sign up SIGN UP

4 Cara Periksa Kanker Payudara Secara Mandiri, Ini yang Perlu Diperhatikan!

Meliana Gusti | Beautynesia
Rabu, 15 Jun 2022 17:30 WIB
4 Cara Periksa Kanker Payudara Secara Mandiri, Ini yang Perlu Diperhatikan!
caption

Bagi perempuan penting untuk melakukan pemeriksaan rutin, ada tidaknya kanker payudara. Penyebab kanker payudara memang beragam mulai dari kebiasaan hidup tak sehat hingga faktor lainnya.

Tak sedikit kanker payudara merenggut nyawa perempuan di dunia. Sehingga banyak seruan deteksi dini kanker sering diutarakan.

Untuk itu, Beauties perlu melakukan pemeriksaan mandiri. Emang bisa cek kanker payudara sendiri? Bisa dong, yuk simak caranya berikut ini dilansir dari detikHealth

1. Periksa Sambil Berbaring

Ilustrasi memeriksa payudara sambil berbaring.
Ilustrasi memeriksa payudara sambil berbaring/ foto: pexels/ andrea piacquadio

Pertama, kamu bisa memeriksa payudara dengan cara berbaring sambil memijat payudara. Posisikan bantal di bawah punggung, kemudian angkat tangan ke atas sementara tangan yang satu memijat menggunakan ujung jari telunjuk. Lakukan pada seluruh permukaan payudara hingga ke sekitar ketiak.

2. Posisikan Badan di Depan Cermin

Ilustrasi memriksa payudara di depan cermin.
Ilustrasi memriksa payudara di depan cermin/ foto: pexels/ vitória santos

Selain berbaring kamu juga bisa mengeceknya dengan berdiri di depan cermin. Berdiri tegaklah di depan cermin, kemudian perhatikan perubahan pada payudaramu. Amati ada tidaknya perubahan bentuk, pembengkakan pada puting, serta permukaan kulitnya yang tidak wajar.

Selain itu, kamu bisa membungkukkan badan sambil meletakkan tangan di pinggang. Jika ada pembengkakan, biasanya akan terasa mengganjal pada payudara. Tapi kalau payudaramu terlihat tidak simetris jangan khawatir ya Beauties, karena ini hal yang wajar.

3. Angkat Lengan Kanan ke Atas dan Tekuk Siku Serta Memijat

Ilustrasi memijat payudara.
Ilustrasi memijat payudara/ foto: pexels/ cottonbro.

Masih berdiri di depan kaca dan mengangkat tangan serta siku ditekuk. Perhatikan seluruh permukaan payudara dan lakukan gerakan menekan secara melingkar menggunakan tiga ujung jari, lakukan dengan mengarah ke atas.

Selain itu, kamu bisa melakukan gerakan memijat dengan mengelilingi payudara hingga ke puting. Kemudian rubah arah putar dari puting hingga ke pinggir payudara. Lakukan gerakan yang sama ke payudara satunya.

4. Periksa Puting

Ilustrasi memeriksa puting payudara.
Ilustrasi memeriksa puting payudara/ foto: pexels/ klaus nielsen.

Selain itu, memeriksa puting payudara juga penting, Beauties. Jika kamu tidak sedang menyusui, tapi saat puting dipencet menggunakan ibu jari dan jari telunjuk mengeluarkan cairan, segera periksakan ke dokter ya.

Kemudian perhatikan bentuk puting, apakah ada perubahan seperti bengkak atau kulit yang memerah, puting yang menebal serta tertarik ke dalam. Jika kondisi seperti ini ditemukan silahkan periksakan ke dokter ya.

Yuk kenali kanker payudara sejak dini, Beauties. Kamu bisa melakukan pemeriksaan tadi satu hingga tiga bulan sekali. Jika sedang menstruasi periksa payudara dilakukan antara 7 sampai 10 hari setelah menstruasi. Bila ditemukan kejanggalan lebih baik dikonsultasikan lebih lanjut ke dokter ya, Beauties.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id