sign up SIGN UP

Tanpa Sadar, Minuman yang Satu Ini Bisa Gagalkan Program Diet, Duh!

Yemima Prasetya Christiana Putri | Beautynesia
Rabu, 07 Sep 2022 08:00 WIB
Tanpa Sadar, Minuman yang Satu Ini Bisa Gagalkan Program Diet, Duh!
caption

Saat cuaca panas, minum minuman bersoda dengan es batu sungguh sangat menyegarkan ya, Beauties. Selain itu, minuman bersoda dipercaya dapat mengenyangkan perut karena banyaknya kalori pada minuman tersebut.

Eits, jangan salah! Justru minuman bersoda ini akan menambah gula darah dalam tubuhmu, lho. Buat kamu yang sedang menjalankan program diet, masihkah kamu mengonsumsi minuman bersoda?

Jangan sampai diet jadi sia-sia hanya karena sebotol minuman bersoda ya. Yuk simak alasan mengapa kita harus berhenti minum minuman bersoda. Lengkapnya di bawah ini ya!

1. Tidak Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan

Saat ini kian banyak kios-kios dan tempat makan yang menjual banyak varian minuman bersoda/Foto: id.pinterest.com/Freepik
Ilustrasi varian minuman bersoda/Foto: id.pinterest.com/Freepik

Melansir Eatthis.com, saat ini kian banyak kios-kios dan tempat makan yang menjual banyak varian minuman bersoda. Bahkan minuman jus buah pun akan semakin menarik jika ditambah dengan soda.

Banyak yang mengira jika kita sudah minum soda maka gas dalam perut akan keluar dan perut menjadi kenyang. Namun, justru dengan minuman soda perut kita menjadi buncit karena ada penumpukan lemak jenuh di perut kita.

Selain itu, minuman bersoda juga dapat menyebabkan tulang dan gigi keropos.

2. Mengandung Segudang Pemanis Buatan

terlalu sering mengkonsumsi yang manis-manis akan meningkatkan resiko diabetes/Foto: id.pinterest.com/Perfect Keto
Gula/Foto: id.pinterest.com/Perfect Keto

Minuman bersoda mengandung banyak sekali pemanis buatan. Bayangkan, setelah kita makan hidangan penutup yang manis lalu ditutup dengan segelas minuman bersoda, sudah berapa banyak gula yang menumpuk di perut kita?

Bahkan, pemanis yang digunakan dalam pembuatan minuman bersoda jauh lebih manis dibandingkan dengan gula biasa. Saat tubuh kita sudah sering merasakan yang manis-manis, maka otomatis seterusnya akan senang mengonsumsi makanan dan minuman yang manis bahkan lebih manis lagi.

Hati-hati, terlalu sering mengonsumsi yang manis-manis akan meningkatkan risiko diabetes, lho!

3. Bisa Membahayakan Usus

Seiring dengan banyaknya lemak jenuh dalam tubuh, maka sistem kekebalan kita akan terganggu pula/Foto: id.pinterest.com/Eat This, Not That!
Ilustrasi perut yang penuh lemak/Foto: id.pinterest.com/Eat This, Not That!

Banyaknya pemanis buatan dalam minuman bersoda dapat menghancurkan bakteri baik dalam usus kita. Akibatnya pencernaan terganggu dan berat badan kita tak terkondisikan.

Jika berat badan bertambah karena menempelnya lemak-lemak jenuh dalam tubuh kita, maka kita akan susah untuk menurunkan kembali berat badan sesuai yang kita inginkan. Seiring dengan banyaknya lemak jenuh dalam tubuh, maka sistem kekebalan kita akan terganggu pula.

4. Mengandung Kalori yang Berlebihan

Orang yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji dan minuman bersoda beresiko terkena obesitas/Foto: id.pinterest.com/Lidia
Ilustrasi mengkonsumsi makanan cepat saji/Foto: id.pinterest.com/Lidia

American Journal of Public Health mengatakan bahwa 22% orang dewasa yang sering minum minuman bersoda berisiko terkena obesitas.

Saat kita membeli makan di restoran cepat saji, pasti minuman yang ditawarkan sebagian besar adalah minuman bersoda. Padahal makanan cepat saji sudah mengandung banyak kalori ditambah dengan minuman bersoda. Sudah berapa kalori yang masuk ke dalam tubuh kita? Begitu banyak bahkan sudah terhitung berlebihan, bukan.

Nah, bukankah kita menginginkan badan yang ideal dengan melakukan program diet? So, jangan gagalkan program dietmu dengan mengonsumsi minuman bersoda, ya.

Ingat, minuman bersoda dapat meningkatkan lemak jenuh dalam tubuh dan berat badan cenderung semakin naik. Semangat menjalankan program diet, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id