sign up SIGN UP

3 Posisi Tidur yang Bisa Bantu Kurangi Perut Buncit, Mudah dan Perlu Dicoba!

Raudiya Nurfadilah | Beautynesia
Jumat, 22 Oct 2021 08:45 WIB
3 Posisi Tidur yang Bisa Bantu Kurangi Perut Buncit, Mudah dan Perlu Dicoba!
caption

Beauties, memiliki perut buncit memang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri. Proses untuk menghilangkan lemak yang ada di perut pastinya tidak instan, perlu berbagai macam cara seperti diet, olahraga, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, hingga menjaga pola makan.

Namun, jika kamu telah melakukan banyak cara tetapi belum mendapatkan hasil yang diinginkan, maka bisa mengikuti salah satu cara yang diyakini bisa mengurangi perut buncit yakni dengan mengatur posisi tidur.

Ternyata posisi tidur juga berpengaruh pada kinerja tubuh dan dipercaya dapat membantu mengecilkan perut buncit ketika kita terlelap di malam hari lho. Apa saja? berikut penjelasannya.

Tidur Tengkurap

Tidur Telungkup bisa mengurangi lemak perut
Tidur Telungkup bisa mengurangi lemak perut/ Foto: Freepik/ Pressfoto

Posisi tengkurap pada umumnya dianggap sebagai salah satu yang terburuk karena efeknya bisa memberikan tekanan pada tubuh. Namun dikutip dari laman Terry Cralle, posisi tersebut justru memiliki manfaat dalam hal nyeri punggung di bagian bawah atau mengenai pernapasan obstruktif terkait tidur.

Selain itu, posisi tidur tengkurap juga bisa mengurangi perut buncit, karena tubuhmu akan memberi tekanan tambahan pada area perut, dan mencegah adanya penumpukan lemak berlebih pada perut.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya tidak tengkurap sepanjang malam, cukup dilakukan selama 2-4 jam, lalu memadukan posisi antara tengkurap dan menyamping agar terhindar dari gangguan pernapasan. Usahakan untuk menggunakan bantal penyangga untuk area kepala dan leher.

Tidur Telentang

Lemak perut akan berkurang jika tidur telentang
Lemak perut akan berkurang jika tidur telentang/ Foto: Freepik/ Lookstudio

Tidur telentang adalah salah satu posisi tidur yang dianggap paling sehat dan baik bagi orang yang mengalami masalah nyeri pada punggung, lutut, dan kaki. Posisi telentang juga bisa menghilangkan lemak pada perut karena saat berbaring, tubuh lebih sulit mengubah makanan dan minuman yang kamu konsumsi menjadi lemak. Sebaliknya, dapat mengubah semua yang kamu konsumsi menjadi energi.

Ketika tidur dengan posisi telentang pastikan untuk meletakkan bantal di bawah lutut untuk menghilangkan tekanan dari perut dan punggung bawah, jika ada masalah pada pernapasan maka atur kenyamanan kepala dan dada yang tepat sehingga kamu bisa bernapas tanpa adanya hambatan saat tidur.

Miring Ke Kiri

Miring ke kiri bisa mengurangi perut buncit
Miring ke kiri bisa mengurangi perut buncit/ Foto: Peexels/ Ketut Subiyanto

Banyak orang yang percaya bahwa tidur miring ke kiri adalah pilihan terbaik untuk pencernaan dan secara tidak langsung dapat membantu membakar lemak perut. Dikutip dari Medical News Today, posisi alami perut berada di sisi kiri, di mana ia dapat mencerna makanan dengan lebih efektif dan membantu perjalanan makanan dari usus kecil ke usus besar.

Bukan hanya itu, tidur dengan posisi miring ke kiri juga bisa bermanfaat untuk memperlancar buang air di pagi hari, sehingga perut buncit akan mengecil dan rata kembali.

Selain posisi tidur, mengutip laman Belly Fat Zone, beberapa hal ini juga perlu kamu lakukan sebelum tidur seperti tarik napas melalui hidung dan hembuskan dari mulut, tidur dengan pencahayaan yang minim, cukup waktu untuk tidur, suhu kamar yang dingin, dan tidak memainkan handphone sebelum tidur.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id