STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Stop Bully! Kenali Dampak dan Jenis dari Cyberbullying

Cinta Ananda | Beautynesia
Senin, 25 Jan 2021 20:30 WIB
Stop Bully! Kenali Dampak dan Jenis dari Cyberbullying

Seiring berkembangnya teknologi digital, kini perkembangan sosial media sudah semakin maju. Kini dari semua kalangan usia sudah semakin mudah untuk mengakses sosial media. Kita kerap melihat caci maki yang dilontarkan oleh beberapa orang di platform sosial media tertentu.

Hal tersebut dinamakan cyberbullying. Cyberbullying adalah penindasan yang dilakukan satu orang atau lebih melalui dunia internet. Tidak sedikit dari orang yang mengganggap kecil soal cyberbullying. Padahal cyberbullying dapat memberikan dampak negatif yang besar bagi seseorang yang mendapatkannya. 

Dampak Cyberbullying

1. Terganggu Nya Kesehatan Mental

Terganggunya Kesehatan Mental/sumber:freepik.com
Terganggu Kesehatan Mental/sumber:freepik.com

Penindasan yang diterima dapat menyebabkan kesehatan mental terganggu. Penerima merasa cenderung stres akibat perasaan sedih dan marah karena cacian yang dipendam terlalu lama, akhirnya malah mengakibatkan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). 

2. Kehilangan Percaya Diri

Kehilangan Percaya Diri/sumber:freepik.com
Kehilangan Percaya Diri/sumber:freepik.com

Penerima cyberbullying bisa mengalami kurang percaya diri, hingga akhirnya mengisolasi diri dari lingkungan sosial mereka. Hal ini disebabkan karena mereka merasa malu, bahkan pada kondisi yang lebih parah penerima cyberbullying akan meminta untuk putus sekolah. 

3. Depresi 

Depresi/sumber:freepik.com
Depresi/sumber:freepik.com

Penerima cyberbullying kerap merasa depresi, cemas, tidak merasa cukup, tidak pantas. Hal tersebut sering kali mereka ingin mengakhiri hidupnya. 

Jenis-Jenis Cyberbullying

1. Flaming

Flaming/sumber:freepik.com
Flaming/sumber:freepik.com

Cyberbullying jenis flaming ini adalah keadaan dimana seseorang melontarkan kata-kata amarah yang menyakitkan hati seperti ejekan, cemoohan, cacian, provokasi. 

2. Denigration (Pencemaran Nama Baik)

Denigration/sumber:freepik.com
Denigration/sumber:freepik.com

Dalam kondisi ini ketika seseorang menyebarkan fitnah atau mengumbar keburukan orang lain di sosial media dengan sengaja yang dapat merusak reputasi atau nama baik penerima cyberbullying tersebut. 

3. Impersonation (Peniruan)

Impersonation/sumber:freepik.com
Impersonation/sumber:freepik.com

Tindakan meniru atau berpura-pura menjadi seseorang agar lebih mudah untuk melakukan tindakan ini dengan cara melontarkan kalimat jahat yang dapat menyakiti. BIasanya tindakan ini terjadi di Instagram dan Twitter. Hal ini juga bisa disebut sebagai catfishing. 

4. Outing/Trickery

Outing/trickery/sumber:freepik.com
Outing/trickery/sumber:freepik.com

Tindakan ini adalah tindakan membeberkan rahasia orang berupa foto atau video pribadi yang dimana setelah foto atau video tersebut disebarkan dapat membuat seseorang merasa malu bahkan depresi. 

5. Cyberstalking

Cyberstalking/sumber:freepik.com
Cyberstalking/sumber:freepik.com

Tindakan mengintai, memata-matai yang dapat mengganggu ketenangan seseorang. Alhasil seseorang akan mengalami depresi dan cemas yang berlebih. 

6. Gangguan

Cyberstalking/sumber:freepik.com
Gangguan/sumber:freepik.com

Tindakan berupa mengirim pesan-pesan melalui sosial media. Gangguan ini bisa berupa seperti hasutan agar seseorang ikut melakukan cyberbullying

Yuk, jauhkan cyberbullying, pikir matang-matang sebelum kamu berkicau di sosial media, karena apa yang menurut kamu biasa aja, bagi orang lain belum tentu. Bisa saja orang tersebut stres bahkan depresi karena kalimat yang kamu lontarkan. Karena itu, mari kita hindari tindakan ini agar budaya bully tidak terus terjadi baik di sosial media maupun dunia nyata.

(mel/mel)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE