STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Cara Mudah untuk Dapatkan Tidur Cepat dan Nyenyak, Coba Terapkan!

Melinda Anita Rachim | Beautynesia
Kamis, 10 Nov 2022 21:00 WIB
4 Cara Mudah untuk Dapatkan Tidur Cepat dan Nyenyak, Coba Terapkan!

Tidur menjadi salah satu kegiatan yang wajib kita lakukan untuk mendapatkan kondisi tubuh yang prima untuk beraktivitas. Sayangnya, sering kali kita kurang aware terkait tidur yang berkualitas.

Begadang di malam hari yang sering dilakukan bisa mengganggu kegiatan dan kondisi tubuhmu ketika akan beraktivitas di keesokan harinya, Beauties. Ada berbagai penyebab begadang, salah satunya penyebab utamanya adalah susah tidur. Susah tidur terjadi karena berbagai faktor seperti masih adanya stimulasi yang dikirimkan ke otak, sehingga otak yang seharusnya istirahat masih harus bekerja karena ada kiriman stimulus.

Hal ini menandakan bahwa sebelum kita tidur, otak benar-benar harus istirahat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar otak dan tubuh lebih cepat beristirahat dan kita bisa mengistirahatkannya dengan tidur. Bagaimanakah caranya? Simak di sini yuk!

1. Hindari Bermain Gadget

Ilustrasi bermaingadget pada malam hari yang bisa mengganggu tifurmu
Ilustrasi hindari bermain gadget/ Foto: Pinterest.com/ Afsoo_Khan

Hayo, siapa di sini yang masih suka bermain smartphone ketika hendak tidur? Nah, mulai sekarang kamu harus menguranginya bahkan berhenti melakukannya ya, Beauties.

Hal ini dikarenakan dengan bermain gadget yang mengeluarkan cahaya akan secara otomatis membuat otak kita menerima stimulus dari cahaya tersebut yang menjadikan kita sulit tidur. Tidak hanya dari gadget, menonton tv ataupun lampu yang menyala juga bisa menjadi penyebab kamu sulit tidur, Beauties.

Bagi kamu yang masih terbiasa tidur menggunakan lampu, sebisa mungkin aturlah lampu yang kalian gunakan ketika tidur merupakan lampu yang redup dan remang-remang sehingga tidur bisa lebih nyenyak dan nyaman.

2. Terapkan Gaya Hidup Sehat

ilustrasi gaya hidup sehat dengan pola makan yang baik
Ilustrasi gaya hidup sehat/ Foto: Pinterest.com/ •∂rɛαм ℓιƒɛ•

Beauties, ternyata pola hidup yang kamu terapkan selama ini bisa mempengaruhi pola tidurmu, lho! Jika kamu termasuk seseorang yang doyan mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, alangkah baiknya mulai saat ini kamu kurangi, Beauties.

Tak hanya kafein, bahan kimia nikotin yang sering ditemukan dalam rokok juga bisa mempengaruhi pola tidurmu. Kedua bahan ini dipercaya bisa mengganggu waktu tidurmu. Seperti yang dikutip dari detikFood, kandungan kafein bisa menghambat kerja reseptor adenosine yang dalam keadaan normal mengatur waktu tidur pada otak. Kopi yang mengandung kafein akan menghalangi reseptor adenosine untuk memberikan rasa kantuk sehingga kemauan untuk tidur sulit untuk dilakukan atau bahkan tidak bisa sama sekali.

3. Hindari Ngemil di Malam Hari

Penelitian Mie InstanIlustrasi makan mie/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Ngemil atau snacking memang kegiatan yang nggak ada habisnya, Beauties. Bagi kamu yang suka snacking berat saat malam hari atau bahkan larut malam, ada baiknya kamu menghindari kegiatan ini jika ingin tidur cepat demi menjaga kualitas tidur.

Jika kandungan karbohidrat yang ada pada makananmu cukup tinggi, disarankan agar kamu bisa menggantinya ke camilan yang lebih ringan secara kandungan karena camilan dengan karbohidrat tinggi bisa membuat tidumu berjangka waktu pendek dan kurang nyenyak. Beberapa bahan makanan seperti buah, sayur, dan yang paling mujarab yaitu susu dipercaya bisa mempermudah tidur.

4. Menata Tempat Tidur Senyaman Mungkin

ilustrasi penataan tempat tidur yang membuat tidur semakin nyaman
Ilustrasi menata tempat tidur/ Foto: Pinterest.com/ The Chalkboard Mag

Terakhir, cara untuk bisa tidur lebih mudah dengan nyenyak yaitu membuat suasana tempat tidur senyaman mungkin. Tempat tidur yang nyaman dan sesuai dengan suasana hati tentunya akan membuat badan kita jauh lebih rileks. Badan yang rileks akan membuat otak kita lebih cepat beristirahat dan kita bisa tidur dengan lebih mudah.

Nah itu tadi Beauties garis besar cara untuk bisa tidur dengan lebih mudah. Semoga membantu, ya!

_____________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE