STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Uang Panai Bugis Terkenal Mahal, Sosiolog Beberkan Alasannya

Istikhomah | Beautynesia
Selasa, 27 Jul 2021 10:15 WIB
Uang Panai Bugis Terkenal Mahal, Sosiolog Beberkan Alasannya

Adat istiadat di Indonesia beragam dan bernilai tinggi. Termasuk pernikahan adat suku Bugis - Makassar yang kerap menyita perhatian publik. Tidak hanya pagelaran pesta rakyat atau maharnya, tapi pernikahan suku Bugis juga terkenal akan uang panai yang cukup mahal.

Pernah dengan uang panai? Sudah tahu seberapa besar uang panai yang harus diberikan oleh calon mempelai laki-laki? Yuk, simak serba serbi uang panai Bugis yang terkenal mahal dalam ulasan berikut ini, Beauties!

Apa Sih Pengertian Uang Panai?

Perempuan Bugis / Foto : instagram.com/masterpiece_foto
Perempuan Bugis / Foto : instagram.com/masterpiece_foto

Dilansir dari detik.com, menurut Sosiolog dari Unversitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Rahmat Muhammad mengatakan, uang panai merupakan perlambang penghormatan suku Bugis - Makassar terhadap perempuan. Secara spesifik, penghormatan tersebut diberikan calon suami kepada calon istrinya. Uang panai juga diartikan sebagai wujud keseriusan seorang laki-laki yang hendak melamar anak perempuan. 

Tak hanya itu, uang panai juga diartikan sebagai uang belanja. Nilai uang tersebut sebagai syarat adat untuk membiayai pesta perkawinan untuk pengantin wanita. Tentunya, nominal uang panai bernilai cukup tinggi. 

Besar Uang Panai Bugis

Panai Suku Bugis / Foto : instagram.com/masterpiece_foto/
Panai Suku Bugis / Foto : instagram.com/masterpiece_foto/

Berbeda dengan mahar atau seserahan, uang panai ditujukan sepenuhnya kepada keluarga pihak perempuan. Besar uang panai tersebut beragam, dengan kisaran jutaan hingga ratusan rupiah. Nominal tersebut biasanya dilihat dari strata sang perempuan, bagi dari kecantikan, keturunan bangsawan, pendidikan, hingga pekerjaan. Semakin tinggi strata perempuan yang ingin dinikahi, maka jumlahnya pun semakin besar. 

Untuk gadis dengan pendidikan SMA, uang panai berkisar Rp50 juta. Untuk pendidikan sampai S1 sebesar Rp150 juta. Nilai panai juga akan meningkat jika gadis pujaan tersebut merupakan keturunan bangsawan. Besar nonimalnya bisa mencapai ratusan juta. Tidak heran jika uang panai Bugis terkenal mahal. 

Pengorbanan dan Kesungguhan Laki-laki Bugis

Pernikahan adat Bugis / Foto : instagram.com/jebesgraphic_id
Pernikahan adat Bugis / Foto : instagram.com/jebesgraphic_id

Uang panai dalam suku Bugis sudah menjadi tradisi turun temurun. Simbol penghargaan kepada perempuan tersebut menjadi bukti kepada orang tua sang perempuan, jika calon suaminya memiliki kesungguhan untuk mengupayakan uang panai.

Besar uang panai ini juga menjadi faktor rendahnya perceraian di suku Bugis. Tingginya harga panai akan membuat laki-laki berpikir seribu kali untuk bercerai, apalagi setelah berkorban mengupayakan uang panai dengan nilai fantastis. 

Panai Bisa Menjadi Tanda Penolakan Lamaran

Pernikahan Makassar/ Foto : isntagram.com/ninetynine.go/
Pernikahan Makassar/ Foto : isntagram.com/ninetynine.go/

Besar nominal uang panai biasanya disebutkan oleh pihak perempuan. Besar uang tersebut bisa menjadi tanda untuk menolak lamaran seorang laki-laki. Pihak perempuan bisa mematok nominal yang tinggi dan tidak bisa dijangkau oleh pria, sebagai tanda penolakan secara halus.

Uang panai dalam pernikahan suku Bugis mengakibatkan tingginya kasus kawin lari. Sebagian besar dikarenakan tidak sanggup untuk membayar uang panai. Tidak hanya kawin lari, beberapa pasangan juga melakukan bunuh diri karena tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi syarat pernikahan tersebut. 

Itulah hal menarik tentang uang panai dalam pernikahan adat Suku Bugis. Bagaimana dengan Beauties? Apakah ada hal menarik mengenai pernikahan di daerah asalmu? Yuk, share di kolom komentar ya!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.