sign up SIGN UP

4 Penyebab Gigi Berlubang Meski Rajin Sikat Gigi, Cek Ada yang Sering Dilakukan?

Natasha Riyandani | Beautynesia
Selasa, 31 May 2022 06:15 WIB
4 Penyebab Gigi Berlubang Meski Rajin Sikat Gigi, Cek Ada yang Sering Dilakukan?
caption

Menggosok gigi menjadi kewajiban dan rutinitas yang dilakukan saat mandi, bahkan setelah makan pun sebagian orang langsung membersihkan kembali giginya dengan benang gigi (dental floss), maupun menyikat gigi.

Rajin menyikat gigi berguna untuk menjaga kebersihan mulut dan menghindari gigi berlubang. Namun ternyata, upaya menyikat gigi dua kali sehari pun tetap dapat membuat gigi berlubang loh, Beauties!

Penyebabnya pun perlu diselidiki lebih lanjut untuk mengetahui penyebab dan risiko kerusakan pada gigi. Maka dari itu, perlu mendatangi dokter gigi untuk menghindari gigi berlubang lainnya dan bisa ditangani oleh ahlinya.

Mengutip dari berbagai sumber, salah satunya Lakeside Dental, yang mengatakan kerusakan pada gigi disebabkan oleh bakteri dari sisa makanan yang tidak sepenuhnya bersih saat menyikat gigi. Bakteri tersebut dapat menggerogoti gigi dan menyebabkan lubang pada gigi.

Tak hanya itu, ada beberapa sebab lain yang menjadi penyebab gigi dapat berlubang meski rajin menyikat. Simak yuk!

1. Minuman dan Makanan Manis

Minuman bersoda mengandung banyak gula
Minuman Bersoda/ Foto: Freepik.com/sergiorojoes

Banyak mengonsumsi gula menjadi salah satu faktor yang menjadi alasan gigi berlubang. Tak hanya itu, minuman mengandung banyak gula dan bersoda memiliki kadar asam yang tinggi dapat merusak enamel dan membuat gigi berlubang.  Untuk meminum soda disarankan menggunakan sedotan agar tidak mengenai gigi dan diberikan larangan agar tidak berkumur dengan minuman bersoda.

Kandungan gula di dalamnya dapat membuat gigi berlubang yang disebabkan oleh bakteri yang akan memecah kandungan gula pada makanan maupun minuman. Saat bakteri memecah gula, bakteri dapat masuk ke celah gigi dan mengakibatkan pembusukan.

2. Genetik

Genetik dapat menjadi penyebab gigi berlubang
Ilustrasi Genetik/ Foto: Freepik.com/pressfoto

Beberapa orang memiliki genetik yang menghasilkan deposit kalsium yang lebih tinggi dalam air liur yang dihasilkan. Ketika kalsium pada gigi menumpuk dan mengeras disebut sebagai karang gigi.

Adapun cara membersihkannya adalah dengan bantuan dokter gigi. Masalah karang gigi ini, apabila tidak dibersihkan dapat membuat kerusakan pada gigi dan berkelanjutan. Sehingga, orang yang memiliki kadar kalsium yang tinggi pada air liurnya disarankan rajin menggosok gigi untuk mencegah gigi berlubang tersebut.

3. Gertak Gigi

Gertak gigi dapat mengikis permukaan gigi
Ilustrasi Gertak Gigi/ Foto: Freepik.com/racool-studio

Memiliki kebiasaan menggertakan gigi dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut loh Beauties. Ketika gigi sering mendapat gesekan dapat mengakibatkan fraktur pada gigi lebih rentan terhadap pembentukan lubang pada gigi.

4. Diet Sembarangan

Diet sembarangan dapat menjadi penyebab gigi berlubang
Ilustrasi Diet Sembarangan/ Foto: Freepik.com/jcomp

Sedang menjalani program diet ternyata dapat menjadi faktor gigi berlubang. Hal tersebut karena tak jarang saat sedang diet seseorang cenderung mengonsumsi makanan tinggi asam.

Semakin sering dan banyak mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar asam yang tinggi seperti minuman berkarbonasi, saus tomat dapat menyebabkan enamel gigi rusak dan berlubang.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id