sign up SIGN UP

4 Akibat Jika Sering Konsumsi Gula Berlebihan Bagi Kesehatan Anak Muda, Waspada!

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Senin, 30 May 2022 16:30 WIB
4 Akibat Jika Sering Konsumsi Gula Berlebihan Bagi Kesehatan Anak Muda, Waspada!
caption

Beauties, pernahkah kamu merasa mengonsumsi gula berlebihan? Tanpa disadari, gula memang dapat dengan mudah  ditemui dalam berbagai bentuk, seperti makanan, minuman hingga camilan.

Biasanya, gula yang ditambahkan pada makanan olahan dan aneka minuman berenergi atau soda lebih berbahaya daripada gula alami yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran. Seseorang yang mengonsumsi asupan gula berlebihan dapat berpotensi menimbulkan beberapa penyakit.

Tak jarang, berbagai masalah kesehatan termasuk obesitas, diabetes, dan penyakit jantung tidak hanya menyerang orang tua melainkan juga bisa menimpa anak muda. 

Dilansir dari Web MD, ada 4 hal yang bisa dilakukan gula akibat konsumsi berlebihan terhadap tubuh anak muda. Apa saja? Check this out!

Menaikkan Berat Badan

Berat badan bertambah/Foto: Freepik.com/jcomp
Berat badan bertambah/Foto: Freepik.com/jcomp

Gula dapat berperan menaikkan berat badan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan gula memiliki kalori tinggi, namun tidak ada nutrisi sehingga gula yang tidak terpakai oleh sel tubuh akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. 

Gigi Berlubang

Ilustrasi seseorang sedang sakit gigi karena gigi berlubang/Foto: Freepik.com/stockking
Ilustrasi seseorang sedang sakit gigi karena gigi berlubang/Foto: Freepik.com/stockking

Gigi yang berlubang disebabkan oleh gula yang menempel di gigi. Prosesnya diawali dengan gula yang memberi makan bakteri plak yang hidup di mulut dengan mencerna sisa makanan. Selanjutnya, seiring berjalannya waktu, bakteri tersebut akan membusuk dan memproduksi asam yang bisa menghancurkan enamel atau dentin gigi.

Sebaiknya, kamu membatasi konsumsi minuman manis, makanan manis, permen, aneka kue dan cokelat agar asupan gula dalam tubuhmu terjaga. Selain itu, jangan lupa untuk menyikat gigi dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur, ya Beauties!

Penuaan Dini

Ilustrasi seseorang mengalami penuaan dini/Foto: Freepik.com/valuavitaly
Ilustrasi seseorang mengalami penuaan dini/Foto: Freepik.com/valuavitaly

Jika kamu terbiasa mengonsumsi gula berlebih, maka proses glikasi dapat terjadi dan menyebabkan penuaan dini. Apa itu proses glikasi? Ketika gula yang berlebih di tubuh bergabung dengan protein akan membentuk suatu komponen yaitu advanced glycation end products (AGES). Komponen ini merusak kolagen dan elastin di kulit, sehingga menjadikan kulit mengendur dan timbulnya kerutan.

Inilah mengapa kamu perlu menjaga asupan gula, karena sangat berpengaruh dengan tubuh termasuk kesehatan kulit. Tidak hanya cukup mengandalkan skincare saja, tetapi kamu juga harus bisa mengontrol apa yang kamu makan.

Diabetes

Ilustrasi seseorang sedang berkonsultasi dengan dokter/Foto: Freepik.com/artursafronovvvv.jpg
Ilustrasi seseorang sedang berkonsultasi dengan dokter/Foto: Freepik.com/artursafronovvvv.jpg

Diabetes disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak mampu mengontrol kadar gula darah secara efektif. Hal tersebut dapat terjadi ketika pankreas berhenti memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, sel-sel tubuh menjadi resisten atau kebal terhadap insulin yang diproduksi.

Padahal hormon insulin diperlukan untuk membantu glukosa masuk ke dalam sel tubuh yang kemudian dipecah menjadi energi. Jika tubuh tak lagi sensitif dengan keberadaan insulin, glukosa akan tetap berada di dalam aliran darah dan mengakibatkan gula darah tinggi (hiperglikemia).

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai melakukan kebiasaan baru yang sehat dengan membatasi asupan harian gula, mengganti gula dengan gula rendah kalori atau mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin karena memiliki kadar gula alami. Stay healthy, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id