STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Alasan Kamu Wajib Cobain Asam Jawa untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Minggu, 07 Aug 2022 09:30 WIB
4 Alasan Kamu Wajib Cobain Asam Jawa untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Kebanyakan orang memilih cara dalam menurunkan berat badan dengan cara yang instan, seperti dengan melakukan diet ketat hingga mengonsumsi pil penurun berat badan. Meskipun hal itu menjadi pilihan individu masing-masing, namun kamu perlu mempertimbangkan dampaknya untuk kesehatan tubuh.

Kamu bisa kok menurunkan berat badan dengan cara yang aman dan sehat dari rumah, misalnya dengan menggunakan asam jawa. Asam jawa merupakan pohon polongan yang berasal dari Afrika tropis. 

Biasanya, orang-orang menggunakan asam jawa sebagai bahan masakan, tetapi jika dilihat dari kandungan gizinya, asam jawa juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Bukan hanya kandungannya saja, Beauties, masih ada 4 alasan kenapa kamu wajib cobain asam jawa untuk menurunkan berat badan.

Melansir dari Stylecraze, berikut 4 alasan asam jawa bisa membantu menurunkan berat badan.

Mengandung Asam Hidroksi Sitrat (HCA)

Ilustrasi asam jawa
Ilustrasi asam jawa/Foto: Freepik/Jcomp

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa HCA dapat menghambat enzim dalam tubuh yang mendorong penyimpanan lemak atau dengan kata lain HCA dapat memperlambat produksi lemak. Inilah mengapa asam jawa bisa digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Asam ini dapat ditemukan di tanaman lain, tetapi paling sering ditemukan di tanaman asam, seperti asam jawa.

Bertindak Sebagai Pencahar

Ilustrasi perempuan sakit perut
Ilustrasi perempuan sakit perut/Foto: Freepik/Benzoix

Pencahar atau laksatif merupakan makanan atau obat-obatan yang bisa digunakan untuk mengatasi sembelit dengan membuat kotoran bergerak di usus. Seperti yang Beauties ketahui, jika usus kotor maka siklus Buang Air Besar (BAB) tidak akan teratur. Ini dapat mengakibatkan peningkatan berat badan yang semakin menjadi. Peningkatan berat badan terjadi akibat sisa-sisa makanan yang menempel pada usus. Sisa-sisa makanan tersebut akan tertinggal dalam bentuk lemak.

Untuk mengatasi hal itu, Beauties dapat mengonsumsi asam jawa. Asam jawa memiliki kandungan fiber atau serat yang dapat membantu memperlancar proses pergerakan kotoran yang bergerak di usus.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Ilustrasi perempuan yang memiliki sistem pencernaan lancar
Ilustrasi perempuan yang memiliki sistem pencernaan lancar/Foto: Freepik/Wayhomestudio

Dengan mengonsumsi asam jawa maka sistem pencernaanmu akan berjalan dengan lancar. Asam jawa dapat merangsang aktivitas empedu sehingga efektif untuk membantu melarutkan makanan dengan cepat. Untuk ukuran yang dianggap aman dalam mengonsumsi asam jawa sehari-hari adalah sebanyak 10 gram. 

Menekan Nafsu Makan

Ilustrasi perempuan yang sedang makan
Ilustrasi perempuan yang sedang makan/Foto: Freepik/Wayhomestudio

Asam jawa dapat bekerja sebagai penekan nafsu makan karena dapat meningkatkan kadar neurotransmiter serotonin di otak. Selain itu, asam jawa kaya akan serat yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan sehingga dapat memicu penurunan berat badan secara keseluruhan, termasuk menghilangkan lemak perut.

Nah, Beauties itulah tadi 4 alasan kenapa kamu harus coba asam jawa untuk menurunkan berat badan. Perlu diingat bahwa dalam menurunkan berat badan membutuhkan waktu. Jika kamu menginginkan berat badan yang ideal disertai tubuh yang sehat maka pilihlah cara yang sehat juga, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE