sign up SIGN UP

Studi: Lebih Banyak Perempuan yang Meragukan Diri daripada Mencintai Diri Sendiri

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 11 May 2022 23:30 WIB
Studi: Lebih Banyak Perempuan yang Meragukan Diri daripada Mencintai Diri Sendiri
caption
Jakarta -

Bagi sebagian perempuan, mencintai diri sendiri atau mempraktikkan self-love adalah hal yang terasa natural dan mudah dilakukan. Namun tak sedikit pula perempuan yang merasa kesulitan untuk mencintai dirinya sendiri.

Hal ini terungkap dari sebuah studi di tahun 2021 oleh The Body Shop yang menemukan bahwa satu dari dua perempuan merasa lebih mudah untuk meragukan diri sendiri ketimbang mencintai dirinya. Tak hanya itu, sekitar 60 persen perempuan juga berharap mereka bisa lebih menghargai diri sendiri, di mana dibutuhkan peran self-love di dalamnya.

Ilustrasi mengingat kenangan sedih/ Foto: Freepik.comIlustrasi sedih/ Foto: Freepik.com

Studi tersebut melibatkan sebanyak 22 ribu orang dari 21 negara berbeda di dunia. Dikutip dari Marie Claire, tujuan utamanya adalah untuk mengeksplorasi berbagai dimensi self-love, termasuk persepsi tentang diri sendiri, frekuensi mengalami emosi seperti gugup atau cemas, kepercayaan diri, ketahanan, dan harga diri.

Ada beberapa temuan penting dari studi tersebut, Beauties. Pertama, studi menemukan Korea Selatan, Arab Saudi dan Prancis menduduki peringkat terendah untuk mencintai diri sendiri. Sementara itu, Denmark, Australia, dan Amerika Serikat menempati peringkat tertinggi.

Temuan penting lainnya yang mungkin tidak begitu mengejutkan, pengguna media sosial memiliki tingkat mencintai diri sendiri yang rendah. Penyebab rendahnya kepercayaan diri di kalangan perempuan disebabkan oleh keadaan finansial, tidak mampu mencapai tujuan hidup mereka, serta penampilan.

KulitIlustrasi bercermin/Foto: Unsplash.com/@curology

Hasil studi tersebut cukup menyedihkan, fakta bahwa masih banyak perempuan yang masih kesulitan untuk mencintai dirinya sendiri. Namun di saat yang bersamaan, kampanye mencintai diri sendiri sebenarnya sudah banyak digaungkan begitu luas.

Menurut seorang terapis, Sara Kuburic, fenomena ini salah satunya disebabkan oleh pandemi Covid-19. Berdiam diri di rumah akibat pembatasan kegiatan telah memaksa banyak perempuan untuk menghadapi kenyataan yang pahit.

"Bagi banyak orang, pandemi, meskipun tidak menyenangkan, telah menawarkan ruang untuk refleksi, prioritas ulang, dan authenticity. Banyak yang telah menerima diri mereka, dan melepaskan diri dari tekanan. Tetapi, bagi perempuan yang berjuang dengan harga diri sebelum COVID-19, isolasi dan kurangnya dukungan sosial mungkin menjadi tantangan dan menyakitkan. Itu mungkin telah merampok mereka dari sumber eksternal yang menyamar sebagai harga diri," jelasnya.

Kuburic juga menambahkan, beberapa orang sering salah paham soal konsep mencintai diri sendiri dengan menjadi egois. Miskonsepsi ini membuat mereka tidak mampu melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan self-love.

Kebiasaan self love yang bisa dilakukan di pagi hari/ Foto: Freepik.comIlustrasi self-love/Foto: Freepik.com

Ada banyak alasan mengapa self-love begitu penting, namun yang disorot Kuburic adalah, untuk mencintai orang lain, seseorang perlu mencintai dirinya sendiri terlebih dahulu.

"Untuk memiliki hubungan yang sehat dengan orang lain, kita harus berusaha menuju hubungan yang sehat dengan diri kita sendiri," jelasnya.

"Sejauh mana kita mencintai diri sendiri akan menentukan cara kita memperlakukan diri kita sendiri,' kata Kuburic.

Self love/pexels.comIlustrasi self love/pexels.com

Mencintai diri sendiri sejatinya adalah proses panjang seumur hidup. Menurut Kuburic, hal ini bisa dimulai dengan mengenal diri sendiri.

"Anda harus mulai dengan mengenal diri sendiri. Mencintai diri sendiri bukanlah tujuan, itu adalah proses yang berkelanjutan, jadi bersabarlah," ungkapnya.

Ada beberapa cara yang disarankan Kuburic untuk bisa meningkatkan rasa cinta kepada diri sendiri. Berikut di antaranya:

  • Membuat gratitude journal.
  • Habiskan waktu dengan diri sendiri.
  • Menjaga kesehatan fisik.
  • Miliki support system.
  • Bangun hubungan yang sehat dengan orang lain.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id