sign up SIGN UP

5 Makanan Lezat dan Sehat Ini Ternyata Bisa Sekaligus Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Ratih Dewi | Beautynesia
Senin, 30 May 2022 07:45 WIB
5 Makanan Lezat dan Sehat Ini Ternyata Bisa Sekaligus Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
caption

Gigi yang kuat dan kondisi mulut yang bersih adalah idaman semua orang. Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak hanya dari rutin menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang gigi, atau rutin mengunjungi dokter gigi.

Makanan yang kita konsumsi juga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, terutama yang dapat menjaga email gigi. Beautynesia sudah merangkum beberapa makanan yang baik untuk gigi dan mulut, melansir dari beberapa sumber. 

Buat Beauties yang penasaran makanan apa saja yang baik untuk gigi dan mulut, bisa simak artikel di bawah ini, ya. 

1. Buah Apel dan Pir

Buah Apel dan Pir
Buah Apel dan Pir/Foto : pexels.com/Jill Wellington

Buah apel dan pir memiliki tekstur renyah dan rasa manis yang cocok dijadikan camilan sebelum atau setelah makan. Sebuah studi yang dilansir dari laman Surbiton Dental, apel dan pir dapat merangsang produksi air liur dan menetralkan asam pada mulut. 

Apel dan pir juga kaya akan air yang memberikan kesegaran di mulut saat dikonsumsi juga menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga dapat mengurangi bau mulut. 

2. Wortel dan Seledri

Wortel dan Seledri
Wortel dan Seledri/Foto : pexels.com/ANTONI SHKRABA

Wortel dan seledri mudah dikonsumsi dalam bentuk apapun, dijadikan camilan, salad, jus, atau diolah menjadi sup.

Mengutip dari laman Eat This, wortel dan seledri merupakan makanan yang bersifat abrasif dan memiliki tekstur seperti sikat gigi dengan sendirinya, yang artinya dapat mengurangi plak pada gigi dan gusi. 

Selain itu, seledri juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu kesehatan gigi, gusi, dan mengurangi peradangan. 

3. Teh Hijau dan Hitam  

Teh Hijau dan Hitam
Teh Hijau dan Hitam/Foto : pexels.com/lilartsy

Tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, teh hijau dan hitam mengandung polifenol yang dapat mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang atau penyakit gusi, seperti yang dilansir dari laman Mission Bend.

Berkumur dengan teh hitam dapat memperlambat pembentukan plak pada gigi, sementara teh hijau juga dapat mencegah bau mulut. 

4. Keju, Susu, dan Yogurt

Keju, Susu, dan Yogurt
Keju, Susu, dan Yogurt/Foto : pexels.com/Alexy Almond

Mengutip dari laman UIC, keju merupakan salah satu makanan terbaik untuk gigi. Hal ini dikarenakan keju rendah gula, tinggi kalsium, dan mengandung kasein yang merupakan protein untuk membantu menjaga email gigi dan menjaga tingkat pH di mulut.

Selain itu, susu juga kaya akan kalsium yang dapat memperkuat email gigi, juga menurunkan kadar asam di mulut. Dan yogurt mengandung probiotik yang dapat mengatasi bau mulut, penyakit gusi, dan gigi berlubang.  

5. Makanan yang Mengandung Vitamin C

Makanan yang Mengandung Vitamin C
Makanan yang Mengandung Vitamin C/Foto : pexels.com/Trang Doan

Makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, stroberi, kiwi, anggur, dan lainnya dapat memperkuat pembuluh darah dan memperlambat perkembangan penyakit gusi dengan mengurangi peradangan.

Vitamin C yang kaya akan antioksidan dapat menjaga kesehatan gigi, gusi, dan membunuh bakteri yang memicu permasalahan mulut. Demikian yang dilansir dari laman Orthodontics Australia.

---------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id