sign up SIGN UP

4 Efek Buruk Menatap Layak Gadget Ini Banyak Diabaikan, Termasuk Bikin Migrain Mata!

aqillah diaz | Beautynesia
Sabtu, 26 Mar 2022 11:00 WIB
4 Efek Buruk Menatap Layak Gadget Ini Banyak Diabaikan, Termasuk Bikin Migrain Mata!
caption

Saat ini gadget menjadi salah satu barang yang selalu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tak heran jika banyak orang banyak menghabiskan waktu di depan layar laptop atau smartphone miliknya.

Bahkan, di masa pandemi durasi seseorang menatap layar gadget tentu semakin bertambah mengingat seluruh aktivitas dilakukan dengan bantuan gadget. Namun, menatap layar gadget terlalu lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. 

Mata merupakan salah satu bagian organ tubuh yang bisa berdampak buruk akibat pengaruh gadget dan nyatanya juga berpengaruh buruk terhadap kondisi tubuh lainnya. Dilansir dari The Healthy, berikut beberapa efek buruk menatap layar gadget terlalu lama. Check em out!

1. Menyebabkan Mata Kering

Menyebabkan Mata Kering / foto : pexels.com/Skitterphoto
Menyebabkan Mata Kering / foto : pexels.com/Skitterphoto

Terlalu lama bermain gadget dapat menyebabkan mata kering, tentunya kondisi ini juga berpengaruh pada berkurangnya jumlah kedipan mata ketika kamu sedang menatap layar gadget, yang mana dengan berkedip dapat menjaga kelembapan mata. Oleh karena itu, jika kamu terlalu lama menatap layar gadget akan menyebabkan mata terasa panas seperti sensasi terbakar. 

Dikutip dari American Optometric Association, mata kering dapat diatasi dengan meningkatkan kelembapan udara baik di rumah maupun di tempat kerja, serta minumlah air mineral agar tubuh tetap terhidrasi. Tak hanya itu, kamu juga dapat meneteskan obat tetes mata yang dapat meningkatkan produksi air mata.

2. Pandangan Menjadi Kurang Jelas dan Sulit Fokus

Menyebabkan Pandangan Menjadi Kurang Jelas atau Blur / foto : pexels.com/SteveJohnson
Menyebabkan Pandangan Menjadi Kurang Jelas atau Blur / foto : pexels.com/SteveJohnson

Kemudian, efek dari terlalu lama menatap layar gadget adalah menyebabkan pandangan menjadi kurang jelas atau blur. Pantulan cahaya dari gadget dapat mengakibatkan penglihatan menjadi kurang jelas karena terlalu lama menatapnya. Tak heran jika kamu terlalu lama menatap layar gadget, menyebabkan beberapa tulisan tidak terlihat jelas. 

Jika pandangan menjadi kurang jelas atau blur terjadi dalam waktu yang lama, ada baiknya untuk segera ke dokter, karena hal ini dapat memicu terjadinya rabun jauh yang nantinya bisa menyebabkan kamu untuk menggunakan kacamata demi melihat objek jarak jauh.

Selain itu, menatap layar terlalu lama dapat menyebabkan pandangan mata menjadi tidak fokus. Ketika kamu menatap layar dalam waktu lama, mata akan bekerja lebih keras dan otot menjadi lebih tegang, sehingga hal ini membuat pandangan mata menjadi tidak tidak fokus.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memberikan jarak ketika kamu menggunakan gadget dan hindari menggunakan gadget di tempat gelap dengan kecerahan layar yang tinggi.

3. Dapat Menyebabkan Migrain Mata

Dapat Menyebakan Migrain Mata / foto : pexels.com/KarolinaGrabowska
Dapat Menyebakan Migrain Mata / foto : pexels.com/KarolinaGrabowska

Pencahayaan gadget yang buruk, silau, dan terlalu lama menatap ke layar gadget dapat memicu migrain mata. Kondisi ini juga akan berpengaruh pada ketegangan mata yang semakin meningkat saat menatap layar gadget.

Migrain mata ditandai dengan munculnya gangguan penglihatan, seperti melihat bintik-bintik dan zigzag pada objek yang dilihat di layar gadget. Biasanya kondisi ini terjadi selama 20 hingga 30 menit, yang dibarengi dengan gejala sakit kepala atau tidak.

Untuk mengatasi sakit kepala yang terus-menerus terjadi, sebaiknya istirahatlah dan gunakan teknik 20-20-20, yakini hindari gadget setiap 20 menit dengan menatap sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. 

4. Dapat Menyebabkan Leher Kaku dan Rahang Sakit

Dapat Menyebabkan Leher Kaku dan Rahang Sakit / foto : pexels.com/KindelMedia
Dapat Menyebabkan Leher Kaku dan Rahang Sakit / foto : pexels.com/KindelMedia

Menatap layar gadget terlalu lama dapat menyebabkan leher kaku, apalagi jika kamu menatap gadget dengan posisi yang salah seperti menunduk atau berbaring. Posisi menunduk dapat memberikan tekanan pada tulang belakang leher sehingga dapat menyebabkan tekanan pada tulang belakang dan jaringan lunak di sekitarnya. 

Kondisi ini juga dapat berpengaruh pada saraf trigeminal yang menghubungkan mata ke pelipis dan rahang. Oleh karena itu, kamu harus sering mengistirahatkan mata ketika sedang bekerja di depan layar gadget.

Itulah beberapa efek terlalu lama menatap layar gadget yang harus kamu hindari. Jangan sampai kamu terlalu lama menatap layar gadget karena dapat mengganggu kesehatanmu dan tentunya gunakan gadget seperlunya. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id