Tetap Jaga Nama Baik, Ini 5 Cara Resign Secara Profesional

ALMIRA WIJI RAHAYU | Beautynesia
Jumat, 12 Jan 2024 18:15 WIB
Tetap Jaga Nama Baik, Ini 5 Cara Resign Secara Profesional
5 Cara Resign Secara Profesional/Foto: Freepik/pressfoto

Ada suatu kalimat yang mengatakan, 'Resign adalah hak dari setiap karyawan'. Resign adalah proses pengunduran diri dari jabatan yang telah diemban di sebuah perusahaan secara sukarela. Jadi berbeda dengan PHK yang mana merupakan pemutusan kerja secara sepihak.

Banyak alasan mengapa karyawan memilih untuk mengundurkan diri dari suatu perusahaan. Beberapa di antaranya seperti mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik, stuck dalam karier, dan masih banyak lagi. 

Namun, bagaimana cara untuk resign secara profesional agar hubungan antara kamu dan perusahaan tetap baik? Dilansir dari Indeed, ada 5 cara untuk resign secara profesional. Yuk, simak!

1. Keputusan dalam Waktu yang Tepat

Ilustrasi Perempuan sedang Membaca Buku/Foto: Pexels/Ivan Samkov

Mulai pikirkan kapan mengundurkan diri yang tepat dari perusahaanmu. Walau kamu sedang frustasi dalam kerjaanmu saat ini, pertimbangkan kelebihan dan kelemahan dalam mengambil keputusan ini.

Kalau kamu ingin mencari kesempatan bekerja yang lain, lebih baik kamu menunggu mendapatkan tawaran baru lagi agar tidak ada gap di CV kamu. 

Nah, kalau sudah yakin, saatnya bilang ke supervisor-mu terlebih dahulu atau perwakilan dari divisi HRD secara baik-baik tentang keputusanmu untuk mengundurkan diri dari perusahaan. 

2. Beri Minimal 2 Weeks Notice

Ilustrasi Perempuan sedang Berbicara dengan Atasannya/Foto: Pexels/ANTONI SHKRABA production

Setiap perusahaan mempunyai standar sendiri tentang berapa lama rentang waktu yang tepat untuk memberi tahu tentang pengunduran diri. Jika kamu menandatangani kontrak saat pertama kali kerja, patuhilah peraturan tersebut.

Idealnya, dua minggu adalah waktu yang paling minimal untuk pemberitahuan tentang pengunduran diri. Walau begitu, akan lebih baik untuk lebih cepat memberi tahu kepada pihak terkait tentang keinginanmu itu. 

3. Tulis Surat Pengunduran Diri

Ilustrasi Perempuan sedang Melihat Laptop/Foto: Pexels/Liza Summer

Menulis surat pengunduran diri dari perusahaan itu hukumnya wajib. Tulislah surat secara singkat tentang penjelasan keputusanmu tersebut.

Ini dia beberapa hal yang harus ada di dalam surat resign-mu:

  • Pernyataan pengunduran diri.
  • Tanggal terakhir kamu bekerja.
  • Alasan mengapa kamu mengambil keputusan itu.
  • Sampaikan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan di perusahaan itu.
  • Tandatangan.

4. Transisi Kerja

Ilustrasi Perempuan sedang Berbicara dengan Rekan Kerja/Foto: Pexels/SHVETS production

Jika kamu sudah memberi tahu tentang keputusanmu untuk resign, kamu mempunyai waktu dua minggu sebelum kamu pergi secara resmi dari perusahaan. 

Di rentang waktu ini, pastikan semua pekerjaanmu telah selesai dan diskusikan dengan supervisor atau manajer tentang siapa yang akan menggantikan pekerjaanmu itu. Catat juga apa saja yang telah kamu kerjakan, di mana kamu menyimpan catatan atau file penting di komputer perusahaanmu, dan cara untuk menggunakan tool yang kamu kuasai untuk pekerjaanmu saat ini. 

Selain itu, pastikan juga kamu akan mengembalikan aset perusahaan di hari terakhirmu saat bekerja. Ini adalah standarisasi perusahaan yang wajib kamu patuhi.

5. Sampaikan Rasa Terima Kasih atas Kesempatan yang Diberikan

Ilustrasi Orang sedang Berjabat Tangan/Foto: Pexels/fauxels

Untuk memberi kesan yang baik, sampaikan rasa terima kasihmu kepada atasanmu atas semua kesempatan yang diberikan. Memang, terkadang pekerjaan itu bukan sekadar mencari uang belaka tetapi juga mendapatkan banyak kesempatan baru yang berguna untuk pekerjaan selanjutnya.

Selama kamu bekerja di perusahaan tersebut, mungkin kamu telah ada ikatan yang kuat dengan rekan kerjamu, mendapatkan skill baru, dan lainnya. Jadi, jangan lupa sampaikan rasa terima kasih kepada semua orang, ya!

Nggak hanya merupakan etika yang baik, tetap berhubungan baik dengan rekan kerja itu dapat menambah network dalam karier, Beauties! 

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara resign dengan baik dan profesional. Ingat, kamu punya hak untuk resign tetapi jangan gegabah dalam mengambil keputusan, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE