sign up SIGN UP

JADI LEBIH BAIK

Cara Menerapkan 5 Jenis Love Language untuk Diri Sendiri: Butterfly Hug untuk Bahasa Cinta Physical Touch!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Selasa, 18 Jan 2022 23:30 WIB
Cara Menerapkan 5 Jenis Love Language untuk Diri Sendiri: Butterfly Hug untuk Bahasa Cinta Physical Touch!
caption
Jakarta -

Beauties, akhir-akhir ini kamu mungkin sering mendengar istilah love language, apalagi di media sosial. Bahkan, love language atau bahasa cinta kini menjadi salah satu hal yang harus dipahami oleh banyak orang untuk menjalin hubungan yang sehat dengan pasangan.

Melansir dari Very Well Mindlove language merupakan konsep yang menggambarkan cara seseorang menerima dan mengekspresikan perasaan atau bahasa cinta dalam suatu hubungan.  Dengan mengetahui jenis-jenis love language, kamu juga bisa terhindar dari pertengkaran dengan pasangan karena sudah mengetahui kebutuhan bahasa cinta yang dibutuhkannya. 

Namun, love language jangan hanya diterapkan untuk orang lain saja, ya! Kamu juga perlu menerapkannya ke diri sendiri sebagai bentuk dari self love. Berikut cara menerapkan 5 jenis love language ke diri sendiri, yuk simak!

Word of Affirmation 

Merapikan tempat tidur berdampak positif bagi kesehatan mentalLove language berupa word of affirmation/ Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Pemilik love language dengan word of affirmation mengungkapkan perasaan cinta atau kasih sayangnya lewat kata-kata atau pujian. Selain itu, mereka yang memiliki bahasa cinta dengan kata-kata juga menyukai teks lucu, kutipan manis dan romantis. Baginya, ungkapan cinta melalui kata-kata tersebut dianggap sebagai bentuk ketulusan dan bahasa cinta yang jujur dari hati.

So, buat kamu yang memiliki love language jenis ini, jangan lupa untuk menerapkannya kepada diri sendiri, ya! Kamu bisa memberi pujian untuk diri sendiri, self talk, atau journaling. Mulai berikan kata-kata positif sebagai penyemangat untuk diri, seperti, "aku cantik dan berharga", atau "aku layak untuk dicintai oleh siapapun", dan masih banyak lagi.

Receiving Gift 

Shopping bisa dilakukan untuk memberi hadiah kepada diri sendiri bagi pemiliki love language receiving gift
Ilustrasi berbelanja/Foto: Pexels.com/TimDouglass

Kalau kamu suka dan bahagia saat diberik hadiah oleh seseorang, mungkin kamu memiliki love language jenis receiving gift nih, Beauties. Yup, hadiah bisa jadi simbol cinta dan kasih sayang. Hadiah yang diberikan oleh seseorang akan memberikan kesan tersendiri karena kamu akan merasa diperhatikan.

Pemilik love language jenis ini tidak selalu menginginkan hadiah yang besar, sekecil apapun harga dan bentuknya juga sudah berharga. Untuk kamu yang memiliki love language dengan pemberian hadiah, kamu juga bisa melakukannya untuk dirimu sendiri. Salah satu bentuk sederhana adalah dengan membeli makanan favorit atau wishlist yang sudah lama ingin dibeli bisa jadi wujud bahasa cinta terhadap diri sendiri.

Physical Touch

Butterfly dapat diterapkan jika memiliki love language physical touch
Ilustrasi butterfly Hug/Foto:  Freepik.com/surkin_son 

Tak butuh kata-kata romantis, seseorang yang memiliki love language jenis physical touch lebih membutuhkan sentuhan fisik dari orang yang dikasihinya. Baginya, sentuhan fisik seperti pelukan sudah cukup, apalagi saat dalam kondisi cemas atau sedang sedih.

Untuk kamu yang merasa sangat menyukai bahasa cinta dengan jenis ini, jangan khawatir! Kamu juga bisa, kok, melakukannya sendiri. Kamu bisa melakukan butterfly hug saat membutuhkan pelukan dan merasa sendirian. Nggak hanya itu, saat kamu merasa kurang semangat, kamu bisa menepuk-nepuk dada atau pundak secara perlahan.

Act Of Service

Membersihkan rumah bisa dilakukan untuk pemilik love language act of service
Ilustrasi declutter/Foto: Freepik.com/freepik

Para pemilik love language jenis act of service sangat menyukai pembuktian cinta dengan yang namanya tindakan. Yup, mereka nggak membutuhkan basa-basi atau kata-kata romantis. Baginya dengan tindakan sudah menjadi bukti keseriusan dan kepedulian dari rasa cinta pasangannya.

Kamu pun bisa mewujudkan love language ini untuk dirimu sendiri. Melakukan declutter, memasak, sampai membuat to do list untuk menghindari stres sudah jadi salah satu wujud act of service untuk diri sendiri.

Quality Time 

Me time jadi jawaban untuk pemilik love language dengan cara quality time
Ilustrasi me Time/Foto: Freepik.com/

Meluangkan waktu yang berkualitas memang bisa jadi salah satu pembuktian bahasa cinta kepada seseorang. Bagi kamu si love language dengan quality time sangat menyukai saat menghabiskan waktu dan momen bersama seseorang yang disayangi karena merasa kehadiran dan waktu yang diluangkan itu berharga.

Pemilik love language jenis ini tidak selalu menuntut seberapa sering waktu yang diluangkan, melainkan kualitas pertemuan yang diberikan. Kamu pun bisa melakukannya untuk diri sendiri, yakni dengan melakukan me time. Kamu bisa melakukan kegiatan yang kamu sukai, mulai dari mendengarkan musik, menonton drama Korea, hingga traveling sendiri pun juga merupakan wujud dari quality time.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id