Tips Mendapatkan Kerja di Tengah Pandemi

Jovita | Beautynesia
Selasa, 29 Sep 2020 23:00 WIB
Tips Mendapatkan Kerja di Tengah Pandemi
Tips Mendapatkan Kerja di Tengah Pandemi/ Foto: Pexels.com

Pencarian kerja tentu bukanlah perjalanan yang singkat. Butuh waktu satu hingga beberapa bulan bagi seseorang untuk mendapatkan lowongan kerja yang sesuai dengan yang dicari. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini.

Kamu perlu menerapkan berbagai tips mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi. Kali ini, Beautynesia telah merangkum beberapa tips yang dapat membantumu menemukan pekerjaan yang tepat, yuk simak.

1. Perluas jaringan melalui networking online

Perluas Jaringan/ Foto: Pexels.com
Perluas Jaringan/ Foto: Pexels.com

Tips mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi yang pertama adalah dengan membangun jaringan dengan para profesional secara online. Ikuti beberapa seminar atau pelatihan online yang memungkinkan kamu mendapatkan kenalan baru di dunia profesional.

Kamu juga bisa menambah koneksi di grup pencarian kerja yang ada di Facebook maupun Linkedin. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengirimkan pesan personal secara sopan kepada bagian perekrutan melalui Linkedin.

2. Beri update dan tanyakan lowongan kerja pada kerabat

Tanya Lowongan Pada Kerabat/ Foto: Pexels.com
Tanya Lowongan Pada Kerabat/ Foto: Pexels.com

Tips mendapatkan pekerjaan selanjutnya adalah dengan menghubungi kerabat, teman, maupun keluarga untuk menanyakan tentang lowongan pekerjaan yang tersedia di tempatnya bekerja. Mencari pekerjaan di tengah pandemi memang dibutuhkan usaha yang ekstra dan sikap yang lebih aktif.

Beritahu secara sopan pada kerabat bahwa saat ini kamu sedang terbuka untuk peluang kerja baru dan minta mereka memberitahumu jika ada lowongan kerja yang sesuai. Jangan lupa ucapkan terima kasih ya!

3. Lakukan riset mengenai beberapa perusahaan yang dilamar

Riset Perusahaan yang Dilamar/ Foto: Pexels.com
Riset Perusahaan yang Dilamar/ Foto: Pexels.com

Pandemi COVID-19 dapat memberikan gambaran unik tentang budaya perusahaan. Sebelum kamu melamar di perusahaan yang dituju, coba perhatikan bagaimana perusahaan tersebut dan para pemimpinnya menangani keadaan darurat ini serta bagaimana cara mereka memperlakukan karyawannya.

Riset tersebut bisa dilakukan dengan mengikuti akun perusahaan maupun akun pribadi karyawannya di media sosial. Kamu juga bisa merisetnya dengan mencari berita-berita mengenai perusahaan terkait.

Jika kamu berkesempatan mengikuti proses wawancara di perusahaan yang telah diriset. Kamu bisa sampaikan informasi yang selama ini sudah dikumpulkan. Jangan lupa berikan solusi serta caramu membantu perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan dan keluar dari krisis pandemi ini.

4. Tingkatkan skill dan kemampuanmu

Tingkatkan Skill yang Dibutuhkan/Foto: Pexels.com
Tingkatkan Skill yang Dibutuhkan/Foto: Pexels.com

Tips mendapatkan pekerjaan yang terakhir adalah dengan meningkatkan skill dan kemampuan sehingga kamu bisa memenuhi kualifikasi lowongan kerja yang ada. Di sini kamu bisa mengasah skill yang sudah dimiliki maupun yang belum dimiliki.

Ada beberapa platform online course yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan skillmu. Beberapa kursus yang bisa diambil untuk mengasah kemampuanmu misalnya seperti kurus Google Data Studio, Google Analytics, Copywriting, hingga kursus Microsoft Excel.

(hld/hld)
CERITA YUK!
Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE