STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sosok Falguni Nayar, dari Bankir hingga Berhasil Dirikan Perusahaan Kecantikan & Masuk Daftar Perempuan Terkaya di India!

Nur Amalina Izzati | Beautynesia
Selasa, 09 Aug 2022 11:00 WIB
Sosok Falguni Nayar, dari Bankir hingga Berhasil Dirikan Perusahaan Kecantikan & Masuk Daftar Perempuan Terkaya di India!

Beauties, mengetahui kisah sukses dan inspiratif dari jajaran orang terkaya di dunia memang memiliki daya tarik tersendiri. Kisah inspiratif kali ini datang dari Falguni Nayar, seorang pengusaha kosmetik yang jadi salah satu perempuan terkaya di India. Diperkirakan kekayaannya kini mencapai hingga 4,5 miliar USD atau setara Rp 66,6 triliun.

Ia merupakan pendiri dari perusahaan bernama Nykaa, yaitu platform e-commerce yang menjual produk kecantikan dan fashion. Kisah suksesnya tak langsung berjalan mulus. Nayar juga mengalami suka dan duka saat mendirikan bisnisnya tersebut.

Nah, berikut kisah inspiratif dari Falguni Nayar yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Yuk simak!

Awal Berkarier Sebagai Bankir

Falguni Nayar/Foto: thevstories.com
Falguni Nayar/Foto: thevstories.com

Dilansir dari Failure Before Success, Falguni Nayar lahir pada 19 Februari 1963 di Mumbai, Maharashtra, India. Nayar merupakan lulusan dari Sydenham College of Commerce and Economics dengan gelar Bachelor of Commerce.

Kemudian, ia melanjutkan studinya di Institut Manajemen India, Ahmedabad. Sebelum memulai bisnis Nykaa, Nayar bekerja sebagai bankir investasi di Kotak Mahindra Group selama 20 tahun. Ia juga pernah menjabat sebagai Managing Director di Kotak Investment Banking selama 4 tahun.

Perjalanan Mendirikan Nykaa

Falguni Nayar, managing director and CEO of Nykaa, an online marketplace for beauty and wellness products, attends the company's IPO listing ceremony at the National Stock Exchange in Mumbai on November 10, 2021. (Photo by Punit PARANJPE / AFP) (Photo by PUNIT PARANJPE/AFP via Getty Images)Falguni Nayar/Foto: AFP via Getty Images/PUNIT PARANJPE

Setelah berhenti menjadi bankir, Falguni Nayar memulai bisnis platform e-commerce pada tahun 2012. Bisnis tersebut bernama Nykaa, yang berasal dari kata Sanskerta “Nayaka” yaitu seseorang yang menjadi sorotan. Tujuannya adalah untuk membawa berbagai merek kecantikan internasional di India.

“Saya selalu percaya pada bisnis online, dan yakin bahwa generasi yang baru akan lebih mengandalkan ulasan dan rekomendasi rekan daripada pergi ke toko,” katanya kepada Peacock Magazine.

Melansir dari Failure Before Success, Nayar memulai bisnisnya di kantor milik ayahnya bersama tiga karyawan. Pada awal menjalankan bisnisnya, Nayar menghadapi beberapa tantangan. Seperti situs web-nya terkadang mengalami gangguan dan saat mencapai 100 pesanan, tiba-tiba seluruh sistem mati.

Nykaa mengalami peningkatan pemesanan di tahun 2013. Nayar juga dibantu putrinya mengelola bisnis tersebut. Pada tahun 2015, atas semangatnya untuk terus berinovasi, ia berhasil dan sukses meluncurkan produk bernama Nykaa Cosmetics.

Pada tahun 2020, Nykaa menjadi salah satu platform ritel e-commerce kecantikan terbesar di India dalam waktu empat tahun dan resmi meluncurkan gerai pertamanya di Delhi. Nykaa juga menjadi startup unicorn India pertama yang dipimpin oleh seorang perempuan.

Kekayaan yang Dihasilkan

Nykaa store in Mumbai/Foto: instagram.com/@mynykaa
Nykaa store in Mumbai/Foto: instagram.com/@mynykaa

Melansir dari Business Insider India, Falguni Nayar berhasil menjadi miliarder perempuan terkaya di India setelah berhasil IPO atau melakukan penawaran saham Nykaa secara perdana. Menurut Forbes, kekayaan bersih Nayar melonjak menjadi USD 4,5 miliar atau setara Rp66,6 triliun.

Kisah sukses Falguni Nayar sangat menginspirasi. Ia berani berhenti dari pekerjaannya selama 20 tahun dan mengambil risiko besar. Dengan kerja keras dan dedikasi, dia berhasil membangun seluruh bisnisnya dari nol. Ia pun menjadi inspirasi bagi perempuan di seluruh negeri.

“Saya melihat perempuan berusaha memenuhi kebutuhan keluarga dan tidak mengejar impian mereka sendiri. Anda adalah orang yang paling penting dalam hidup Anda. Penting untuk bermimpi,” pesan Falguni Nayar.

Semoga kisah Falguni Nayar bisa menginspirasi kamu untuk meraih mimpi, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE