sign up SIGN UP

5 Makanan Kaya Serat Ini Bantu Ratakan Perut Buncit dengan Cepat Menurut Para Ahli

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 02 Aug 2022 08:00 WIB
5 Makanan Kaya Serat Ini Bantu Ratakan Perut Buncit dengan Cepat Menurut Para Ahli
caption
Jakarta -

Beauties, buat kamu yang sedang berjuang meratakan perut buncit, tentu paham bahwa ini bukanlah sebuah proses yang mudah. Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak di perut, namun memilih cara yang sehat menjadi hal penting.

Selain harus rajin berolahraga, kamu pun harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Nah, salah satu makanan yang terkenal ampuh untuk mengecilkan perut buncit adalah makanan yang kaya serat. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), makan makanan yang kaya serat tidak hanya membantu menurunkan berat badan sekaligus meratakan perut buncit, namun juga dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit yang mengancam jiwa seperti diabetes, stroke dan penyakit koroner.

Makanan berserat tinggi akan membuat kamu kenyang lebih lama tanpa meningkatkan kadar gula darah dan tekanan darah. Ini dapat mencegah kamu untuk makan berlebih dan mengontrol nafsu makan.

Lantas, makanan kaya serat apa saja yang bisa membantu meratakan perut buncit dengan cepat menurut para ahli? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Bayam

Serat pada bayam bermanfaat untuk menjaga rambut tetap halus dan tidak kering.Ilustrasi bayam/Freepik.com/User11479153/ Foto: Novianty Aulia Anjani

Sayuran berdaun hijau satu ini mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan kaya serat, yang membantu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut ahli, mengonsumsi bayam juga ampuh untuk menghilangkan lemak perut.

"Bayam kaya serat, yang menyerap nutrisi lebih banyak dan membantu pencernaan. Bayam juga tinggi vitamin K, yang terkadang dapat mendukung pengurangan berat badan, termasuk lemak visceral (lemak di perut)," ungkap ahli gizi Courtney D'Angelo, dikutip dari Eat This, Not That!.

Almond

Kacang almondIlustrasi almond/Foto: Freepik.com/jcomp

Dilansir dari Times of India, almond dapat membantu dalam mengontrol rasa lapar, sebab almond dapat membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama.  Almond sarat dengan protein, serat, dan lemak sehat yang membantu memuaskan rasa lapar serta membuat kamu tetap bugar dan sehat.

Kaya akan antioksidan, almond  tidak hanya kaya akan serat tinggi, tetapi pada juga protein yang membuat kamu merasa kenyang dan terhindar dari makan berlebih. Almond juga dapat membantu dalam mengurangi gula darah, lho!

Pisang

PisangIlustrasi pisang/Foto: pexels.com/Vanessa Loring

Buah kuning satu ini menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Selain rasanya yang lezat, mudah diolah menjadi aneka hidangan, pisang juga mudah ditemukan. Pisang kaya akan potasium, antioksidan, serat, dan karbohidrat sehat, sehingga membantu kamu untuk merasa kenyang dalam jangka waktu yang panjang.

"Pisang adalah sumber serat yang sangat baik, dan setiap pisang mengandung jumlah yang tinggi dibandingkan dengan jumlah kalorinya. Serat membutuhkan waktu lama bagi tubuh untuk dicerna, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan memasukkan banyak serat dalam makanan Anda, itu akan menghentikan Anda dari rasa lapar dan mengurangi jumlah yang Anda makan," ungkap Dr. Don Grant kepada Eat This, Not That!.

Raspberry

Buah RaspberryBuah Raspberry/ Foto: Freepik/user15285612

Beauties, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah berry. Buah yang memiliki beragam jenis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menjaga daya ingat tetap tajam hingga bantu menurunkan berat badan.

Menurut Roxana Ehsani, seorang ahli gizi dan diet terdaftar, buah berry adalah salah satu buah yang paling padat nutrisi. Tak hanya itu, buah berry juga kaya akan serat. Dari sekian banyak jenis buah berry, rupanya ada satu jenis yang paling ampuh dalam membantu menurunkan berat badan. Jenis buah berry tersebut adalah raspberry.

"Buah berry tidak hanya sarat dengan vitamin, mineral, dan antioksidan tetapi juga dengan serat," ungkapnya kepada Eat This! Not That.

Wortel

Wortel untuk mencegah rabun diniIlustrasi wortel/Foto: Freepik.com/ azerbaijan_stockers

Jika kamu ingin menurunkan berat badan dan meratakan perut buncit, maka kamu harus memasukkan wortel ke dalam menu diet harian. Mengandung vitamin K, vitamin B6, magnesium, dan beta-karoten, wortel membantu meningkatkan penglihatan hingga baik untuk rambut serta kulit. Tak kalah pentingnya, serat makanan tinggi yang ada dalam wortel membantu menurunkan berat badan dan rendah kalori.

Jika kamu bosan mengonsumsi wortel yang dimasak menjadi hidangan, kamu bisa mengonsumsi jus wortel, Beauties. Dilansir dari India, jus wortel memiliki nutrisi padat dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Karena kandungan seratnya yang tinggi, jus wortel juga akan membuat kamu tetap terhidrasi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id