Terapkan Mindfulness di Tempat Kerja, Ampuh Halau Stres dan Cemas

Dian Aprilia | Beautynesia
Rabu, 17 Mar 2021 08:00 WIB
Terapkan Mindfulness di Tempat Kerja, Ampuh Halau Stres dan Cemas
Fokus/ foto: pexels.com

Saat ini, mindfulness bukanlah hal asing dan bahkan mulai dikenal banyak orang. Setidaknya, kamu mungkin pernah mendengar sekali dua kali, atau bahkan sering mengenai istilah kesehatan mental ini. Mindfulness adalah cara memusatkan perhatian pada apa yang sedang terjadi saat ini dengan mengaktifkan kesadaran yang optimal. Cara ini dinilai mampu meredakan stres hingga gangguan cemas ataupun gelisah.

Sebenarnya mindfulness bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun kali ini, beautynesia.id akan membahas praktik mindfulness di tempat kerja. Mindfulness ditempat kerja memiliki berbagai manfaat penting, diantaranya adalah:

  • Membantu meningkatkan kefokusan saat mengerjakan tugas
  • Meningkatkan kemampuan untuk mengamati lebih detail, termasuk pada hal-hal kecil sekalipun
  • Merasa lebih menghargai pekerjaan yang dilakukan sehingga merasa lebih enjoy dan bahagia
  • Mendorong kita untuk mampu melihat dan menilai sesuatu dengan kacamata objektif, bukan negatif atau pun positif
  • Meningkatkan hubungan dengan rekan kerja di kantor Meningkatkan kualitas, kreativitas dan produktivitas kerja

Langkah Mindfulness di Tempat Kerja

­­­­Lantas, bagaimana caranya agar bisa menerapkan mindfulness dalam bekerja? Berikut beautynesia.id telah meringkas langkah-langkah mindfulnes di tempat kerja:

Buat dan Berpijak pada To-Do List

To do list
To do list/pexels.com

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan sepanjang hari. Pastikan untuk membuat daftar kegiatan yang realistis dan juga bisa memotivasimu. Kegiatan yang terlalu padat akan membuatmu terlalu kelelahan, bahkan di akhir, akan membuatmu kecewa jika tak bisa memenuhinya.

Sementara itu jadwal yang terlalu longgar dengan target yang sedikit, membuatmu akan bersantai-santai dan malah tidak produktif. untuk itu penting untuk mengukur kapasitas diri sebelum membuat list kegiatan. Buatlah jadwal yang tidak terlalu padat, tapi tetap bisa menantang kemampuanmu agar tetap bisa termotivasi.

Jangan Multitasking!

Multitasking
Multitasking/pexels.com

Kunci dari perilaku mindfulness adalah fokus menyadari dan merasakan apa yang sedang dialami saat ini dan detik ini. Maka perilaku multitasking mutlak tidak boleh dilakukan. Sebab hal ini akan mengganggu prosesmu dalam melakukan mindfulness.

Selain itu. menurut penelitian, multitasking (mengerjakan beberapa hal dalam sekali waktu) terbukti tidak efektif. Saat multitasking, otak dipaksa untuk berpindah-pindah fokus dalam waktu singkat. Padahal otak memroses sesuatu secara berurutan satu per satu. Jadi multitasking bukan mempercepat pekerjaan, justru mengacaukan pekerjaan.

Nikmati Makan Siang

Lunch
Lunch/pexels.com

Mindfulness saat bekerja juga bisa diterapkan saat makan siang. Ketika kamu sudah siap dengan hidangan di mejamu, sebaiknya hentikan segala kegiatan, termasuk nonton Youtube atau periksa HP. Biarkan dirimu untuk menikmati makan siang dengan tenang dan enjoy selama 10-15 menit. Selepas itu, kamu bisa berpindah ke kegiatan yang lainnya termasuk refreshing.

Minimalisir Gangguan dari Eksternal

Fokus
Fokus/pexels.com

Usahakan saat bekerja, kamu sudah menyiapkan diri, tempat dan suasana yang kondusif. Salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan adalah meminimalisir gangguan ekternal, seperti bunyi notifikasi yang tidak penting dari smartphone, ajakan ngobrol dari rekan kerja, dan lainnya.

Kamu bisa melakukannya dengan memilih mode silent di handphone, memutar musik dan menggunakan headset agar tidak terganggu suara dari luar, dan lainnya.

Beri Jeda Berkala

Beri jeda
Beri jeda/pexels.com

Terakhir, beri jeda berkala untuk mengistirahatkan otak dari pekerjaan. Kamu bisa minum kopi sambil menikmati musik favoritmu setelah bekerja selama 1,5 jam. Luangkan 5 hingga 10 menit untuk jeda, setelah itu kembali fokus bekerja. Lakukan hal ini secara disiplin dan konsisten, dijamin rutinitas bekerja akan lebih menyenangkan dan terasa lebih ringan.

(arm2/arm2)
CERITA YUK!
Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE