ke lapangan untuk melihat peninggalan dari kebudayaan masa lalu.

Prospek kerja dari lulusan jurusan Arkeologi cukup menjanjikan. Lulusan dari jurusan ini dapat berprofesi sebagai arkeolog, sejarawan, hingga tenaga pendidik. Sssst! gaji seorang arkeolog berkisar antara Rp4-7 juta tiap bulannya. Bahkan, arkeolog senior dapat menghasilkan gaji hingga ratusan juta rupiah.

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id