STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Jangan Panik Berlebihan! Berikut 5 Cara Mengatasi Mata Iritasi Akibat Pemakaian Lensa Kontak

Ratih Dewi | Beautynesia
Selasa, 08 Nov 2022 06:30 WIB
Jangan Panik Berlebihan! Berikut 5 Cara Mengatasi Mata Iritasi Akibat Pemakaian Lensa Kontak

Lensa kontak adalah alternatif paling nyaman bagi beberapa orang yang menggunakan kacamata. Namun, dalam penggunaan lensa kontak memang tidak bisa digunakan sepanjang waktu selama beraktivitas. 

Jika tidak merawat atau menggunakannya dengan benar, mata akan mudah terkena infeksi. Orang yang menggunakan lensa kontak memiliki risiko tinggi terkena infeksi mata, baik dari virus, bakteri, ataupun kotoran yang masuk ke dalam mata. 

Pada umumnya, infeksi mata seperti iritasi akan menyebabkan mata menjadi gatal, perih, dan merah. Jika hal ini terjadi, tidak perlu panik berlebihan ya, Beauties.

Simak artikel di bawah ini untuk mengatasi mata iritasi akibat pemakaian lensa kontak. 

1. Melepas dan Membersihkan Lensa Kontak

Melepas dan Membersihkan Lensa Kontak
Melepas dan membersihkan lensa kontak/foto: freepik.com/freepik

Segeralah melepas lensa kontak yang sedang digunakan jika merasakan mata mulai memerah, gatal, dan perih. Setelah itu jangan lupa untuk langsung membersihkan lensa kontak dengan air khusus untuk lensa kontak.

Kemungkinan lensa kontak terkontaminasi dengan debu atau kotoran, sehingga membuat mata iritasi. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum melepas lensa kontak. 

Istirahatkan mata kurang lebih dua jam atau sampai iritasi mereda. Periksa kembali lensa kontak sebelum digunakan. Demikian yang dilansir dari laman NVision.

2. Mengkonsumsi Suplemen Nutrisi

Mengkonsumsi Suplemen Nutrisi
Mengkonsumsi suplemen nutrisi/foto: freepik.com/wirestock

Melansir dari laman Eye Zone, suplemen dengan kandungan omega-3 dapat membantu meningkatkan produksi air mata dan meringankan gejala penyakit mata, terutama mata yang kering. 

Kurangnya produksi air mata dapat membuat mata menjadi kering dan gatal. Hal ini juga mempengaruhi kondisi saat menggunakan lensa kontak.

Selain itu, ikan berlemak seperti sarden, tuna, salmon mengandung omega-3 yang tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan mata. 

3. Menggunakan Obat Tetes Mata 

Menggunakan Obat Tetes Mata
Menggunakan obat tetes mata/foto: freepik.com/stefamerpik

Selama penggunaan lensa kontak, obat tetes mata yang digunakan juga harus diperhatikan. Pastikan menggunakan obat tetes mata yang memang diperuntukkan selama menggunakan lensa kontak ya, Beauties. 

Jika mata mulai terasa gatal dan kering, teteskan obat mata secukupnya. Hal ini dapat membuat mata kembali terhidrasi dan meminimalisir risiko iritasi mata. Demikian yang dilansir dari laman Issaquah Eyeworks.

4. Mengganti Produk Lensa Kontak

Mengganti Produk Lensa Kontak
Mengganti produk lensa kontak/foto: freepik.com/freepik

Umumnya, masa pakai lensa kontak berbeda-beda. Masa pakai lensa kontak mulai dari tiga bulan sampai satu tahun. Namun, ada juga yang digunakan dalam satu kali pemakaian saja. 

Oleh sebab itu, perhatikan masa pakai lensa kontak. Jika masa pakai sudah habis atau dirasa sudah tidak nyaman, sebaiknya langsung mengganti produk lensa kontak tersebut.

Perhatikan juga kadar air dalam lensa kontak tersebut. Seperti yang dilansir dari laman All About Vision, beberapa orang mungkin lebih nyaman dengan kadar air rendah, ada juga yang nyaman dengan kadar air tinggi. 

5. Menjaga Kebersihan Lensa Kontak  

Menjaga Kebersihan Lensa Kontak
Menjaga kebersihan lensa kontak/foto: freepik.com/freepik

Melansir dari laman Better Vision Guide, perawatan lensa kontak yang tidak memadai dapat menyebabkan infeksi pada mata, seperti keratitis, yaitu peradangan pada kornea mata. 

Untuk menjaga kebersihan lensa kontak dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti: 

  • Selalu mencuci tangan secara menyeluruh dan keringkan sebelum menyentuh lensa kontak. 
  • Lepaskan lensa kontak saat mandi, berenang, dan tidur. 
  • Perhatikan masa pakai lensa kontak yang sedang digunakan.
  • Rutin mengganti air pada lensa kontak dan jangan mencampur dengan larutan air lainnya. 
  • Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter mata.

-------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE